Tips dan Cara Membuat Risoles Anti Gagal

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 22, 2018

Sebagai pencinta risoles yang ingin membuatnya sendiri di rumah, kamu tentunya ingin tahu tips dan cara membuat risoles yang enak dan bentuknya rapi. Dalam proses pembuatannya, risoles atau risol memiliki beberapa tahap, yakni pembuatan kulit, bahan isi, membentuk atau melipat, dan tahap menyelimuti risol dengan tepung roti.

Dengan tahapan membuat risoles yang cukup banyak, makanya tak semua orang mau membuat kue basah ini di rumah. Supaya kamu percaya diri, tips dan cara membuat risoles tanpa gagal wajib kamu kuasai, yang dimulai dari tahap awal hingga selesai.

Kulit

Pastikan adonan kulit risoles benar-benar mulus tanpa adanya gumpalan tepung. Tepung terigu berprotein sedang adalah jenis tepung yang paling tepat untuk membuat risol karena adonan yang dihasilkan takkan mudah robek. Komposisi minyak atau margarin juga diperlukan seperti halnya pada adonan pancake agar adonan licin dan tidak lengket. Gunakan wajan anti lengket untuk memasak kulit risoles, panaskan di atas api kecil agar kulit matang merata dan tidak cepat gosong.

Isi

Gunakan tumisan bahan ini yang sudah tidak panas lagi untuk membentuk risol. Selain lebih mudah saat melipat, lembaran kulit juga tidak lantas mudah robek. Kamu bisa membuat risoles dengan isian ragout, tumisan sayur atau daging, atau lebih praktisnya dengan keju lembaran dan smoked beef.

Agar sukses, pahami tips dan cara membuat risoles yang benar.
Kulit yang tipis dan mulus adalah salah satu faktor penting dalam tips dan cara membuat risoles. (Foto: Shutterstock)

Lapisan garing

Lapisan tepung panir atau tepung roti pada risol biasa diterapkan untuk menambah tekstur renyah pada bagian luar serta memberi warna dan tampilan yang lebih menarik. Ada beberapa pilihan tepung panir atau roti yang bisa kamu gunakan, seperti yang bertekstur halus, kasar (dengan tambahan pewarna atau tidak), dan dengan tepung panko atau tepung panir a la Jepang. Jika tak punya tepung roti di rumah, kamu bisa menggunakan tepung beras atau cornflakes. 

Gunakan kedua tanganmu untuk melalukan proses coating atau pelapisan agar kedua tangan tidak lengket dengan tepung dan telur. Caranya, gunakan tangan kanan atau kiri untuk mencelup ke dalam telur, lalu tangan yang lain untuk melapisi dengan tepung dengan merata.

Proses menggoreng

Gunakan api sedang saat menggoreng risoles untuk mencegahnya cepat gosong atau warna terlalu gelap. Volume minyak harus banyak dan merendam risoles sepenuhnya agar warna permukaannya merata. Balikkan sesekali dan tidak terlalu sering agar tidak mudah robek atau hancur.

Jika minyak sudah terlihat berpasir atau banyak remah tepung yang tertinggal, ganti dengan minyak baru atau saring minyak. Tujuannya adalah agar remah sisa tidak menempel pada risol yang baru digoreng.

Nah, sudah tahu kan tips dan cara membuat risoles yang benar? Jadi, mulai sekarang kamu tak perlu ragu lagi membuat risoles sendiri di rumah. Selanjutnya, tinggal menikmatinya bersama keluarga.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.