Selain Mie Titi, Inilah Beragam Hidangan Kebanggaan Orang Sulawesi Selatan

Simpan ke bagian favorit

Wina|November 15, 2018

Kalau kamu suka ifu mie, mie titi pasti akan jadi hidangan favorit berikutnya. Sebagai masakan mie paling populer dari kota Makassar, hidangan ini berupa mi kering dan tipis disiram dengan kuah daging dan sayuran kental. Yang menjadi pembedanya adalah ukuran mie titi yang lebih tipis dan bentuknya lebih lurus ketimbang mie yang digunakan untuk ifu mie.

selain mie titi, orang makassar makan dengan menggunakan buras
Buras adalah pengganti nasi untuk berbagai hidangan di kota ini. (Foto: MAHI)

Kota dengan Pantai Losari ini begitu kaya dengan masakan daging dan hasil laut. Jajanannya pun banyak pilihan, seperti jalangkote, es pisang hijau, cucur, dan lain-lain. Untuk masakan daging, provinsi asal suku Bugis ini banyak terkenal gemar menggunakan rempah-rempah aromatik dan juga kerap menyertakan jeroan dalam masakannya.

Berikut adalah beberapa masakan khas Makassar selain mie titi yang juga kamu perlu ketahui:

Sup Konro

Iga sapi atau back ribs merupakan bahan utama pembuat sup konro. Dalam bahasa Makassar, konro berarti tulang. Letak kelezatan sup konro adalah saat lidah menyesap dan menikmati daging yang empuk dan berbumbu dari tulang iga. Kalau kamu pernah menyambangi restoran yang menyajikan sup iga ini, kamu akan diberikan pilihan di antara versi tulang iga dalam sup atau iga dibakar. Yang terakhir ini tentunya disajikan juga bersama kuah sup.

sop konro adalah makanan kesukaan orang Makassar lainnya selain mie titi
Menu legendaris khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan. (Foto: MAHI)

Pallubasa

Inilah masakan yang dulunya hanya dikonsumsi oleh para raja. Sekilas nampak mirip seperti coto, namun kuah pallubasa terasa lebih kental dan tampak lebih gelap. Sajian berkuah ini biasanya dibuat dari daging dan jeroan sapi atau kerbau. Yang jadi ciri khas pallubasa adalah komposisi kelapa sangrai halus yang membuat kuahnya lebih gelap, kental, dan juga menjadi lebih sedap. Ingin tahu agar menyantap pallubasa bisa lebih lezat lagi? Aduk bersama kuning telur!

Pallumara

Selain masakan berbahan daging, kota Makassar yang berada di pesisir ini juga kaya akan hidangan boga bahari. Kalau kamu berkesempatan mengunjungi pasar ikan di sana, pasti kamu akan terpesona dengan ikan laut yang besar-besar dan segar. Pallumara rupanya mirip sekali dengan pindang ikan berbumbu kuning – cita rasanya gurih, segar, dan berbumbu. Ikan yang digunakan dalam masakan ini adalah ikan kakap, meski begitu kamu juga bisa menggunakan ikan laut jenis lainnya.

Coto Makassar

Semangkuk coto atau soto disajikan dalam mangkuk kecil mengingatkanku pada soto Kudus. Bedanya, soto Kudus adalah soto ayam dengan rasa kuah yang ‘enteng’. Sementara coto Makassar diracik dari jeroan dan daging sapi sehingga menghasilkan kuah soto yang kental dan berwarna keruh. Warna kuah seperti ini diperoleh dari paduan bumbu halus, kluwek, dan rempah-rempah.

Alih-alih disajikan dengan nasi, coto Makassar justru lebih tepat disantap bersama ketupat atau buras. Di Makassar, ketupat disajikan terpisah sehingga pembeli bebas mengambil sesuai porsi mereka.

selain mie titi, ada coto makassar yang sangat terkenal
Gurih, berempah, dan penuh daging. Itulah serunya masakan-masakan khas Makassar seperti coto yang satu ini! (Foto: MAHI)

Pisang Epe

Saat berjalan sore di sepanjang Pantai Losari, kamu akan dengan mudahnya menemukan gerobak pisang epe. Camilan manis ini merupakan pisang yang dipanggang atau dibakar dengan margarin hingga kecokelatan. Saat sudah matang, pisang kemudian disajikan dengan saus kinca atau saus gula merah yang sangat kental. Yang juga unik adalah rasa manis pahit plus legit dari gula merah khas Sulawesi. Mantap!

Nah, jadi penasaran kan dengan cita rasa kuliner ibu kota Sulawesi Selatan ini? Sebelum berkunjung ke sana, mungkin kamu bisa coba membuat resep Sup Konro yang cocok dijadikan teman musim hujan ini.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.