Resep Sate Ati Ampela Empuk a la Angkringan - MAHI

Resep Sate Ati Ampela Empuk a la Angkringan Malam Hari

Simpan ke bagian favorit

Ciptakan suasana angkringan di rumah dimulai dengan resep sate ati ampela yang empuk dan lezat ini. Cek cara membuatnya berikut ini, yuk!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 23, 2022

Siapa di sini yang hobi mampir makan atau ngopi di angkringan? Pilihan makanannya meriah, suasana meriah, dan harganya murah meriah! Bayangkan seporsi nasi kucing dengan bakwan dan aneka sate, lalu ditutup dengan kopi klotok hangat. Wah, berbunga-bunga rasanya! Bagaimana kalau kamu bisa menciptakan keseruan ini di rumah dimulai dari satu resep dan seterusnya? Nah, Masak Apa Hari Ini punya resep sate ati ampela empuk untuk memulainya!

Pesona Kuliner Malam Angkringan

Angkringan adalah daya tarik di malam hari yang sulit untuk dilewatkan. Kalau kamu bertandang ke kota Jogja atau Klaten, maka di sinilah kamu akan paling banyak menemuinya. Disebut juga sebagai wedangan di kota Solo, kedai kaki lima yang terlihat sederhana ini dengan apiknya mempersembahkan begitu banyak pilihan makanan dan minuman. Sebetulnya angkringan juga bisa ditemukan di kota-kota lain di pulau Jawa, kok, hanya saja mungkin jumlahnya tidak banyak dan tersebar lokasinya.

Apakah yang menjadikannya istimewa? Aneka minuman hangat dan aneka wedang menjadi salah satu incarannya. Kopi klotok misalnya, atau kopi hitam manis berisikan batu bara yang dicelup, konon punya manfaat untuk kesehatan. Belum lagi misalnya porsian nasi kucing yang murah, tapi bawaannya ingin tambah terus. Temannya? Sate ayam, sate telur puyuh, sate ati ampela, sate kikil, pepesan, gorengan, dan banyak lainnya!

Tips Memilih Bahan Sate Ati Ampela

Masuk ke urusan mengolah resep yang satu ini, semuanya berawal dari cara memilih hati dan ampela ayam yang berkualitas. Pertanyaannya adalah, bagaimanakah ciri-cirinya? Ternyata mudah untuk dilihat hanya dari warnanya! Hati ayam yang masih segar, misalnya, berwarna merah gelap, sehingga kamu bisa menghindari yang justru warnanya sudah pucat. Sementara itu untuk ampela, pilih yang warnanya masih terang. Lalu utamakan memilih yang masih belum berbau, ini dikarenakan protein jeroan lebih mudah untuk berbau saat temperatur naik dan cenderung diincar lalat. Idealnya tentu memilih yang masih segar dipotong dan dijual dalam suhu dingin serta dalam kondisi higienis.

Nah, sekian kurang lebih cerita mengenai angkringan dan tips memilih hati serta ampela ayam yang baik untuk resep ini. Sudah siap mencobanya di rumah? Langsung saja coba resepnya, yuk!

Bahan-bahan

  • 300 g ampela ayam, rebus hingga matang, potong 2
  • 300 g hati ayam
  • 600 ml air, untuk merebus
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • ½ sdm asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air panas
  • 3 sdm minyak
  • Tusuk satai
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.

2

Masukkan hati dan ampela. Tuang air, masak hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan air asam jawa dan Bango Kecap Manis Hitam Gurihdan Royco Kaldu Ayam, aduk perlahan. Tutup wajan, masak hingga meresap dan airnya menyusut. Angkat.

3

Tusukkan hati dan ampela secara terpisah ke tusuk satai.

4

Siapkan wajan datar antilengket atau grill pan. Panggang satai hingga kecokelatan. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.