Selamat Hari Ibu! Yuk, Masak 9 Resep Warisan Rumahan Berikut!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|November 25, 2020

Selamat Hari Ibu! Satu hari istimewa yang bisa kita dedikasikan khusus untuk menghargai jasa-jasa sang ibu. Betapa panjang perjuangan hidup beliau dalam membesarkan dan merawat kita, hingga sekarang kita bisa menggapai cita-cita yang begitu tinggi.

Bagaimana kalau kita menyiapkan hidangan warisan yang selama ini ibu masakkan untuk kita? Tentunya beliau akan terkejut karena kebolehan kita yang selama ini diam-diam sudah menguasainya. Untuk yang satu ini, tentunya tak perlu menunggu setahun sekali saja. Setelah menyiapkan kejutan di Hari Ibu nanti, alangkah baiknya bila kita selalu memberikan kejutan bagi sang ibu dari waktu ke waktu.

Nah, apa saja sih kira-kira resep-resep historis yang ada di benak kita? Mungkin sembilan resep berikut bisa memberikanmu inspirasi. Simak apa saja, yuk!

Camilan di kala sore hari

Masih ingat mungkin sang ibu menyiapkan camilan kesukaan kita di sore hari saat kecil. Setelah selesai mengerjakan PR di siang hari ataupun sepulang bermain dengan tetangga sebaya, tetiba sang ibu memanggil. “Ayo mandi dulu. Setelah itu, kita ngemil bareng, yuk!”, begitu tuturnya dengan lembut. Momen-momen itulah yang paling dinanti setelah seharian penuh lelah belajar dan bermain.

Dari hangatnya Makaroni Kukus yang baru saja dibuat ibu di dapur, ataupun renyahnya Bakwan Sayur dengan cocolan bumbu kacang serta sambal. Teh hangat adalah teman setia yang mendampingi juga saat menyantapnya di ruang tengah bersama anggota keluarga lainnya. Kalau sedang ada momen istimewa, ibu biasanya membuatkan juga yang spesial. Ya, apa lagi kalau bukan resep Bitterballen?

Makanan penyembuh kala sakit

Mungkin teringat waktu kita pernah sakit selagi kecil. Bahkan hingga dewasa, kita saja mungkin terkadang masih begitu pemilih soal makanan. Maklum, ketika sakit rasanya makan apapun kurang berselera. Bisa jadi teringat hanya masakan ibu saja yang benar-benar bisa kita nikmati.

Menu-menu ringan dan menghangatkan seperti Sup Jamur ataupun Bubur Merah Putih selalu saja sukses menggoda selera makan di kala sakit. Tapi kalau mau nutrisinya lebih lengkap, selalu ada resep Sapo Tahu Tiga Jamur yang tampil begitu berwarna, hangat, dan menjadikan siapapun bersantap penuh selera!

Masakan klasik penuh nostalgia

Meskipun sekarang mungkin saja kita sudah tidak tinggal lagi bersama ibu, akan selalu kangen rasanya dengan masakan rumahan dulu. Biasanya kita pasti request minta dimasakkan hidangan tertentu saat pulang kampung. Sekarang justru waktu tepat agar kita yang membuatkan makanan nostalgia untuk ibu tercinta.

Kalau orang Indonesia sih biasanya paling nostalgia dengan masakan-masakan seperti Semur Ayam, Ayam Kecap, ataupun Kering Kentang. Bagaimana dengan kamu? Kalau ya, siapkan hangat sambil ucapkan Selamat Hari Ibu kepada beliau.

Dessert favorit waktu kecil

Terakhir tentunya adalah aneka makanan manis buatan sang ibu. Momen-momen saat dahulu ada pesta ataupun hari besar, ibu pasti membuatkan aneka dessert yang istimewa. Tidak mesti yang terlampau sulit, namun selalu berkesan di hati. Berwarna-warni dan juga kaya akan rasa.

Sebut saja Sop Buah, Es Kelapa Muda dengan jelly, ataupun sekadar Kolak Pisang saat takjil di bulan Ramadan misalnya. Semuanya meninggalkan kesan yang mendalam hingga sekarang kita beranjak dewasa.

Tak mesti mengajak pergi jalan-jalan atau restoran, mungkin kejutan terbaik bagi sang ibu di tahun ini adalah semua masakan kita untuk beliau. Yuk, siapkan yang paling istimewa dengan resep-resep dari Masak Apa Hari Ini! Selamat Hari Ibu!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.