Macam-Macam Sayuran Wajib Para Penggiat Vegan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 1, 2018

Menyambut Hari Vegan Sedunia, pastinya banyak dari kita yang ingin tahu mengenai macam-macam sayuran yang layak masuk daftar belanjaan sehari-hari. Tentunya ini terlepas dari apakah kita menganut dietnya atau tidak. Namun bagi para penggiat vegan ataupun vegetarian, jelas wajib menjadi yang terdepan dalam mengetahui jenis-jenis sayur apa saja yang memiliki kadar nutrisi tertinggi dan serta berbagai olahan terbaiknya.

Beli sayuran sesuai peruntukannya

Umumnya sayuran segar dapat dimanfaatkan langsung pada resep salad, sandwich, ataupun sebagai makanan yang dicocol dengan saus. Untuk yang bisa tersaji segar ataupun dimasak; pilihlah contohnya seperti brokoli, wortel, seledri, kembang kol, ketimun, tomat, paprika, dan alpukat.

macam-macam sayuran dalam salad
Berkenalanlah bermacam-macam sayuran kekinian yang lezat dijadikan salad. (Foto: Shutterstock)

Namun khusus untuk yang sebaiknya dimasak adalah zucchini, jamur, squash, asparagus, maupun bawang putih. Lain halnya dengan kale – superfood kenamaan di era kekinian, sayur jenis ini bisa tersaji segar ataupun dimasak terlebih dahulu.

Bicara soal salad, kita bisa memanfaatkan yang terbaik dari kale muda, bayam muda, selada romaine, serta lettuce. Manfaatkan juga paketan macam-macam sayuran di supermarket yang khusus ditujukan untuk membuat hidangan sehat ini. Tambahkan lagi sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam ataupun brokoli, karena yang berjenis ini digadang-gadang sebagai yang tersehat di dunia. Tingkat nutrisi per kalorinya begitu tinggi dan membantu mencegah berbagai penyakit serta memperkuat kinerja tubuh kita.

Nah, yang perlu diingat dari sayuran segar tentunya adalah cara penyimpannya. Simak artikel Cara Menyimpan Sayur agar Segar Lebih Lama untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Nutrisi tinggi sayuran beku

Sementara itu, beberapa jenis sayuran segar maupun beku dapat pula ditumis, dikukus, hingga dipanggang. Sayuran beku terkenal karena fleksibilitasnya, khususnya karena kita tidak perlu takut urusan kadaluarsa. Kadang mengejutkannya, sayuran beku dinilai lebih bernutrisi karena proses pembekuan dilakukan pada saat kondisi sayuran sedang matang-matangnya.

menumis macam-macam sayuran beku
Sayuran beku ternyata memiliki nutrisi yang baik. (Foto: Shutterstock)

Beberapa contoh sayuran beku yang wajib masuk daftar belanjaan adalah brokoli, asparagus, bayam, kembang kol, ataupun edamame. Manfaatkan juga paketan sayuran beku campur seperti wortel, jagung, dan kacang polong untuk ditumis maupun dikukus.

Alternatif sehat lainnya

Selain macam-macam sayuran ini, para penggiat vegan ataupun vegetarian tentu perlu mengenali jenis-jenis bahan makanan sehat lainnya. Mulai misalnya dari buah-buahan seperti pisang atau kurma yang penuh energi dan bernutrisi tinggi. Buah-buahan jenis lainnya bisa juga dicampur bersama oatmeal ataupun dibuat menjadi smoothie.

Bicara soal oatmeal, berbagai macam serealia kini tersedia di pasar dan ribuan cara mengolahnya menjadikan makanan sehat ini semakin menarik setiap harinya. Padankanlah dengan kacang-kacangan seperti almond ataupun pistachio. Jadikanlah lebih nikmat dengan pemanis alami seperti gula palem, sirup kurma, dan lain-lainnya. Jangan lupa juga manfaatkan susu yang terbuat dari kacang-kacangan.

Lengkap sudah gaya hidup sehat kita di zaman now ini. Sekarang, menjadi vegan ataupun vegetarian serta penganut jenis diet lainnya menjadi semakin mudah karena ketersediaan bahan-bahan ini. Selebihnya, tinggal niat dan usaha kita untuk memulai dan menjalankannya. Yuk, kita mulai hidup yang lebih sehat bersama-sama!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.