5 Alat Dapur Penting untuk Membuat Kue Lebaran - MAHI

5 Alat Dapur yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Kue Lebaran

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Maret 31, 2022

Ada satu hal yang tak bisa dilewatkan saat berkumpul bersama keluarga di momen lebaran. Sembari silaturahmi dengan keluarga terdekat, pastinya akan terasa lengkap dengan kue-kue lebaran. Terbiasa membeli kue lebaran di bakery atau online shop karena lebih praktis? Kini saatnya kamu men-challenge diri kamu untuk membuat kue lebaran sendiri mengingat bahan-bahan dan alat dapur semakin mudah untuk dicari dengan harga terjangkau. Pengalaman di dapur pasti akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Nah, pastinya semakin besar keinginan untuk membuat kue Lebaran sendiri yang tak kalah enaknya, kan?

Jika kamu sudah terpikir untuk membuat kue lebaran sendiri, lebih baik segera saja dimulai, tak perlu menunggu lama. Kebetulan masih ada beberapa hari lagi menuju Hari Kemenangan. Di tengah kesibukan beribadah saat Ramadan, ngabuburit kini menjadi momen emas untuk berkreasi di dapur, dari urusan sahur, buka puasa, sampai membuat kue Lebaran.

Apa saja sih alat dapur yang wajib dan opsional untuk kamu investasikan tahun ini? Yuk, simak daftarnya berikut!

1. Oven

Tidak bisa tidak, alat masak yang satu ini wajib dimiliki. Hampir semua kue Lebaran harus menjalani proses pemanggangan sehingga kehadiran oven sangat menentukan. Hanya saja kamu juga perlu menakar banyak hal saat akan memutuskan untuk membeli oven. Dari bujet, kesiapan dapur, hingga seberapa sering kamu akan membuat kue. Untuk kamu yang biasanya hanya membuat kue setahun sekali, mungkin akan lebih baik untuk membeli oven yang lebih murah. Beda misalnya dengan yang hobi memanggang kuenya sudah mendarah daging, maka oven freestanding yang lebih mahal akan menjadi investasi yang cukup penting.

Oven juga bisa menggunakan berbagai sumber energi, dari gas hingga listrik. Oven tradisional tanpa pengaturan suhu hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan tenaga api dari kompor gas. Pilihan ini lebih murah, hanya saja lebih menantang penggunaannya. Kamu harus tahu persis berapa suhu yang harus dicapai sebelum mulai memanggang. Sementara saat proses pemanggangan, kamu juga harus sering melihat kondisinya agar tidak sampai gosong. Lain halnya dengan oven modern dengan fitur multifungsi, dimana kamu bisa mengontrol suhu lebih mudah, bahkan bisa dioperasikan melalui wi-fi!

2. Mikser

Alat dapur standing mixer.
Standing mixer rumahan belakangan menjadi favorit di Indonesia sebagai alat penting dalam proses baking. (Foto: Shutterstock)

Teknologi mikser sudah meningkat pesat beberapa tahun ini dan semakin banyak pilihannya. Meskipun ada saja resep kue tanpa mikser yang bisa kamu coba, tapi mikser penting untuk dimiliki. Bila bujet terbatas, kamu bisa memilih jenis handheld mixer yang biasanya sudah dilengkapi mangkuk pengaduk. Sementara itu untuk yang hobi bikin roti atau kue, mungkin sebaiknya memilih jenis standing mixer yang terdiri dari kapasitas sehari-hari ataupun heavy dutyKelebihan jenis standing mixer adalah sisi praktisnya karena kamu tidak perlu mengaduk secara manual. Untuk versi lebih mahal biasanya lebih merata dan maksimal hasil adukannya.

3. Loyang

Alat ketiga yang paling penting dalam urusan panggang memanggang kue adalah loyang. Semua adonan kue disusun sesuai ukurannya di atas loyang dan kemudian siap untuk dipanggang. Loyang juga membantu sebagai tempat persiapan seperti saat mengoles adonan ataupun membubuhi dengan topping. Saat ini, kamu bisa memilih loyang secara satuan atau set dan bisa dibeli secara online. Kembali merujuk pada kebutuhan kamu, loyang dapat dipilih sesuai ukuran dan bentuk kue yang akan kamu produksi di dapur.

4. Kantung segitiga dan spuit

Meskipun terlihat simpel, kantung segitiga punya keberadaan penting dalam dunia pastry. Tugasnya adalah menyalurkan adonan kue menjadi bentuk yang diinginkan di atas loyang. Bila ingin membentuknya secara khusus, maka kamu memerlukan yang namanya spuit. Moncong logam ini memiliki beberapa bentukan dan cukup ditempelkan pada ujung kantung segitiga untuk digunakan. Selain lebih mudah untuk dinikmati selepas dipanggang, bentukan kue juga menjadi lebih estetik.

5. Alat dapur penting lainnya

Aneka alat dapur untuk memanggang.
Begitu banyak jenis alat dapur untuk kegiatan memanggang yang bisa kamu koleksi. (Foto: Shutterstock)

Alat-alat yang berikut ini juga memegang peranan penting dalam kegiatan kamu memasuki dunia baking di dapur. Misalnya seperti alat timbang bahan, mangkuk adonan, spatula, ataupun beberapa jenis whisk. Begitupun dengan ayakan tepung serta cetakan adonan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Contohnya kamu bisa membentuk kue putri salju seperti bulan sabit dan lain-lain.

Dari sini, kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu diinvestasikan demi kreasi kue Lebaran yang akan membuat keluarga jadi bangga. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kemampuan, bujet, serta kondisi dapurmu. Bila kamu menyukai dunia baking, maka seiring berjalannya waktu, koleksi alat dapur kamu akan semakin lengkap dan bervariasi. Selamat belanja!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.