5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggantikan Menu Sehari-hari

Tim MAHI|Agustus 8, 2018

Tahukah bahwa kita sebetulnya bisa menjadikan makanan yang kita santap sehari-hari lebih sehat? Bukan, ini bukan soal diet ketat ataupun mengganti apa yang kita senangi sepenuhnya. Berikut MAHI berbagi daftar alternatif makanan rendah lemak untuk hidup lebih sehat!

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang berkualitas memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi dan justru menyehatkan. Satu studi bahkan menunjukkan kalau minyak zaitun bisa mempengaruhi hormon serotonin yang menyebabkan rasa puas, alias mencegah kita dari keinginan untuk terus makan!

Dari keperluan sebatas untuk salad dressing hingga tumis menumis, minyak zaitun adalah pilihan yang bijak. Gunakan yang satu ini sebagai pengganti mentega ataupun margarin. Resep simpel berupa tumisan daging ataupun sayur juga menjadi tidak kalah lezatnya. Ataupun ketika membuat saus pasta dan kentang tumbuk yang bisa menggantikan fungsi mentega.

Untuk jenis extra virgin olive oil yang memang tidak memiliki titik didih tinggi, maka lebih tepat digunakan sebagai dressing untuk salad ataupun sebagai campuran sausnya. Membuat sendiri dressing salad ataupun saus pasta lebih sehat daripada membeli yang botolan. Selain adanya bahan-bahan yang mungkin tidak menyehatkan, saus botolan juga biasanya tinggi kandungan gula.

2. Zucchini

Siapa sangka kalau zucchini yang masih satu keluarga dengan ketimun ini bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat? Contohnya sebagai substitusi untuk pasta. Selain repot harus merebusnya, zucchini hanya perlu ditumis sesaat saja bersama sausnya.

Karena popularitasnya, zoodles atau zucchini noodles ternyata bisa diaplikasikan dalam sebagai elemen dalam salad ataupun kreasi makanan lainnya sebagai pengganti mie. Meskipun teksturnya renyah dan tidak sebagaimana seharusnya mie pada umumnya, zucchini malah memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Selain kaya akan vitamin C, zucchini juga mengandung serat dan potassium. Sungguh contoh yang menarik sebagai makanan rendah lemak!

3. Putih Telur

Tahukah bahwa putih telur sendiri dapat menggantikan peranan telur utuh dalam beberapa proses masak ataupun saat disantap? Telur adalah protein yang hampir semua orang suka dan nyatanya, menghindari kuning telur tidaklah sesulit itu.

Misalkan saja pada proses membuat kue atau bakingrasio standarnya sebagai pengganti 1 butir telur utuh adalah putih telur yang diambil dari 2 butir telur.

Untuk kita yang menyenangi telur matang sebagai sarapan pagi, baik dinikmati dengan hanya cocolan garam ataupun bersama seporsi nasi, maka cukup singkirkan bagian kuning telurnya. Dijamin rasanya tidak terlalu banyak berubah. Apalagi ketika disantap bersama salad yang kaya dengan banyak bahan lainnya.

4. Kembang Kol

Meskipun seringkali kalah populer dengan saudaranya yang mirip tapi lebih glamor yaitu brokoli, tidak menjadikan kembang kol kehilangan nama. Bahkan zaman sekarang, kembang kol bisa dimanfaatkan sebagai alternatif sehat dari karbohidrat berat seperti nasi ataupun kentang.

Sebagai pengganti kentang, kembang kol bisa dimanfaatkan dalam bentuk hash brownBegitupun untuk nasi, kembang kol cukup dihancurkan saja maka teksturnya seperti menyerupai nasi. Salah satu resep yang menarik adalah nasi goreng kembang kol gaya Korea yang sudah pernah dibahas MAHI sebelumnya.

Jadi jangan malu-malu ketika bertemu dengan kembang kol. Langsung saja diborong dan ciptakan kreasi masakan sehat di rumah!

5. Pisang

Sehat bergizi dinikmati demikian adanya, pisang juga bisa berfungsi sebagai pengganti es krim! Ya, betul es krim, yang sangat lezat namun penuh dengan gula. Hanya bedanya dengan pisang, kita mendapatkan manfaat kesehatan dari folat, vitamin C, dan tentunya potassium.

Caranya sendiri begitu mudah! Pisang hanya cukup untuk dibekukan dan kemudian dibuat menjadi puree. Ingin bereksperimen dengan rasa lainnya? Haluskan dengan food processor setelah dibekukan, kemudian tambahkan cocoa powder tanpa gula. Rasanya seperti es krim soft serve!

Tidak hanya untuk es krim, puree pisang bisa dimanfaatkan juga sebagai pengganti mentega, minyak, dan juga gula. Pisang juga bisa diaplikasikan pada resep brownies, kukis, muffin, ataupun pancake. Makanan rendah lemak ternyata bisa dikreasikan menarik, bukan?


Sumber foto: Shutterstock

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.