5 Makanan Khas Sumatera Selatan Pilihan MAHI - MAHI

Ini Dia 5 Makanan Khas Sumatera Selatan Pilihan dari Masak Apa Hari Ini!

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Maret 22, 2021

Tak hanya dikenal dengan wisata budaya dan jembatan Ampera yang mempesona, Palembang juga menyimpan berbagai makanan khas Sumatera Selatan yang terkenal akan kelezatannya. Bilamana kamu berkunjung ke kotanya, pasti akan disuguhi oleh berbagai sajian otentik seperti laksan, pempek, maupun tekwan yang lezat dan sulit dilupakan. Pantas saja jika perantau asli Palembang sering merasa rindu dan ingin kembali ke kampuang halamanyo.

Usut asal usut, ternyata Palembang menyimpan begitu banyak hidangan khas yang mungkin belum diketahui mereka yang tidak lahir dan besar disana. Bertepatan dengan bulan Ramadan, aku akan membagi 5 resep makanan khas Sumatera Selatan yang menjadi favoritku karena rasanya yang unik serta resepnya yang tidak begitu sukar untuk dibuat. Makanan khas Palembang di bawah ini bisa menjadi inspirasimu jika sedang bingung hendak menyajikan apa untuk sahur atau buka di rumah.

Penasaran apa saja hidangannya? Yuk, simak resep-resepnya!

1. Laksan Palembang, sajian gurih akhir pekan

Semangkuk laksan Palembang siap dinikmati.
Satu masakan khas Palembang ini punya rasa yang luar biasa. (Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan sajian pempek biasanya, Laksan Palembang menghadirkan pempek yang dipotong-potong dan disajikan hangat dengan kuah bersantan. Memadukan rasa gurih, pedas, dan asam, laksan bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin berbuka dengan menu yang mengenyangkan. 

Terdapat dua langkah utama dalam membuat Laksan Palembang, yaitu membuat pempek lenjer dari ikan tengiri dan membuat kuah laksannya. Prosesnya yang menyenangkan bisa menjadi kegiatan masak bersama keluarga di akhir pekan. Saat laksan sudah jadi, sajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal rawit hijau yang menyempurnakan cita rasanya.

Simak resep laksan Palembang di sini!

2. Pempek dos kuah kecap, variasi unik nan lezat

Sepiring pempek dos di piring putih dengan sendok garpu.
Hasil dari mencoba resep pempek dos yang kenyal dan lezat dengan cuko pedas manis. (Foto: Shutterstock)

Versi irit dari pempek biasanya, pempek dos adalah variasi pempek yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan utama alih-alih ikan. Namun jangan salah, jika dibumbui dengan tepat, pempek dos bisa terasa lezat dan membuatmu kian ketagihan.

Agar cita rasanya semakin berwarna, campurkan jamur tiram, bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk pada adonan. Kemudian uleni hingga kalis dan siap menjadi ‘biang’ pempek yang kemudian direbus hingga matang. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan cuko dan irisan mentimun sebagai penyegar mulut, ya!

Cek resep pempek dos di sini!

3. Pindang iga sapi Palembang, cocok untuk hari spesial

Semangkuk pindang iga sapi yang hangat menyegarkan untuk menu makan malam spesial.
Resep pindang iga sapi yang manis, pedas, asam menyegarkan bisa dimuat dengan mudah di rumah. (Foto: MAHI)

Sedang mencari resep spesial untuk buka puasa? Yuk, mari coba makanan khas Sumatera Selatan yang mewah layaknya restoran ini. Memadukan rasa manis, pedas, serta asam dan segar, pindang iga sapi Palembang menawarkan rasa unik nan otentik di lidah.

Karena proses pembuatannya yang cukup lama, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan bahan-bahan sebelum mulai memasak, ya! Kamu bisa memulai dengan merebus iga sapi untuk menghasilkan kaldu dan daging yang empuk. Kemudian, lanjutkan dengan menumis semua bumbu dan mencampurkannya ke dalam kaldu. Selanjutnya, rebus dengan api kecil hingga semua bumbu meresap hingga ke tulang. 

Penasaran cara membuatnya? Ayo, langsung pelajari resep pindang iga sapi Palembang!

4. Tekwan, kebanggaan makanan khas Sumatera Selatan

Resep tekwan khas Palembang.
Resep tekwan ini pas dijadikan sebagai camilan homemade yang sehat. (Foto: Shutterstock)

Kebanggaan dari warga Palembang, tekwan adalah sup bakso ikan yang segar dan mengangatkan tubuh. Adonan tekwan sendiri mirip dengan pempek. Bedanya adalah tekwan menggunakan lebih banyak ikan dan disajikan dalam bentuk bola-bola berkuah dengan daun bawang dan jamur kuping.

Ingin membuat tekwan a la MAHI untuk sahur dini hari? Cek resep tekwan di sini.

Sate Padang, hidangan klasik yang selalu dicari-cari

Sate Padang siap dinikmati.
Sate padang paling pas untuk malam hari! (Foto: MAHI)

Siapa yang bisa menolak pesona makanan khas Palembang yang satu ini? Kerap ditemui di kedai-kedai pinggir jalan, sate Padang adalah hidangan wajib saat berbuka di masa Ramadan. Kenyalnya daging berpadu dengan kuah Padang yang medok membuat menu yang satu ini sulit dilupakan.

Agar semakin spesial, kali ini aku akan membagi resep sate Padang yang bisa kamu coba di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja kunjungi resepnya di sini!

Nah, itu dia 5 makanan khas Sumatera Selatan yang menjadi idamanku sepanjang bulan suci ini. Dijamin lezat dan mengenyangkan, kamu bisa menyajikannya saat sahur maupun berbuka puasa agar masa Ramadan semakin semarak. Tak lupa juga aku menyajikan berbagai hidangan penutup a la MAHI yang tak kalah segar dan spesial.

Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.