5 Makanan yang Mengandung Lemak Baik Untuk Kesehatan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Agustus 2, 2018

Kata “lemak” masih saja dikaitkan sepenuhnya dengan hal-hal yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Padahal lemak juga memiliki manfaat tersendiri. Banyak pilihan makanan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan. Berikut aku bagi beberapa makanan yang mengandung lemak baik dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Keju

makanan yang mengandung lemak
Hidup sehat dengan mengonsumsi keju! (Foto: Shutterstock)

Makanan yang satu ini hampir selalu jadi primadona para foodie di kota besar. Mulai dari ayam goreng sampai mie, langsung laris manis saat diberi topping lelehan keju. Keju adalah makanan olahan dari susu yang sangat bergizi. Masuk akal sih, mengingat diperlukan satu cangkir penuh susu untuk membuat satu iris keju murni. Keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium. Keju, seperti produk susu berlemak tinggi lainnya, juga mengandung asam lemak yang memiliki berbagai macam manfaat. Salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Cara seru menyantap keju:

Salah satu jenis keju yang paling sehat adalah keju feta. Keju asal Yunani ini aslinya terbuat dari susu domba, meskipun saat ini kamu bisa menemukan varietas lain yang terbuat dari susu kambing atau campuran dari susu domba dan kambing. Keju feta sudah ada sejak berabad-abad lamanya dan hampir semua masakan Yunani menggunakan keju feta sebagai bahan dasarnya.

Keju feta mempunyai tekstur yang mudah hancur, karakteristik ini membuatnya cocok disajikan bersama salad dan menjadi alternatif pengganti mozzarella pada pizza dan roti.

2. Telur

Telur sering dianggap sebagai biang kerok kolesterol karena kuning telurnya. Pada kenyataannya, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. Asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebih, kita masih bisa kok sarapan telur setiap hari. Menurut para ahli gizi, telur sarat akan vitamin dan mineral. Satu butir telur memiliki hampir semua nutrisi yang kita butuhkan. Selain lezat, telur adalah protein yang akrab dengan budget semua orang. Inilah contoh tepat makanan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan.

Cara seru menyantap telur:

Pusing dengan berat badan yang terus merayap naik setiap bulannya? Kamu bisa mengganti karbo dengan telur. Sebagai contoh untuk makan siang, makanlah salad bersama potongan telur dan tempe untuk mengganti karbo. Jika punya budget lebih, belilah telur omega 3 dan santap satu butir sehari untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

3. Kacang

makanan yang mengandung lemak
Begitu banyak jenis kacang yang cocok dipadukan dengan berbagai macam masakan. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang mengandung lemak sehat berikutnya adalah kacang. Tidak hanya itu, kacang juga memiliki serat yang berlimpah dan sumber protein nabati utama bagi para vegetarian. Kacang jadi penyebab jerawatan? Penyebab jerawat sebagian besar adalah hormon, jadi tidak benar adanya kalau kacang menyebabkan jerawat atau bikin berat badan melunjak drastis. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah dari berbagai penyakit.

Cara seru menikmati kacang:

Jenis kacang terbaik untuk kamu adalah almond, pistachio, walnut, ataupun kacang tanah. Sebagai sarapan, kamu bisa menaburkan kacang pada bubur oatmeal atau menyantap roti gandum bersama satu sendok makan mentega yang terbuat dari kacang almond.

4. Ikan

Salah satu produk hewani yang dikenal sehat adalah ikan. Ingin lebih sehat lagi? Pilih ikan tinggi lemak seperti salmon, trout, mackerel, atau sarden. Selain dagingnya lebih gurih, lemak yang terdapat pada ikan-ikan ini adalah jenis lemak omega 3 yang baik untuk jantung kamu. Untuk menyesuaikan dengan budget, tentu pas bila setidaknya menyiapkan menu ikan sekali seminggu.

Cara seru menyantap ikan:

Semakin segar ikan, semakin mudah mengolahnya. Kamu bisa mengoreng dengan sedikit minyak atau mengukusnya setelah dibaluri dengan berbagai bumbu. Untuk yang punya budget minimal, kamu bisa menggunakan ikan salmon atau mackerel sebagai topping. Contohnya adalah bubur dengan suwiran ikan salmon di atasnya.

5. Alpukat

makanan yang mengandung lemak
Satu jenis buah yang ternyata banyak manfaatnya! (Foto: Shutterstock)

Alpukat adalah makanan tinggi lemak, bahkan 77% kalori di dalam alpukat berasal dari lemak. Meskipun tinggi lemak, jangan lantas mencap alpukat sebagai makanan tidak sehat! Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleic – sebuah asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh. Tidak hanya lemak, alpukat juga sarat akan kalium dan vitamin esensial. Kamu dapat mengonsumsi alpukat setiap hari selama porsinya tidak melebihi asupan kalori harian yang disarankan.

Cara seru menyantap alpukat:

Ingin sarapan yang lebih bergizi? Coba tambahkan alpukat ke dalam ritual sarapan kamu. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan potongan alpukat ke dalam telur orak arik kamu atau menjadikan buahnya sebagai isian di dalam roti lapis lezat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.