Turunkan Berat Badan dengan 6 Cara Berikut yang Jarang Terpikirkan Sebelumnya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Desember 10, 2018

Manusia masa kini gemar berkutat dengan pertanyaan tentang bagaimana caranya turunkan berat badan. Satu permasalahan yang di zaman dulu mungkin jarang ditemukan. Di antaranya, ini disebabkan karena ketersediaan makanan dan pilihannya yang berlimpah sehingga membuat kita cenderung konsumtif.

Tidak hanya itu, mobilitas masyarakat urban biasanya berkutat hanya di balik meja kantor saja sehingga banyak dari kita yang mager alias malas gerak. Walhasil, cara turunkan berat badan lebih berkisar di antara diet ketat atau olahraga yang intens. Tentunya ini sulit dijalankan kebanyakan orang yang memang sibuk ataupun berat untuk berinvestasi dalam hal-hal semacam itu.

Padahal turunkan berat badan bisa dengan berbagai cara yang bisa ditempuh mudah dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran. Berikut adalah di antaranya:

1. Kurangi konsumsi gula

Hindari gula bantu turunkan berat badan.
Sulit menolak dessert manis memang, tapi itulah cara untuk turunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Secara biologis, manusia memang dirancang untuk menyukai rasa manis. Orang Amerika Serikat bahkan dalam seharinya dapat mengonsumsi gula sebanyak 19 sendok teh. Jauh lebih banyak daripada yang disarankan – 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria.

Menariknya, ada teori bahwa berdiet gula bisa lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan diet lemak. Tapi intisari keduanya adalah mengajak kita untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti protein rendah lemak, serealia, kacang-kacangan, buah-buahan, serta sayuran. Contohnya adalah 9 makanan sehat yang wajib disantap ini.

2. Konsumsilah makanan “sungguhan”

Disebut “sungguhan” adalah karena makanan yang dimasak sendiri dari nol tentu jauh lebih sehat dibandingkan makanan kemasan. Makanan “sungguhan” biasanya memiliki kadar serat yang tinggi, dan ini tidak dimiliki oleh produk kemasan seperti frozen pizza ataupun keripik kentang. Serat berfungsi untuk memberikan rasa kenyang dan tentunya baik juga untuk pencernaan.

Soal pilihannya jangan khawatir, begitu banyak pilihan makanan yang bisa kita konsumsi tapi tetap menjaga badan tetap sehat dan ramping. Selain itu, makanlah hanya ketika waktu makan tiba dan rasa lapar telah muncul. Dengan demikian pola makan menjadi teratur dan kita menghindari camilan-camilan di luar jam makan.

3. Minum air terlebih dahulu

Air adalah satu cara turunkan berat badan.
Minum air sebelum makan bisa membantu turunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Satu studi mengemukakan bahwa meminum air setengah jam sebelum makan dapat membantu turunkan berat badan hingga 44% dalam waktu 3 bulan. Selain itu, minum air dapat merangsang kerja metabolisme tubuh hingga 30% selama periode hingga 1,5 jam berikutnya. Dengan air, kita juga jadi terdorong untuk tidak menambahkan kalori lebih banyak saat makan karena perasaan kenyang sudah datang lebih dulu. Ingin lebih sehat lagi? Konsumsi buah juga terlebih dahulu sebelum makan.

4. Makan secara perlahan

Di era kuliner ini, kita cenderung menikmati makanan secara cepat dan bahkan terlalu banyak. Padahal dengan mengonsumsi makanan secara perlahan dapat membantu kerja pencernaan lebih mudah, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mengenyangkan lebih cepat. Teknik makan secara perlahan berasal dari masyarakat Timur Tengah yang menganjurkan bahwa sesuap makanan saja sebaiknya dikunyah hingga puluhan kali.

Beberapa studi membuktikan bahwasanya 4,000 orang pria dan wanita paruh baya mengaku bahwa kecepatan makan mereka terlalu tinggi. Ini menyebabkan mereka bertambah berat badannya secara konstan sejak usia 20 tahun. Studi lain juga mengatakan bahwa orang yang terlalu cepat makannya beresiko mengalami obesitas 115% dibandingkan yang lebih lambat.

5. Hitung berat badan setiap harinya

Timbangan akan bantu turunkan berat badan.
Cek berat badan setiap hari agar memotivasimu turunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Secara psikologis pastinya kita akan merasa tidak nyaman apabila mendapati bahwa berat badan naik ketika ditimbang. Maka inilah cara yang unik untuk menjaga diri kita dari mengonsumsi kelebihan makanan setiap harinya. Sehingga ada faktor motivasi yang dapat menghalangi kita untuk semena-mena menikmati camilan ataupun makan terlalu banyak. Meski terdengar sederhana, cara yang satu ini bisa jadi lebih efektif daripada berinvestasi banyak untuk olahraga berat ataupun makanan yang berkualitas terlalu tinggi.

6. Tidur lebih awal

Meskipun pekerjaan terkadang menghalangi kita dari tidur awal ataupun menikmati tidur berkualitas, tetap sempatkanlah untuk mendapatkan kemewahan yang satu ini. Banyak resiko yang dapat ditimbulkan hanya karena kualitas tidur rendah ataupun waktu tidur yang tidak mencukupi.

Misalnya saja ada studi yang menemukan kalau waktu tidur terlalu pendek dapat dikaitkan dengan kasus obesitas. Begitupun bila disandingkan dengan tidur berkualitas rendah, maka berpotensi mengundang masalah jantung, stroke, diabetes, serta depresi. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas sebaliknya akan membuat tubuh lebih sehat, meningkatkan konsentrasi, performa atletis lebih baik, dan membantu interaksi sosial kita. Dengan sendirinya, tidur cukup justru membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Ingin mencari cara-cara lainnya agar turunkan berat badan? Misalnya saja ada beberapa bahan makanan diet yang murah meriah yang bisa dikonsumsi ataupun bahkan kacang hijau. Begitupun ada beberapa inspirasi salad buah untuk akhir pekan nanti serta teknik masak yang bisa dipelajari agar menghasilkan makanan sehat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.