Apakah Tenderloin Beef Itu? Para Penikmat Steak Wajib Mengetahui Ini

Chef Panji|September 26, 2018

Sebagai penggemar steak, kamu pasti tak asing lagi dengan tenderloin beef. Nah, apakah tenderloin beef itu?

Tenderloin atau dalam versi lokal disebut daging has dalam adalah bagian daging yang berasal dari punggung sapi. Karena terletak di bagian tubuh sapi yang jarang digerakkan, tekstur daging sapi bagian has dalam lebih empuk dibanding yang lain. Makanya para juru masak akan lebih sering menggunakan bagian daging ini untuk masakan yang praktis dan hanya membutuhkan waktu sedikit untuk proses pemasakannya. Misalnya seperti steak, tumisan, ataupun menu grill.

Meski bertekstur empuk, kamu wajib memperhatikan proses memasak tenderloin beef agar tekstur dan faktor juicy dari daging ini tidak rusak karena pengolahan yang kurang tepat.

tenderloin beef
Agar lebih kenyang, sajikan steak bersama sayuran grill. (Foto: Shutterstock)

Berikut adalah tips dan trik memasak steak menggunakan tenderloin beef:

  1. Saat akan membumbui daging dan mengolahnya, pastikan daging berada dalam suhu ruang agar proses pematangan optimal dan tekstur empuk serta sisi juicy-nya tidak hilang. Kemudian kecilkan suhu agar daging matang merata. Masak sekitar 1-2 menit di setiap permukaan daging.
  2. Pastikan wajan datar atau grill pan benar-benar panas saat akan memasak daging. Suhu wajan yang panas akan mengunci serat daging dan mempertahankan sari daging di dalamnya. Inilah cara paling tepat agar daging tidak kering saat matang.
  3. Masak daging sapi sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Pilih tingkat kematangan medium supaya cita rasa manisnya daging masih terasa.
  4. Untuk memasak steak, bumbui daging secara minimalis. Misalnya hanya dengan menggunakan garam, merica, dan herba seperti thyme atau rosemary agar rasa daging tetap dominan.
  5. Kamu juga bisa menggunakan lemak sapi sebagai pengganti minyak. Dengan begitu rasa permukaan daging akan terasa lebih gurih.
tenderloin beef
Tenderloin beef juga bisa kamu jadikan inspirasi bekal praktis. (Foto: Shutterstock)

Selain steak, daging sapi has dalam juga sedap dimasak dengan cara ditumis. Karena waktu memasak yang singkat, kamu dapat memarinasi atau melumuri daging dengan bumbu perendam agar daging terasa lebih berbumbu. Misalnya untuk masakan teriyaki, yakiniku, tumis daging kecap, atau tumis daging asam manis. Sebagai inspirasi, kamu bisa mengintip resep-resep daging yang Tim MAHI kumpulkan.

Yuk, masak bekal sendiri dengan tenderloin beef!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.