Shutterstock 2273370357

Cara Membuat Odeng A la Korea di Rumah

Simak dan coba cara membuat odeng rumahan ini, yuk! Cocok buat buat nemenin nonton drakor weekend nanti. Bikin sekaligus banyak untuk stok, ya!
Shutterstock 2273370357
Rebecca | Agu 28, 2023

Kalau selama ini kamu suka jajan odeng di restoran atau minimarket dan merasa kurang puas, saatnya mencoba cara membuat odeng a la drakor ini di rumah. Bisa bikin lebih banyak dan tentu saja jadi lebih puas. Supaya gampang bikinnya, beberapa bahan-bahannya sengaja disubstitusi agar lebih mudah didapat.

Sejatinya kuah odeng menggunakan konbu atau kombu atau rumput laut dan juga ikan teri khas Korea. Masak Apa Hari Ini membuatnya lebih sederhana dalam versi pedas, yaitu menggunakan gochujang, Royco Saus Tiram, dan Jawara Saus Sambal Extra Hot. Jadi cocok banget buat lidah lokal.

Salah satu tips membuat odeng atau eomuk (bahasa Korea untuk fish cake) mirip seperti aslinya adalah menggunakan baking paper untuk membuat fish cake Korea bentuk lembaran. Gunakan spatula besi atau spatula yang biasa digunakan untuk dekorasi cake supaya hasilnya lebih rapi.

Nah, buat kamu yang suka jajanan a la Korea, wajib banget praktikkan cara membuat odeng ini. Coba juga resep kimbab, jjajangmyeon, kimchi, pajeon, dan corn dog sosis yang juga bisa banget kamu jadikan ide jualan. Untuk ide kekinian lainnya, simak Instagram Masak Apa Hari Ini dan jangan lupa untuk kasih like dan comment, ya!

Bahan

6
Porsi

Minyak, untuk menggoreng
Tusuk satai

Alat membentuk odeng

Spatula besi panjang
Baking paper, gunting ukuran 10x20 cm
Pipping bag atau kantung plastik segitiga

Adonan odeng atau eomuk:

450
g fillet ikan kakap atau tenggiri,
200
g cumi yang sudah disiangi, potong-potong
250
g udang kupas
90
g tepung maizena
90
g tepung terigu
2
putih telur
4
siung bawang putih
3
sdm minyak
1
sdt garam
1
sdt gula pasir
½
sdt merica putih bubuk
2
batang daun bawang, iris halus

Kuah odeng pedas

1200
ml air
4
sdm gochujang
3
siung bawang putih, memarkan
½
sdt gula pasir

Cara membuat

1

Adonan odeng: Siapkan chopper, masukkan ikan, cumi, dan udang ke dalamnya. Tambahkan bawang putih, telur, dan minyak. Proses hingga halus.

2

Masukkan tepung terigu, tepung maizena, Royco Kaldu Ayam, merica, dan gula pasir. Proses sebentar hingga tercampur rata. Pindahkan ke dalam mangkuk besar, aduk rata bersama daun bawang. Bagi adonan menjadi 2.

3

Odeng bentuk bulat panjang: Ambil salah satu bagian adonan, masukkan ke dalam pipping bag. Gunting bagian ujungnya sepanjang 1,5 cm.

4

Panaskan minyak di atas api sedang. Celupkan baking paper ke dalam minyak, angkat. Semprotkan adonan eoumuk ke atas baking paper sepanjang 6-8 cm. Semprotkan hingga menjadi beberapa buah. Celupkan ke dalam minyak panas selama beberapa saat hingga adonan mudah terlepas dari baking paper. Keluarkan baking paper dan goreng eomuk bulat panjang hingga matang. Angkat dan tiriskan.

5

Odeng bentuk lembaran: Panaskan minyak di atas api sedang. Ambil sisa adonan. Celupkan baking paper sebentar ke dalam minyak. Sendokkan 3-4 sdm adonan ke atas baking paper. Ratakan adonan menggunakan spatula besi panjang. Celupkan ke dalam minyak, goreng hingga adonan mudah terlepas dari baking paper. Keluarkan baking paper. Ulangi proses serupa pada sisa adonan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

6

Kuah odeng pedas: Rebus semua bahan termasuk Royco Saus Tiram, Royco Kaldu Ayam, dan Jawara Saus Sambal Hot selama 15-25 menit di atas api sedang. Angkat dan saring airnya. Panaskan kembali di atas api kecil. Sisihkan.

 

7

Ambil selembar odeng, lipat lembarannya menjadi 3 bagian. Tusukkan ke dalam tusuk satai hingga terlihat bergelombang. Ulangi proses serupa pada odeng lembaran. Celupkan ke dalam kuah odeng.

 

8

Tusukkan masing-masing odeng bentuk bulat panjang ke tusuk satai. Tusukkan ke tusuk satai dan celupkan ke dalam kuah odeng. Sajikan.

Kombinasi gochujang, Jawara Saus Sambal Hot, Royco Kaldu Ayam, dan Royco Saus Tiram bikin kuah odeng pedas makin mantap dan bikin nagih.

Produk

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Jawara Saus Sambal Hot
Jawara Saus Sambal Hot

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr