Resep Galantin Daging Sapi Khas Kota Solo - MAHI
Sepiring galantin daging dengan pelengkapnya siap dinikmati.

Resep Galantin Daging Sapi, Masakan Istimewa dari Kota Solo

Masakan yang elegan dan lezat ini jadi incaran saat main ke kota Solo. Supaya nggak penasaran, coba resep galantin daging sapi berikut ini!
Sepiring galantin daging dengan pelengkapnya siap dinikmati.
Rian Farisa | Jun 14, 2022

Selain bistik daging sapi sebagai makanan populernya, kota Solo dari provinsi Jawa Tengah juga punya yang namanya galantin. Tampilannya elok dan rasanya begitu lezat. Menariknya, masakan gaya Barat ini tersedia dari gerobak kaki lima hingga restoran bintang lima. Kali ini, bagaimana kalau kamu mencoba memasaknya di rumah? Bakalan jadi menu seru untuk keluarga, lho!

Sekelumit cerita tentang galantin

Kalau mendengar namanya yaitu “galantin”, mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Apa benar ini masakan asli kota Solo?”. While memang benar hidangan ini sangat populer di kota Solo dan sudah menjadi bagian dunia kuliner negeri ini, tetapi masakan ini sebetulnya dibawa oleh orang Belanda di masa penjajahan.

Galantine, demikian disebutnya di negeri asalnya Prancis, aslinya menggunakan daging unggas atau ikan. Masakan yang dulunya beken di kalangan bangsawan, begitupun di masanya dahulu di Indonesia, memang menggunakan teknik yang khas dalam pembuatannya. Berbentuk seperti sosis yang berukuran besar, galantin kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan sayuran serta kentang. Agar berbentuk silinder, galantin dibungkus dengan daun pisang. Nah, di situlah sisi kearifan lokalnya!

Lalu, coba perhatikan bentuknya. Mirip dengan rolade, bukan? Nah, tapi ternyata ada bedanya, guys! Long story short, rolade terlihat bedanya karena diselimuti lapisan telur, sementara galantin tidak.

Tips membuat galantin

Tahap pertama pembuatan galantin adalah memadukan semua bahan beserta Bango Kecap Manis, Royco Saus Tiram, dan Royco Kaldu Sapi untuk dijadikan sebagai adonan daging. Untuk memudahkan, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan chopper atau food processor. Tapi jangan khawatir, bukan berarti kamu harus mengeluarkan kocek dalam untuk membeli alat-alat tersebut. Adonan daging ini bisa kamu uleni dengan tangan dengan sedikit tambahan usaha dan kesabaran.

Setelah adonan terbentuk, kamu bisa menggunakan daun pisang untuk membungkusnya sesuai cara tradisional. Apabila tidak ada daun pisang, maka kamu dapat dengan mudah menggunakan alumunium foil yang selalu tersedia di supermarket. Gulung memanjang sambil dipadatkan hingga berbentuk seperti sosis berukuran besar. Jangan langsung dikukus karena adonan dapat dengan mudah hancur, maka sebelumnya simpan dulu di dalam kulkas selama setidaknya 30 menit. Selebihnya kamu tinggal membuat sausnya, mengukus galantin hingga matang, dan sajikan dengan pelengkap.

Terakhir, jangan lupa untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Selamat mencoba!

Bahan

4
Porsi
100
ml minyak, untuk menggoreng
daun pisang atau alumunium foil

Adonan galantin

500
g daging sapi giling
4
sdm tepung roti
2
butir telur
3
sdm susu cair
1
sdt pala bubuk
3
sdm bawang putih goreng
3
sdm bawang merah goreng
½
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk

Saus

3
siung bawang putih, cincang
1
buah bawang bombay, iris
1
buah tomat, cincang
250
ml air
2
sdm kecap inggris
1
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk
½
sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
2
sdm margarin, untuk menumis

Pelengkap

150
g wortel, potong 5x0,5 cm, rebus hingga matang
150
g buncis, potong 5 cm, rebus hingga matang
300
g kentang goreng siap santap

Cara membuat

1

Adonan galantin: Masukkan semua bahan termasuk Bango Kecap Manis, Royco Saus Tiram, dan Royco Kaldu Sapi ke dalam chopper atau food processor.

2

Siapkan daun pisang atau alumunium foil, olesi dengan minyak. Letakkan separuh bagian adonan galantin ke atasnya. Gulung memanjang sambil dipadatkan. Diamkan selama 30 menit dalam kulkas. Sisihkan.

3

Saus: Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan tomat, aduk hingga layu. Tuang air, masak hingga mendidih. Masukkan sisa semua bahan kecuali tepung maizena, aduk rata. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

4

Panaskan dandang, keluarkan adonan galantin dari dalam kulkas. Tusukkan beberapa bagiannya menggunakan tusuk satai. Kukus galantin selama 30-40 menit atau hingga matang. Angkat. Biarkan hingga tidak panas. Buka pembungkusnya. Sisihkan.

5

Panaskan minyak, goreng galantin sebentar atau hingga permukaannya kecokelatan. Angkat. Potong-potong. Sajikan dengan saus dan pelengkap.

Bahan-bahan

Royco Saus Tiram
Royco Saus Tiram

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Sapi
Royco Kaldu Sapi