Cara Masak Opor Ayam Kampung yang Empuk | MAHI

Cara Masak Opor Ayam Kampung yang Empuk Untuk Lebaran

Simpan ke bagian favorit

Valentina|April 19, 2022

Salah satu hidangan primadona yang hampir selalu jadi jodoh ketupat di Hari Raya adalah opor ayam kampung. Setiap keluarga biasanya memiliki cara masak opor ayam kampung yang unik. Tentu saja resep tersebut biasanya merupakan racikan keluarga yang turun temurun dari generasi sebelumnya. Salah satu kendala dalam memasak hidangan ayam dengan kuah santan ini adalah tekstur daging ayam yang alot atau keras meski sudah dimasak lama. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba untuk menghasilkan opor ayam yang empuk dan makin mantap saat dinikmati bersama ketupat atau lontong.

Cara Masak Opor Ayam Kampung yang Empuk dan Sedap

Sebelum bergegas ke dapur dan menyiapkan semua bahan masakan opor ayam kampung, beberapa tahap memasak ayam kampung ini wajib kamu simak agar hidangan istimewa ini lebih mantap.

  1. Pilih ayam kampung yang masih muda. Daging ayam kampung yang tua cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk empuk. Gunakan juga daging ayam kampung yang gemuk agar dagingnya lebih tebal. Daging ayam kampung muda ukurannya lebih kecil dan kulit beserta dagingnya kenyal atau tidak keras. Ayam kampung tua ukurannya lebih besar dan dagingnya keras sehingga lebih lama dimasak.
  2. Rebus ayam kampung dengan air kelapa. Kalau kebetulan mendapat daging ayam kampung yang tua, rebus terlebih dahulu dengan air kelapa. Merebus ayam kampung dengan air kelapa akan membuat daging ayam lebih cepat lunak.
  3. Rebus sebentar dalam pressure cooker atau panci presto. Rebus bersama bumbu rempah seperti serai, daun salam, atau dengan tambahan jahe di dalam panci presto. Hindari terlalu lama merebus supaya daging ayam tak lantas menjadi terlalu empuk sebelum dimasak bersama bumbu opor dan santan.
  4. Masukkan santan ketika daging sudah empuk. Baik untuk daging ayam kampung atau daging sapi, selalu tuang santan pada saat daging sudah empuk. Sesudahnya tuang santan dan masak sambil diaduk supaya santan tidak pecah.
  5. Marinasi daging ayam bersama bumbu opor. Supaya bumbu opor lebih meresap ke bagian dalam daging ayam, lumuri bumbu halus ke potongan daging ayam hingga merata. Simpan dalam wadah kedap udara, kemudian diamkan selama beberapa jam dalam kulkas. Saat akan dimasak, tumis terlebih dahulu bumbu rempah lain seperti lengkuas, daun jeruk, lengkuas, atau serai, kemudian tambahkan daging ayam yang sudah dimarinasi.

Siap mencoba resep opor ayam kampung untuk Lebaran di rumah? Hidangan daging ayam kampung berkuah santan ini bisa juga kamu jadikan sebagai hantaran Idul Fitri untuk teman atau keluarga. Jangan lupa sertakan ketupat atau lontong, ya! Supaya bebas ribet, kamu juga bisa menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu sebagai bumbu opor sedap rahasia. Yuk, praktikkan cara masak opor ayam kampung yang empuk ini untuk hari raya nanti!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.