Resep Pajeon Daun Bawang yang Lezat Khas Korea - MAHI

Resep Pajeon Daun Bawang, Menu Pembuka Favorit di Restoran Korea

Simpan ke bagian favorit

Fans makanan Korea wajib coba sajian favorit ini - pajeon daun bawang! Yuk, tunjukkan kebolehan kamu memasak dengan resep ini!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 23, 2022

Di antara sekian banyak banchan yang kamu temui saat bersiap-siap menikmati Korean BBQ, pastilah pajeon daun bawang adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Tak disangka ternyata menu yang satu ini tak hanya lezat, namun juga mudah untuk dibuat, lho! Yuk, cari tahu lebih banyak lagi soal cerita dan cara memasaknya!

Mengenal Pajeon khas Korea

Mendengar kata pajeon bukan berarti martabak telur khas Korea ini adalah satu-satunya yang istimewa. “Jeon” adalah segala macam makanan yang dilumuri tepung dan digoreng. Maka tak hanya telur, karena jeon juga bisa dibuat dari daging, ikan, ayam, seafood, dan aneka sayuran lainnya. Maka yang menjadikannya spesifik adalah kata “pa” pada pajeon yang berarti adalah daun bawang. Sederhana, lezat, dan mudah untuk dibuat, pajeon menjadi satu menu yang semua orang Korea bisa membuatnya di rumah.

Pajeon biasanya dinikmati sebagai banchan, seperti yang tadi sempat disebut. Banchan adalah aneka makanan yang biasanya disajikan secara gratis sebagai bagian dari menu pembuka di restoran BBQ. Di antara jenis banchan lainnya yang populer adalah namul atau aneka sayuran yang diblansir atau ditumis dan dibumbui. Kemudian masih banyak jenis makanan ringan lainnya, termasuk juga kimchi yang pasti kamu semua sudah kenal. Kuncinya adalah jangan terlalu banyak saat menikmati banchan karena bakal bikin kamu cepat kenyang saat makan all-you-can-eat yang biasanya cukup mahal.

Tips Membuat Pajeon Daun Bawang

Pajeon adalah makanan cepat yang bisa kamu sajikan kapan saja. Ibaratnya seperti menyiapkan dadar telur untuk teman makan nasi uduk sehari-hari. Agar lebih spesial, resep ini menggunakan juga udang dan juga wortel. Sehingga pertama-tama kamu perlu membumbui udang tersebut dengan minyak wijen dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Karena ini adalah menu jeon maka selanjutnya kamu perlu menyiapkan adonan tepung yang terdiri atas tepung terigu, tepung maizena, air, telur, bawang putih, garam, dan merica, kemudian aduk rata.

Langsung saja kamu bisa siapkan minyak cukup banyak di atas wajan antilengket. Makanan bertepung basah cenderung akan meninggalkan sisa-sisa di pinggiran wajan saat digoreng. Maka pastikan agar kamu selalu membersihkan sisa-sisa ini sebelum menggoreng yang berikutnya karena akan berpengaruh pada kualitas minyak serta suhunya. Pertama-tama masak paduan daun bawang, wortel, dan udang sebentar saja sebelum kamu menuangkan adonan tepung di atas bahan-bahan tersebut sehingga menutupi atau membentuk dadar. Masak hingga matang di kedua sisi, sisihkan, dan lanjut masak pajeon berikutnya dengan cara yang sama hingga adonan atau bahan habis.

Betul-betul mudah, bukan? Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba memasaknya hari ini. Agar semakin lengkap, siapkan juga menu khas Korea lainnya untuk keluarga di rumah, yuk!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 200 g udang kupas, cincang
  • 2 batang daun bawang, potong 6 cm, iris memanjang
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • ½ sdm minyak wijen
  • 6 sdm minyak

Adonan tepung

  • 180 g tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 180 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Aduk rata udang bersama Royco Kaldu Ayam Spesial dan minyak wijen. Sisihkan.

2

Adonan tepung: Aduk rata tepung terigu, tepung maizena, dan air. Tambahkan telur, bawang putih, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, dan merica, aduk rata. Sisihkan.

3

Panaskan minyak di atas wajan antilengket. Letakkan sebagian daun bawang, wortel, dan udang, masak sebentar. Tuang adonan tepung ke atasnya hingga menutupi bahan isinya atau membentuk dadar. Masak hingga matang di kedua sisinya. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.