Resep Semur Telur Puyuh Tahu - Masak Apa Hari Ini?

Resep Semur Telur Puyuh Tahu, Lauk Pendamping Santap Siangmu

Simpan ke bagian favorit

Resep semur telur puyuh tahu, makanan rumahan enak bernutrisi dan nikmat tersaji di segala kesempatan. Yuk, cari tahu cara masaknya!

40mnt
6 Porsi
Mudah
Wina|April 29, 2019

Sebagai lauk pendamping, semur telur puyuh tahu ini sangat cocok disandingkan dengan berbagai jenis lauk utama dan sayuran. Apa saja pendamping lainnya yang tepat, ikuti dulu ceritaku berikut ini, ya!

Semur telur puyuh dan keluarganya

Semur adalah salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang punya banyak variasi. Bukan hanya bahan utamanya, tetapi masing-masing daerah yang punya hidangan semur memiliki ciri khas yang berbeda. Misalnya semur daging kambing yang dimiliki masyarakat Sumatera Selatan yaitu malbi, memakai banyak rempah di dalam bumbunya. Hal ini demi meminimalis aroma daging kambing yang kuat dan menghasilkan kuah semur yang kaya rasa.

Semur telur puyuh versi Bango Kecap Manis ini memiliki campuran bumbu yang unik, yaitu kehadiran ebi di dalamnya. Bagi kamu penyuka semur, sajian manis berbumbu dengan bahan telur puyuh kaya gizi ini sungguh wajib dicoba.

Menu makanan rumahan enak lainnya

Di kesempatan lainnya, tidak ada salahnya dong untuk mencoba resep-resep berkuah non-semur. Untuk yang satu ini, kuliner Indonesia punya kekayaan yang nyaris tak terbatas. Baik sebagai hidangan utama ataupun pendamping, macam-macam hidangan berkuah ini tepat tersaji untuk berbagai kesempatan. Yuk, simak apa saja yang bisa kamu buat berikut ini!

1. Sayur asem

Rasa yang unik hanya bersanding dengan garang asam. Cita rasa inilah yang membedakannya dengan hidangan Indonesia lainnya. Apalagi kebanyakan masakan lain bergulat dengan rasa gurih, pedas, ataupun asin. Lebih serunya lagi, sayur asem nyaris selalu terpilih sebagai menu pendamping pilihan saat bersantap beragam hidangan Sunda, Jawa, ataupun Betawi.

Bicara soal tekstur, lebih-lebih lagi. Ada renyahnya kacang tanah, ada juicy dari kacang panjang, hingga tekstur nangka dan labu. Yang jadi favoritku adalah kriuk jagung muda yang cocok berpadu dengan segenap bahan lainnya.

2. Sayur lodeh

Dari segi rasa dan tampilan, sayur lodeh layak lebih diapresiasi lagi. Hebatnya, masakan rumahan enak yang satu ini bisa dipadukan dengan ikan salmon dalam versi modernnya. Tapi untuk resep ini, kita padukan saja dahulu dengan daging iga, ya. Dijamin tetap istimewa!

Rebus dahulu daging iga sapi hingga empuk. Soal kuah kita akan padukan dengan Royco Kaldu Sapi sehingga tersesuaikan dengan baik. Selebihnya, tinggal rebus dengan sayur mayurnya dan nantikan hingga matang. Jadi, deh!

3. Sup tomat daging sapi

Tidak hanya saat musim hujan, sup tomat daging sapi cocok tersaji di segala kondisi. Apalagi untuk kamu yang tengah di masa pemulihan dan mencari hidangan bernutrisi komplit. Tidak hanya itu, sajian ini akan menyatukan banyak hidangan lainnya di atas meja makan. Bayangkan lahapnya kita kalau bertemu dengan sajian segar dan menghangatkan ini!

Nah, sekarang kamu punya banyak pilihan selain semur telur puyuh yang begitu khas ini. Untuk orang Indonesia, menikmati semur sehari-harinya seolah menjadi kebutuhan tersendiri. Hidangan nasional yang satu ini memang terkenal sangat fleksibel karena bisa diolah dengan bahan apapun, baik itu nabati apalagi hewani. Dengan resep berikut ini, kamu punya alternatif lain selain semur ayam atau semur daging pada umumnya.

Tapi khusus untuk pencinta menu berkuah, dari resep ini saja kamu sudah bisa mengetahui beragam alternatif lainnya yang perlu kamu coba. Selain mudah ditemukan bahan-bahannya, cara memasaknya juga relatif mudah. Jadi aku sarankan untuk segera buat perencanaan menu dan bersiap memasak dalam beberapa hari ke depan, yuk! Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Bahan

  • 20 butir telur puyuh, rebus, kupas
  • 6 buah tahu goreng, siap santap
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1 sdt gula merah
  • 500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
  • 4 sdm minyak, untuk menumis
  • 2 sdm bawang merah goreng, untuk taburan

Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ebi, seduh air panas, tiriskan

Cara membuat

1

Tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Masukkan cabai, tumis hingga matang.

2

Masukkan telur puyuh, tahu, Bango Kecap Manis, dan gula merah, aduk rata.

3

Tuangkan santan, didihkan. Kecilkan api, masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Angkat.

4

Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.