Inilah 5 Jajanan Lokal dan Kue Basah yang Jadi Inspirasi Dessert Kekinian

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 13, 2018

Kue basah dan jajanan tradisional memang takkan pernah surut peminatnya. Belakangan, justru kue basah dan jajanan tradisional semakin naik daun menginspirasi para chef muda untuk dibuat menjadi kue-kue yang unik. Tentu saja popularitas ini diviralkan oleh para penggiat sosmed.

Gerakan ini diawali oleh salah satu restoran premium di Jakarta yang menyajikan cake bertema es teler. Unik, karena dalam cake ini mengandung komponen nangka, alpukat, kelapa, dan wanginya pandan yang menjadi elemen penting untuk cita rasa es teler.

Disambut baik oleh para pencinta dessert, jajanan lokal lain lantas dijadikan inspirasi berikutnya. Dikemas dengan menarik, para pastry chef lain kemudian menciptakan cake dan dessert yang juga tak kalah unik. Hal ini lantas menjadikan momen bagi pengusaha kuliner lain untuk menantang diri dengan hidangan baru yang tak kalah menggodanya!

Selain es teler, beberapa jenis kue basah dan jajanan populer yang juga jadi inspirasi baru yang unik adalah:

1. Kelepon

jajanan dan kue basah tradisional terkenal salah satunya adalah kelepon
Sulit menolak keunikan dan legitnya kelepon, apalagi ketika dibuat menjadi sebuah cake yang unik! (Foto: Shutterstock)

Siapa yang tak kenal dengan kue basah berbahan tepung ketan yang diisi dengan gula merah ini? Salah satu kedai di Jakarta menyuguhkan gelato yang terbuat dari kekayaan bahan lokal Indonesia. Seru! Saat menyicip, rasakan komponen penting dalam sebuah kelepon, yakni manisnya gula merah, harum daun pandan, dan sensasi legit khas dari kelapa!

2. Martabak

Godaan perpaduan meises, kacang, dan keju dalam sepotong martabak sungguh sulit untuk ditolak. Tiga bahan taburan martabak ini menjadi tema dan inspirasi dalam martabak cake yang dijual di beberapa cafe ataupun toko kue. Yang menarik adalah satu sajian kue yang dilapisi oleh cincangan kacang serta karamel. Sungguh istimewa, bukan?

3. Lapis legit  

lapis legit adalah jajanan dan kue basah yang paling mewah di Indonesia
Bayangkan gelato dengan rasa lapis legit. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Meski sejatinya lapis legit adalah sebuah cake utuh, tapi ada satu restoran yang mendesain cake berlapis yang terinspirasi sajian tradisional ini. Agar berbeda, cake ini diberi sentuhan cokelat keping di dalam lapisannya. Saat melihatnya sekilas, tentu saja ada imbuhan wajib berupa bumbu spekoek sebagai tanda rasa khas kue lapis legit yang mewah ini.

4. Es Podeng

kue basah dan jajanan tradisional yang terkenal lagi adalah es podeng
Rasa es podeng yang begitu berwarna ternyata cocok ketika diadaptasi menjadi bentuk cake. (Foto: Shutterstock)

Taburan cokelat meises, alpukat, dan kelapa muda dengan kacang tanah cincang terlihat di atas sepotong es podeng cake. Selain itu es podeng juga dimodifikasi ke dalam bentuk puding dengan lapisaan warna-warna yang khas seperti es podeng.

5. Es Cendol

Beberapa tahun belakangan, es cendol semakin populer di kalangan millennial. Tak hanya disajikan secara klasik (es yang terdiri dari endol, santan dan gula merah), sajian ini juga mulai dimodifikasi dalam berbagai bentuk. Misalnya kandungan santan diganti menjadi susu cair. Nyatanya rasa es cendol tetap saja disukai, apalagi ketika perpaduan tersebut ditambahkan durian atau nangka. Es cendol kini juga ditemukan dalam bentuk kue dan bahkan panna cotta!

Nah, selain jajanan di atas, mungkin sahabat MAHI akan terinspirasi untuk membuat hidangan baru. Ayo temukan inspirasinya! Siapa tahu ada yang akan menjadi viral di kemudian hari?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.