Resep Kastengel Tanpa Mixer yang Tetap Enak dan Garing

Simpan ke bagian favorit

Ingin coba resep kastengel tapi tak ingin ribet pakai mixer? Yuk, coba yang satu ini! Tetap garing di bagian luar dengan cita rasa gurih.

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Juli 9, 2020

Ada yang unik dan beda dari resep kastengel ala MAHI ini. Adonan kue warisan kolonial Belanda ini ditambahkan Royco Kaldu Ayam sehingga membuat hasil akhirnya lebih gurih. Tentu saja hasil ini juga berkat kandungan keju edam di dalamnya yang juga memberikan sensasi rasa keju yang gurih dan tekstur yang hancur di dalam mulut.

Meski sedang tidak sedang dalam suasana menjelang Hari Raya, yuk, coba resep kue kering favorit ini! Kamu tak perlu mempunyai mixer untuk membuat adonan kastengel ini. Olesi loyang datar dengan mentega atau margarin supaya kue kering mudah lepas dan tidak lengket. Salah satu rahasia kelezatan kastengel adalah penggunaan keju edam parut. Keju ini teksturnya agak keras (termasuk ke dalam golongan semi hard cheese) dan tidak basah atau lembek. Tekstur keju ini juga memengaruhi hasil akhir tekstur adonan supaya renyah.

Yuk, belajar bikin resep kastengel ini untuk camilan di rumah. Kalau sudah ahli, kamu juga bisa menjadikan kue kering ini sebagai bingkisan untuk teman tersayang.

Bahan-bahan

  • 350 g tepung terigu protein rendah
  • 200 g margarin
  • 70 g mentega tawar
  • 1 kuning telur ayam
  • 30 g susu bubuk
  • 80 g keju cheddar, parut
  • 80 g keju edam, parut

Olesan dan taburan

  • 1 butir kuning telur
  • 50 g keju edam, parut

Cara membuat

1

Panaskan oven pada suhu 165° C. Sisihkan. Aduk Kocok margarin, mentega tawar, dan Royco Kaldu Ayam menggunakan balloon whisk hingga halus.

2

Masukkan telur dan susu bubuk, aduk hingga jadi adonan lembut. Masukkan keju parut, aduk hingga rata.

3

Masukkan tepung terigu, aduk hingga menjadi adonan kalis atau bisa dibentuk.

4

Siapkan 2 lembar plastik bening sebagai alas dan penutup untuk menggiling adonan. Letakkan selembar plastik, taruh adonan ke atasnya, lalu tutup kembali dengan plastik. Pipihkan adonan dengan rolling pin.

5

Giling hingga mencapai ketebalan 1 cm. Cetak menggunakan cetakan kastengel. Tata di atas loyang datar yang sudah diolesi tipis margarin. Beri jarak pada masing-masing kastengel.

6

Olesi permukaan kastengel dengan kuning telur dan taburi keju parut.

7

Panggang dalam oven panas hingga matang sekitar 20 menit. Keluarkan dari oven dan diamkan sesaat. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.