Resep Cireng Nasi Sambal Kecap Bawang Putih - MAHI

Resep Cireng Nasi Sambal Kecap Bawang Putih, Pas untuk Takjil

Simpan ke bagian favorit

Coba resep Cireng Nasi Sambal Kecap Bawang Putih yang bikin nagih ini. Nasi sisa kemarin bisa diolah jadi lebih enak. Begini caranya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Valentina|Februari 21, 2022

Punya nasi sisa kemarin? Saatnya membuat resep Cireng Nasi Sambal Kecap Bawang Putih yang bikin ketagihan ini. Kalau sejatinya cireng hanya berbasis tepung tapioka, beda halnya dengan cireng nasi yang belakangan populer di dunia sosial media. Resep ini cocok banget buat kamu yang sedang bosan mengolah nasi goreng dari nasi sisa kemarin. Dipadukan bersama tepung tapioka, bawang putih, ketumbar, dan daun bawang, adonan ini kemudian digoreng dan disajikan dengan saus sambal atau cabai rawit.

Versi Masak Apa Hari Ini lebih istimewa, yaitu mencampur adonan cireng nasi bersama wortel cincang. Bukan cuma tekstur dan rasanya jadi lebih kaya, cireng nasi juga jadi lebih bernutrisi, kan? Tak hanya itu, kehadiran sambal kecap bawang putih ini bikin makan cireng nasi jadi lupa berhenti. Manis gurihnya Bango Kecap Manis dipadukan dengan bawang putih dan cabai rawit segar. Mantap! Supaya perpaduan ketiga bahan tersebut lebih terasa, haluskan bawang putih dan cabai rawit, kemudian padukan dengan Bango Kecap Manis. Nah, biar tambah yakin untuk coba resep ini, yuk, simak beberapa tips membuat cireng nasi!

Tips membuat resep cireng nasi

  1.  Lumatkan nasi sebelum dicampur bersama tepung tapioka dan bahan lainnya. Nasi hangat akan lebih mudah untuk dilumatkan ketimbang nasi dingin. Gunakan bantuan sendok nasi atau dasar gelas agar lebih mudah.
  2. Tambahkan sayuran cincang seperti wortel, buncis, atau zucchini untuk menambah rasa sekaligus tekstur cireng.
  3. Gunakan air panas sebagai pencampur adonan agar lebih mudah sekaligus mencegah tepung menggumpal.
  4. Tambahkan tepung beras agar tekstur cireng nasi lebih garing.
  5. Saat akan diangkat, besarkan api supaya permukaan cireng renyah.

Yuk, siapkan bahan membuat resep Cireng Nasi Sambal Kecap Bawang Putih yang sederhana ini untuk #takjil nanti. Sajikan juga bersama minuman segar untuk buka puasa kesukaanmu. Ingin ide resep menarik lainnya? Jangan lupa untuk follow dan like akun instagram Masak Apa Hari Ini agar kamu tak ketinggalan dengan resep viral dan enak lainnya!

Bahan-bahan

  • 250 g nasi putih
  • 80 g wortel, cincang
  • 5 sdm tepung sagu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 100 ml air panas
  • Minyak, untuk menggoreng

Bumbu

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt ketumbar bubuk

Sambal kecap bawang putih

  • 8 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat

1

Tumbuk atau penyet nasi menggunakan cobek atau punggung sendok nasi hingga sedikit hancur. Aduk rata bersama wortel, tepung sagu, tepung beras, daun bawang, bumbu, dan Royco Kaldu Jamur. 

2

Tuang air panas sambil diaduk hingga tercampur rata.  

3

Panaskan minyak, ambil 1 sdm adonan cireng. Masukkan ke dalam minyak panas. Tekan sedikit dengan punggung sendok agar adonan memipih. Ulangi proses serupa dan goreng cireng secara bertahap.  

4

Sambal kecap: Aduk rata cabai rawit dan bawang putih bersama Bango Kecap Manis  

5

Sajikan cireng nasi bersama sambal kecap bawang putih.  

 

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.