4 Tips Masak Rendang Otentik a la Minang

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Mei 10, 2018

Ini dia masakan yang terus menjadi idola baik di negeri sendiri atau di negara lain. Rendang! Kalau sudah ketemu rendang, wah bisa-bisa saya kalap dan menghabiskan tiga piring nasi. Kelezatan rendang memang tidak ada yang meragukan, tapi hanya sedikit orang yang bisa dan mau memasak rendang. Kalau ingin tahu tips masak rendang yang otentik, yuk ikuti cerita saya berikut ini!

Pertama coba bayangkan dulu deh. Untuk memasak rendang yang maksimal hasilnya, setidaknya kamu membutuhkan waktu selama delapan jam! Perlu kesabaran dan ketekunan tingkat tinggi untuk masakan khas Minangkabau ini. Bagi saya, rendang ini adalah masakan istimewa yang sempurna menjadi hidangan Lebaran nanti bersama keluarga tersayang.

Sesuai janji, saya bagi-bagi ya tips masak rendangnya.

Pilih Bagian Daging yang Tepat

4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak semua bagian daging sapi cocok digunakan untuk membuat rendang. (Foto: Shutterstock)

Tidak semua bagian daging sapi bisa digunakan untuk memasak rendang. Menurut para ahli dan mereka yang berpengalaman puluhan tahun dalam memasak rendang, bagian paha adalah yang terbaik. Kenapa paha sapi? Paha sapi tidak terlalu lunak sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Bagian daging yang mengandung banyak lemak seperti sandung lamur juga sebaiknya tidak kamu gunakan. Meski gurih, lemak pada daging akan menyusut atau menjadi keras.

Siapkan Waktu Setidaknya 8 Jam

4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Sisihkan waktu kamu setidaknya 8 jam. Tangan kamu juga harus telaten mengaduknya! (Foto: Shutterstock)

Dari pagi sampai malam terus menanti dan menanti. Begitulah suka duka memasak rendang. Makanya, kalau ada seseorang yang mau memasakkan rendang untuk kamu, wah pasti dia sayang banget sama kamu!

Meski berbeda, banyak orang yang membandingkan rendang Minangkabau dengan rendang Malaysia. Karena dimasak selama 8 jam, rendang Minang bertekstur kering dan gula dalam santan menjadi terkaramelisasi dengan bumbu-bumbunya. Saking lamanya, warnanya malah berubah menjadi hitam. Rendang Malaysia di sisi lain biasanya berwarna kemerahan dan lebih basah.

Masak Daging Terlebih Dulu

Menjaga tekstur daging untuk tetap utuh adalah salah satu tantangan tersulit dalam memasak rendang. Tips memasak rendang lainnya yang saya dapatkan langsung dari orang Minang adalah menggoreng daging terlebih dulu sebelum mencampurnya dengan bumbu rendang. Ingat, tidak perlu menggunakan minyak, cukup menggunakan panci anti lengket dan masak hingga permukaan daging berwarna kecokelatan.

Potong Daging dengan Ukuran yang Pas

4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar. Ukurannya harus pas! (Foto: Shutterstock)

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat memasak rendang adalah memotong daging terlalu kecil atau terlalu besar. Ada satu tips masak rendang tambahan nih. Jika tidak pede saat memotong daging sebaiknya minta potongkan kepada tukang daging. Jika ukuran daging kamu terlalu kecil maka akan hancur saat proses memasak. Jika terlalu besar, akan lebih lama matang dan kurang menarik saat dihidangkan.

Jangan lupa cek resep rendang ataupun dendeng balado mudah dari saya yang bisa kamu coba di rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.