Sosis tempura disajikan dalam piring kayu.

Resep Sosis Tempura, Takjil Gaya Baru di Rumah

Satu lagi kreasi gorengan lezat untuk ide menu takjil saat Ramadan. Siap-siap menggoreng sosis tempura dengan resep berikut ini, yuk!
Sosis tempura disajikan dalam piring kayu.
Rian Farisa | Apr 10, 2022

Menu jajanan selalu saja jadi rebutan saat waktunya berbuka puasa. Beraneka ragam jenis gorengan sepertinya sudah kamu coba dan lalui, tapi apakah sudah pernah mencoba yang namanya sosis tempura? Apakah itu dan bagaimana cara membuatnya? Ikuti dulu ceritanya di sini!

Asal usul tempura

Sosis tempura, apakah ini benar-benar seperti yang ada pada masakan Jepang? Ternyata berbeda, meski persamaannya ada pada proses menggorengnya. Tempura pada masakan Jepang umumnya hanya menggunakan seafood dan sayuran sebagai bahan utamanya. Wah, kalau sosis malah jadi tidak otentik makanan Jepang, dong? Jangan khawatir, tempura di Jepang saja tidak otentik karena dahulunya makanan gorengan serta teknik deep frying diajarkan oleh para penjelajah Portugis berabad-abad yang lalu.

Bicara soal kata tempura saja ternyata bukan bahasa Jepang asli, lho! Kata ini berasal dari kata Latin yaitu tempora. Yang paling populer digunakan adalah udang, namun tempura juga bisa menggunakan cumi, kepiting, dan beraneka jenis ikan. Untuk sayurannya bisa menggunakan paprika, rebung, buncis, ubi, jamur, dan banyak lainnya. Makanan Jepang sudah dikenal lama di Indonesia sehingga istilah tempura sudah tidak asing lagi dan kini dipakai oleh orang Indonesia sebagai menu camilan versi mereka sendiri.

Apakah sosis tempura itu?

Ya, betul! Menariknya, sosis tempura adalah kreasi orang Indonesia. Versi lengkapnya bisa terdiri dari sosis, nugget, dan aneka macam jenis gorengan lainnya yang dibuat dari surimi. Arti surimi di sini adalah pasta olahan dari bermacam-macam daging atau seafood lalu dimasak hingga padat dan kenyal. Konsumen hanya perlu membeli versi bekunya dan siap diolah dengan cara dibumbui, dikukus, direbus, atau digoreng.

Kali ini, Masak Apa Hari Ini khusus ingin mengajarkan kamu cara mengolah sosis yang dibalur dengan tepung tempura, sehingga konsepnya menyerupai bentuk aslinya dari Jepang! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini, ya! Setelah menikmati sajian buka puasa, jangan lupa untuk followlike, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Selamat memasak!

Bahan

4
Porsi

12
buah sosis bratwurst
2
sdm tepung terigu
minyak, untuk menggoreng
12
tusuk sate, rendam dalam air dingin

Adonan tempura

150
g tepung tempura
200
ml air es
2
kuning telur, kocok

Pelengkap

Cara membuat

1

Lumuri sosis dengan tepung terigu, kemudian tusukkan ke tusuk satai. Sisihkan.

2

Adonan tempura: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam Spesial hingga tercampur rata. Sisihkan.

3

Celupkan sosis ke dalam adonan tempura hingga permukaannya tertutup adonan.

4

Panaskan minyak, goreng sosis hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

5

Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Hot.

Produk

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial

Jawara Saus Sambal Hot
Jawara Saus Sambal Hot