5 Kreasi Masakan Ayam Kampung Khas Indonesia - MAHI

5 Kreasi Masakan Ayam Kampung Khas Indonesia yang Bikin Ketagihan

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 3, 2022

Ada banyak alasan mengapa masakan Indonesia rata-rata menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Selain lebih lezat, Masak Apa Hari Ini punya banyak ide resep untuk kamu coba! Apa sajakah itu dan mengapa harus ayam kampung, simak sedikit cerita dan aneka kreasi masakan ayam berikut ini, yuk!

Apa, sih, sebetulnya beda ayam kampung dengan ayam negeri? Pada dasarnya, pengembangbiakan ayam kampung menggunakan cara dilepasliarkan (free range) sehingga menjadikannya lebih sehat dan bahagia dibandingkan dengan ayam negeri atau broiler yang didomestikasi. Pun dari segi gizi juga ternyata kandungan nutrisi ayam kampung dan telurnya lebih tinggi. Kemudian terakhir, tekstur daging ayam kampung juga lebih kenyal dan juicy sehingga lebih nikmat saat disantap.

Tapi bukan berarti kamu jadi sembarangan memilih ayam kampung. Perhatikan beberapa hal berikut ini sebagai panduan untuk memilih ayam kampung yang tepat. Pertama, daging ayam kampung yang tua cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk empuk. Ayam kampung tua ukurannya lebih besar dan dagingnya keras sehingga lebih lama dimasak. Sementara itu, daging ayam kampung muda ukurannya lebih kecil dan kulit beserta dagingnya kenyal atau tidak keras. Dari sinilah kamu bisa mengetahui perimbangan di antara keduanya dan memilih yang terbaik untuk diolah di rumah.

Nah, tanpa menunda-nunda lagi, simak resep-resepnya berikut ini, yuk!

1. Resep opor ayam kampung

Opor ayam kampung disajikan dalam mangkuk besar.
Sajikan opor ayam kampung sebagai menu yang dirindukan keluarga besar. (Foto: Shutterstock)

Yang namanya opor paling nikmat bila menggunakan daging ayam kampung, bukan? Untuk resep kali ini, daging ayam yang telah dimasak dengan bumbu opor dan santan akan dibakar dulu sebelum disajikan bersama kuah opor. Selain ada sensasi smokyBango Kecap Manis yang diaduk dengan kuah opor yang kaya terpoles pada permukaan daging ayam. Maka tak heran bila setiap potongannya memiliki sensasi rasa gurih, manis, dan berbumbu. Nikmat!

2. Resep soto ayam kampung

Kuah kaldu ayam adalah tulang punggung kenikmatan sebuah resep soto, ditambah lagi tentunya dengan kehadiran daging ayam kampung. Ditambah dengan kehadiran bahan-bahan seperti jahe, kunyit, dan serai yang punya peranan pada rasa dan aroma. Tambahkan perasan jeruk nipis serta Bango Kecap Manis sebagai penambah kelezatan dan kesegaran dari kuah soto.

3. Resep mie goreng Jawa

Menu malam hari berupa mie goreng Jawa dan mie rebus adalah di antara menu favorit warga Indonesia selain nasi goreng. Bahan-bahan dan bumbunya mudah untuk ditemukan, cara membuatnya cukup sederhana, tidak memakan waktu, dan hasilnya lezat. Meskipun tidak dimasak dengan menggunakan anglo, siapapun tetap dapat membuatnya. Keluarga di rumah pasti senang dibuatnya!

4. Kreasi masakan ayam goreng serundeng

Ciri khas dari kreasi masakan ayam goreng serundeng ini adalah remahan kelapa parut yang garing. Tambahan air kelapa serta parutannya akan memberikan rasa ekstra gurih pada ayam serta menjadikan aromanya lebih wangi. Agar tekstur resep ayam serundeng ini renyah dan tidak basah, goreng ayam dan kelapa parut pada minyak yang sudah panas.

5. Resep semur ayam kecap

Hasil masak resep semur ayam kecap disajikan dalam mangkuk.

Bumbu resep semur ayam berkuah ini memakai kecap manis dan diimbangi dengan rempah-rempah yang beragam. Teknik memasaknya harus dengan api kecil agar terjaga tidak sampai mendidih. Dengan demikian, semua rempah dan bumbu akan meresap ke dalam ayam dan menjadikan hidangan ini terasa manis, legit, sekaligus gurih.

Bagaimana dengan aneka kreasi masakan ayam kampung tadi? Menarik untuk dicoba, kan? Nah, jika ingin mencoba resep olahan nasi khas Nusantara lainnya, pastikan kamu cek Instagram Masak Apa Hari Ini. Kamu bisa dapatkan resep maupun inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Terakhir, kamu juga bisa meninggalkan pesan ataupun komentar bila ingin menanyakan segala macam hal mengenai masak memasak. Tentunya, kamu juga bisa request resep favoritmu untuk tayang di channel YouTube MAHI.

Jadi pastikan agar jangan ketinggalan banyak informasi kuliner menarik dari Masak Apa Hari Ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.