Resep Lasagna Keju Spesial untuk Weekend - MAHI
Hasil dari resep lasagna keju di piring putih

Resep Lasagna Keju Spesial untuk Hidangan Mewah di Akhir Pekan

Resep lasagna panggang dengan saus keju spesial. Praktis membuatnya di rumah, anti-gagal, dan bisa meramaikan meja makanmu di akhir pekan!
Hasil dari resep lasagna keju di piring putih
Silmia | Okt 06, 2022

Resep lasagna panggang anti-gagal ini jadi pilihan wajib untuk kamu coba di rumah sebagai menu spesial saat akhir pekan bareng keluarga. Selain praktis cara membuatnya, resep ini juga menawarkan rasa spesial yang bakal bikin kamu ketagihan menyantapnya.

Cerita Tentang Lasagna

Lasagna adalah kudapan jenis pasta yang tersohor sebagai menu mewah yang enak dan mengenyangkan. Sejarah menyebutkan, konsep hidangan serupa lasagna sudah menjadi santapan masyarakat sejak masa Romawi Kuno. Dari segi nama, lasagna diambil dari kata lasanum yang berarti panci yang diyakini menunjukkan proses pembuatannya di dalam panci atau pinggan menyerupai panci. Dari segi rasa, lasagna menawarkan rasa manis, asam, dan gurih sekaligus. Ketiga rasa tersebut berasal dari bahan-bahan utama lasagna seperti tomat, wortel, daging sapi, jamur, dan keju. Dalam perkembangannya, sah-sah saja jika kamu memodifikasi isian lasagna sesuai dengan selera. Namun, tomat dan keju adalah dua bahan yang wajib digunakan dalam membuat lasagna.

Untuk resep kali ini, saus kejunya lebih praktis dengan campuran Royco Kaldu Ayam, margarin, dan kombinasi keju cheddar dan keju parmesan. Olah sup krim sesuai petunjuk di kemasan. Kemudian tambahkan keju cheddar dan keju parmesan, aduk hingga tercampur rata. Saus keju pun siap disendokkan ke lapisan lasagna sebelum dipanggang.

Resep Pasta Lainnya

Pasta dikenal sebagai makanan yang fleksibel disajikan kapanpun dan untuk berbagai kegiatan. Misalnya saja spaghetti aglio olio yang tak hanya pas dinikmati saat sedang sendiri, namun juga dihidangkan saat kumpul keluarga ataupun ada yang bertamu. Kasual sekaligus formal, itulah kelebihan dari pasta. Namun menariknya, resep pasta yang dipanggang dan membutuhkan sedikit usaha ekstra seperti resep lasagna hari ini ataupun resep macaroni schotel jelas punya nilai bonus saat disajikan untuk acara yang lebih formal. Selain itu, kedua resep ini juga adalah ide yang tepat untuk dijadikan sebagai makanan hantaran.

Jadi, Masak Apa Hari Ini punya resep pasta apa lagi, ya? Tenang, ada resep spaghetti carbonara yang bisa kamu dalami tekniknya agar telurnya tidak matang dan hasilnya bikin ngiler. Kemudian ada juga resep-resep fusion seperti spaghetti rendang, spaghetti tom yum, ataupun spaghetti opor. Semuanya menanti untuk kamu coba, tapi hari ini, resep lasagna lezat ini dulu, yuk!

Bahan

4
Porsi
200
g pasta lasagna kering
150
g keju mozzarella, parut
1
sdm minyak
Air, untuk merebus

Isi

100
g wortel, potong dadu kecil 0,5 cm
100
g jamur kancing, cincang kasar
300
g daging ayam giling
80
g bayam, blansir, peras airnya
3
buah tomat, blansir, haluskan
4
sdm bawang bombay
3
siung bawang putih, cincang
1
sdt oregano
1
sdt merica hitam bubuk
1
sdt gula pasir
2
sdm mentega, untuk menumis

Saus creamy

600
ml susu cair rendah lemak
150
g keju cheddar, parut
3
sdm mentega tawar
3
sdm tepung terigu
1
sdt garam
½
sdt pala bubuk
½
sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Isi: Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan daging ayam giling, wortel dan jamur, aduk hingga setengah matang.

2

Tambahkan tomat, masak hingga semua bahan matang. Masukkan sisa semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam Spesial. Aduk hingga rata. Angkat. Sisihkan.

3

Saus creamy: Lelehkan mentega, masukkan tepung sambil diaduk hingga tercampur rata. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga mengental.

4

Tambahkan sisa semua bahan, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat. Sisihkan.

5

Panaskan oven pada suhu 185° C. Sisihkan.

6

Didihkan air, masukkan lembaran lasagna dan minyak. Rebus hingga lunak atau hampir matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

7

Siapkan pinggan tahan panas persegi atau wadah aluminium foil seukuran lembaran lasagna.

8

Sendokkan saus creamy ke dalam pinggan. Lapisi dengan lembaran lasagna. Beri bahan isi tumis daging dan bayam ke atasnya, ratakan. Siram kembali dengan sedikit saus creamy dan keju mozzarella. Lapisi kembali dengan urutan lembaran lasagna, isi, saus creamy, dan keju mozzarella. Akhiri dengan lembaran lasagna, saus creamy, dan keju mozzarella.

9

Panggang dalam oven panas hingga matang selama 15 menit. Keluarkan. Sajikan.