5 Cara Mengolah Ayam yang Sangat Populer

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|September 20, 2018

Daging ayam adalah salah satu jenis lauk pauk yang sangat populer di Indonesia. Daging ayam menjadi hidangan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari pesisir. Selain sangat mudah disukai karena cenderung tak berbau, cara mengolah ayam juga mudah dan fleksibel untuk dijadikan bermacam-macam hidangan. Selain tentu juga karena harganya yang lebih terjangkau.

Ingin tahu apa saja teknik mengolah ayam yang mudah dan populer? Berikut di antaranya.

Goreng

Metode ini merupakan yang terpopuler dari semua jenis hidangan ayam. Misalnya saja ayam geprek, ayam goreng lengkuas, ayam goreng kalasan, atau ayam bacem. Ada tips yang wajib kamu ingat sebelum mempraktikkan memasak ayam goreng agar lebih sedap, yaitu kamu harus membiarkan bumbu meresap pada daging.

Misalnya untuk masakan ayam goreng lengkuas, ayam goreng kalasan, atau ayam goreng bumbu kuning; biasanya daging ayam diungkep dengan bumbunya terlebih dahulu lalu didiamkan selama beberapa jam agar lebih meresap. Lebih baik lagi jika kamu mendiamkan ayam yang sudah diungkep ke dalam kulkas selama semalaman.

cara mengolah ayam
Bumbui tepung terigu dengan Royco Kaldu Ayam agar lebih nikmat. (Foto: Shutterstock)

Kukus

Pepes ayam adalah salah satu metoda memasak ayam dengan dikukus dan sangat populer. Selain itu di beberapa daerah, garang asem juga diolah dengan cara dikukus selain direbus. Agar daging ayam terasa lebih wangi dan sedap, gunakan daun pisang untuk mengukus dan sertakan bumbu dapur seperti serai, daun salam, atau lengkuas sebelum membungkus daging ayam.

cara mengolah ayam
Gunakan daun pisang agar hasil akhir pepes ayam harum. (Foto: Shutterstcok)

Bakar

Siapa yang bisa menolak satai ayam dan ayam bakar yang aroma smokey-nya sangat menggugah selera? Kelezatan daging ayam yang dibakar memang tak tergantikan. Untuk daging ayam potongan atau utuh yang dibakar seperti ayam bekakak atau ayam bakar bumbu rujak, lebih sedap jika ayam dimasak dulu dengan bumbu hingga meresap lalu diselesaikan di atas bara api.

Sama halnya seperti ayam goreng, kamu wajib mengistirahatkan daging ayam dan bumbu selama beberapa jam atau semalaman. Jangan lupa juga untuk mengolesi bumbu ayam selagi dalam proses membakar agar rasa dagingnya lebih medok.

cara mengolah ayam
Jika tak ingin memasak di atas bara api, kamu juga bisa, kok menggunakan grill pan. (Foto: Shutterstock)

Stew

Cara mengolah ayam ini adalah dengan dimasak di atas api kecil dalam waktu cukup lama agar bumbunya meresap dan tekstur daging empuk. Contoh masakan daging ayam yang menggunakan teknik stew adalah semur, rendang, gulai, dan kari. Biasanya masakan daging dengan bumbu ini menggunakan santan atau dengan bumbu yang pekat.

cara mengolah ayam
Ciri khas gulai ayam khas Sumatera Barat adalah tanpa kulit. (Foto: Shutterstock)

Rebus

Cara mengolah ayam yang satu ini sangat umum untuk masakan seperti sup, soto, pindang, atau garang asem. Yang tidak pernah ketinggalan untuk masakan daging ayam yang direbus adalah penggunaan bumbu dan rempah seperti daun salam, serai, lengkuas, atau daun jeruk untuk memberi cita rasa kuah yang lezat dan aromatik.

cara mengolah ayam
Lebih sedap lagi kalau kamu pilih ayam kampung untuk soto ayam. (Foto: Shutterstock)
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.