4 Resep Idul Adha untuk Hari Raya Istimewa - MAHI

4 Resep Idul Adha Istimewa untuk Ide Masak Hari Raya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juni 22, 2021

Perayaan Idul Adha merupakan momen yang amat dinantikan oleh banyak keluarga Indonesia. Di kesempatan yang hanya datang setahun sekali ini, rasa kegembiraan begitu terpancar. Terlebih bagi mereka yang telah menyiapkan berbagai resep Idul Adha yang disajikan. Tak hanya untuk keluarga, namun juga tetangga dan kerabat dekat.

Biasanya, kuliner Hari Raya tak pernah lepas dari menu-menu tertentu seperti sate atau gulai. Meski begitu, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba variasi menu lain seperti empat resep berikut ini. Penasaran, kan, daging kambing dan sapi bisa dibuat jadi apa saja? Scroll sampai bawah, ya!

1. Nasi kebuli kambing khas Betawi, resep Idul Adha yang seru

Budaya Arab memang kental terasa dalam berbagai aspek di Indonesia, tak terkecuali dalam hal makan-makan. Salah satu kuliner khas Timur Tengah yang populer adalah nasi kebuli, yaitu nasi berbumbu gurih yang biasanya berwarna kuning dan dihidangkan dalam porsi cukup besar. Nah, resep nasi kebuli kali ini telah dimodifikasi menjadi a la Betawi agar lebih cocok dengan preferensi lokal.

Dalam pembuatan nasi kebuli, bahan-bahan khusus seperti beras basmati dan minyak samin wajib tersedia, karena dua bahan itulah yang membuat kudapan ini spesial. Jangan lupa juga untuk menyiapkan daging kambing bagian paha serta Bango Bumbu Nasi Goreng Kambing Khas Jakarta agar nasi kebuli buatanmu terasa semakin mantap.

Cek resep nasi kebuli kambing khas Betawi untuk petunjuk lengkapnya!

2. Rendang daging sapi, sajian klasik bercita rasa dahsyat

Resep rendang daging sapi
Tidak hanya ikonik, rendang daging khas Minang memang tidak ada bandingannya di dunia! (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal rendang? Dengan keunikan rasa serta kekayaan rempah-rempah di dalamnya, olahan daging sapi asal Sumatera Barat ini begitu digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Saking hebatnya, hidangan ini pun sempat resmi diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Proses memasak rendang memang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama serta jenis rempah yang lebih beragam agar kenikmatannya terjamin. Karena itu, sebaiknya gunakan Royco Kaldu Sapi sebagai bumbu pelengkap agar memasak rendang jadi lebih praktis dan gurih. Membuat hidangan istimewa tidak harus repot, kan?

Mari kita praktikkan resep rendang daging sapi!

3. Iga kambing bakar bumbu kecap, mewah dan bikin nagih

Hasil dari resep iga kambing bakar dibumbu kecap di atas piring putih.
Resep iga kambing bakar bisa dicoba di rumah sebagai menu istimewa makan siang. (Foto: Shutterstock)

Tak ada makanan yang lebih sempurna dihidangkan saat kumpul keluarga di Hari Raya selain iga kambing bakar bumbu kecap. Rasanya kita tak perlu ragu lagi akan kenikmatan dan kemewahan makanan yang satu ini. Kalau sudah berada di atas meja, sebanyak apapun menu ini pasti akan ludes dalam sekejap.

Meski penampilannya tampak ciamik, ternyata resep ini tidak membutuhkan banyak bahan dan tahap pembuatannya pun tidak rumit. Yang penting, sebelum dipanggang, iga kambing harus terlebih dahulu dimasak dengan tumisan bumbu halus, Bango Kecap Manis, air, dan bumbu penyedap lainnya sampai benar-benar matang.

Tunggu apa lagi? Yuk, simak resep iga kambing bakar bumbu kecap!

4. Sambal goreng ati sapi, pelengkap sempurna setiap masakan

Kapan pun dan di mana pun, masakan Indonesia tak akan terasa lengkap tanpa kehadiran yang pedas-pedas. Sambal goreng ati sapi sudah tentu akan menjadi pilihan yang pas untuk memeriahkan kuliner Idul Adha. Coba bayangkan potongan kentang yang renyah berpadu dengan ati sapi yang lembutnya meleleh di mulut, lalu dibalut oleh rasa pedas gurih dari sambal goreng. Sungguh menggugah selera!

Untuk resep Idul Adha yang satu ini, bumbu halus sambal harus terlebih dahulu ditumis dengan minyak sampai matang sebelum kentang goreng dan ati sapi dimasukkan. Alih-alih menggunakan gula pasir, gula merah dapat ditambahkan agar rasa manis yang diciptakan terasa lebih menyatu dengan sambal. Jangan lupa membubuhkan Royco Kaldu Sapi secukupnya agar terjadi keseimbangan rasa antara pedas, manis, serta gurih pada masakan.

Lebih lengkapnya, cek resep sambal goreng ati sapi.

Lengkapilah kehangatan di hari yang spesial dengan menyiapkan sajian kuliner daging sapi dan kambing segar kepada orang-orang tercinta. Semoga keempat ide resep Idul Adha ini dapat memberimu inspirasi untuk Hari Raya yang lebih istimewa.

Ikuti terus Masak Apa Hari Ini untuk berbagai resep lezat lainnya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.