Resep Makaroni Keju Mini untuk Takjil Ramadan - MAHI

Resep Makaroni Keju Mini, Menu Takjil yang Paling Dinanti

Simpan ke bagian favorit

Inilah menu favorit keluarga Indonesia, resep makaroni keju! Bedanya, kali ini disajikan dalam porsi mini yang pas untuk setiap orang. Coba buat, yuk!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 27, 2022

Coba, siapa di sini yang tidak menyukai makaroni yang dipanggang? Dari wanginya saja memanggil siapapun untuk datang ke dapur. Sulit untuk menolaknya! Tapi tunggu dulu, masih panas, lho! Bila kamu bersabar sedikit, maka ada makaroni keju mini hangat menanti untuk dinikmati. Ah, begitu memanjakan rasanya!

Dikenal dengan bentuknya yang khas seperti tabung kecil setengah melingkar, makaroni adalah satu jenis pasta yang paling cocok diolah menjadi sup, gorengan, ataupun menu kukusan dan panggangan. Selain spaghetti, bisa dibilang makaroni adalah salah satu pasta terpopuler di Indonesia. Keberadaannya hampir selalu mewarnai acara keluarga, pesta, hingga kumpul ibu-ibu arisan bahkan sunatan. Ketersediaan makaroni begitu melimpah dan harganya murah. Olahannya yang beragam selalu saja jadi rebutan dan makaroni keju adalah salah satunya. Dipastikan akan sulit menemukan yang tersisa saat selesai acara.

Supaya kamu dan keluarga bisa puas menikmatinya kapan saja, ada resep makaroni keju mini untuk dicoba. Mengapa mini? Alih-alih menggunakan casserole berukuran besar, makaroni keju kali ini hanya membutuhkan wadah tahan panas atau ramekin berukuran kecil. Hasilnya, bisa langsung dinikmati oleh setiap orang.

Pertama-tama, kamu harus merebus dulu makaroni beserta bahan-bahan lainnya seperti wortel, jamur, susu, dan minyak zaitun hingga setengah matang. Jangan lupa dibumbui dengan garam, merica, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan krim kental, keju cheddar parut, dan juga bayam. Siapkan wadah tahan panas berukuran mini dan tuangkan ke dalamnya satu per satu hingga makaroni habis.

Langkah selanjutnya adalah menaburi dua jenis keju yang sudah disiapkan sebagai topping dan panggang dalam oven yang sudah panas selama 10 hingga keju mulai meleleh. Ternyata membuat makaroni keju tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Menu menggoda untuk takjil di bulan puasa siap untuk dinikmati selagi hangat!

Terakhir, pastikan untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Seru!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 200 g makaroni
  • 100 g wortel, potong kotak kecil, blansir
  • 80 g jamur kancing, potong kasar
  • 600 ml susu cair
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 80 ml krim kental
  • 100 g keju cheddar, parut
  • 100 g daun bayam
  • 1 sdm minyak zaitun

Topping, aduk rata

  • 100 g keju mozzarella, parut
  • 100 g keju cheddar, parut

Cara membuat

makaroni keju isian
1

Rebus makaroni bersama wortel, jamur kancing, susu cair dan minyak zaitun hingga setengah matang. Tambahkan garam, merica, dan Royco Kaldu Ayam Spesial, aduk.

makaroni keju krim
2

Masukkan krim kental dan keju cheddar parut. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan daun bayam, aduk sebentar hingga bayam layu. Angkat.

makaroni keju taburi topping
3

Siapkan wadah tahan panas ukuran mini. Masukkan makaroni keju ke dalamnya. Taburi dengan keju topping.

makaroni keju panggang
4

Panggang dalam oven panas selama 10 menit atau hingga keju meleleh dan kecokelatan. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.