Resep Tuna Kuah Kuning Okra, Hidangan Lauk Sehat dan Enak

Simpan ke bagian favorit

Sajikan resep Tuna Kuah Kuning Okra sebagai lauk teman nasi hangat! Tak hanya tuna, jenis ikan kesukaanmu juga enak dimasak dengan bumbu ini.

1jam
4 Porsi
Mudah
Valentina|Oktober 16, 2020

Resep tuna mungkin bukan salah satu kesukaan kamu kalau bicara soal menu seafood. Tapi setelah mencoba resep ikan berbumbu kuning ini, mungkin kamu akan berubah pikiran. Untuk bahan utamanya, ikan tuna termasuk dalam kategori seafood yang mudah didapat. Bukan hanya dijual di pasar tradisional, ikan tuna dalam keadaan beku juga bisa kamu temui di supermarket dan di toko ikan online.

Sebagai bahan utamanya menggunakan filet ikan tuna sehingga lebih memudahkan kamu dalam mengolahnya. Kalau kamu memilih bagian tuna belly atau perut tuna, tentu sah-sah saja bahkan akan terasa lebih gurih. Supaya lebih unik dan mengandung sayuran, aku menambahkan sayuran okra atau lady finger.

Seperti halnya sayuran lain, okra dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus dalam kari atau dibuat sup, atau ada juga yang mengolahnya menjadi keripik. Tekstur bagian luar okra renyah seperti oyong dan bagian dalamnya lembut seperti terung. Lendir yang keluar saat okra dipotong dan dimasak secara otomatis akan membuat masakan menjadi lebih kental.

Kalau kurang suka dengan kekentalan tekstur masakan akibat lendir yang dikeluarkan okra saat dimasak, kamu bisa mengikuti beberapa trik ini:

  1. Hindari mencuci okra kalau belum siap dimasak. Jika terkena air, lendir yang keluar jadi semakin banyak. Jadi, lakukan pencucian sesaat sebelum okra akan diolah.
  2. Potong okra dalam ukuran sedang atau tidak terlalu kecil supaya lendir tak terlalu banyak keluar.
  3. Rendam okra dalam air cuka. Cara ini dapat mengurangi lendir yang keluar. Rendam dulu okra selama 30 menit dalam air cuka, kemudian cuci bersih, dan baru dipotong-potong lalu dimasak.

Yuk, bikin resep Tuna Kuah Kuning Okra untuk teman nasi hangat!

Bahan-bahan

  • 500 g filet ikan tuna, potong dadu
  • 100 g okra, potong 3 cm
  • 2 lembar daun salam
  • ½ pucuk kecombrang
  • 1 batang serai
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 700 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, dan daun salam hingga harum.

2

Masukkan okra dan air, aduk rata.

3

Masukkan ikan, gula, kecombrang, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk rata, masak hingga matang.

4

Tambahkan perasan jeruk nipis, aduk rata. Sajikan.

Resep pernah dimuat di situs resmi Royco.

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.