Jenis Masakan


Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa, Masakan Rumahan yang Praktis Dibuat

Simpan ke bagian favorit

Untukmu yang sedang mencari menu rumahan yang praktis dan lezat, resep ayam goreng surundeng bisa jadi pilihan tepat. Resep berikut cukup mudah diikuti, termasuk oleh pemula. Yuk, kita coba!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Mei 25, 2020

Punya stok ayam di kulkas? Ada ragam masakan yang bisa dibuat menggunakan ayam, mulai dari ditumis, direbus, hingga digoreng. Salah satu menu rumahan yang jadi favoritku adalah ayam goreng serundeng kelapa. Selain punya rasa gurih yang khas, sajian ini juga cukup praktis dibuat.

Kita bisa menggunakan ayam negeri maupun ayam kampung. Keduanya punya ciri khas rasa sendiri. Ayam negeri punya daging yang lebih empuk dan lebih cepat matang. Sedangkan ayam kampung punya rasa yang lebih gurih dengan tekstur daging yang lebih padat.

Ciri khas dari ayam goreng serundeng tentunya adalah remahan kelapa parut yang garing. Tambahan air kelapa serta parutannya juga yang memberikan ekstra gurih pada ayam. Inilah yang menjadikan aromanya lebih wangi. Agar tekstur serundeng renyah dan tidak basah, goreng ayam dan kelapa parut pada minyak yang sudah panas.

Kamu juga bisa mendapatkan rasa ayam goreng serundeng kelapa yang lebih spesial dengan menggunakan Royco Nasi Goreng Soto. Dengan 100% rempah alami, bumbu siap pakai ini memberikan cita rasa yang lezat. Cara membuatnya pun jadi lebih praktis, karena kamu tidak perlu menumbuk banyak bumbu.

Yuk, kita coba resepnya berikut ini! Hidangkan ayam goreng surundeng dengan aneka tumisan sayur dan Saus Sambal Jawara Hot.

Bahan-bahan

Satu sachet Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Soto.
Yang diperlukan:
Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Soto
Beli online

Bahan

  • 1 ekor ayam, buang kulitnya, potong 8 bagian
  • 250 ml air kelapa
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 6 cm lengkuas, parut
  • minyak, untuk menggoreng

Bumbu Halus

  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dengan air panas

Surundeng

Cara membuat

1

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging ayam, air kelapa, daun salam, serai, lengkuas parut, dan Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Soto. Aduk rata.

2

Masak hingga daging ayam berubah warna. Masukkan semua bahan serundeng, aduk rata. Masak di atas api kecil sambil ditutup hingga daging ayam matang. Aduk atau balikkan daging ayam sesekali agar matang merata. Angkat dan sisihkan.

3

Panaskan minyak, goreng daging ayam beserta serundengnya hingga matang dan kecokelatan. Angkat. Sajikan dengan cocolan Saus Sambal Jawara Hot.

Demikian resep mudah yang bisa kamu coba. Hidangkan ayam goreng serundeng selagi hangat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.