6 Resep Ikan Salmon yang Mudah untuk Masak Akhir Pekan

6 Resep Ikan Salmon yang Mudah untuk Masak Akhir Pekan
Tim MAHI |

Sudah sering mencoba beragam resep, dari resep semur daging hingga ayam bakar? Saatnya mencoba hidangan ikan salmon! Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pencinta makanan masa kini. Ikan yang kini telah tersedia luas di pasaran semakin meroket popularitasnya. Meskipun terkenal karena penggunaannya sebagai sushi ataupun sashimi, sebetulnya ikan salmon begitu fleksibel dimasak dengan cara apapun.

Berikut adalah enam cara masak ikan salmon yang enak untuk dipraktikkan di rumah:

1. Resep honey garlic salmon

resep ikan salmon honey garlic salmon
Sisihkan setidaknya 15 menit waktu untuk merendam salmon dengan bumbu marinasi. Biarkan bumbu meresap ke dalam ikan. (Foto: Shutterstock)

Lembut dimasak bersama madu dan sedikit bawang putih. Wah, sepertinya inilah resep ikan salmon mudah yang dicari-cari selama ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam, daging ikan salmon fillet, lada hitam, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Di dalam mangkuk kecil, campurkan madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam, dan lada secukupnya secara bumbu marinasi merata.
  2. Taruh daging ikan salmon fillet dalam kantong plastik dan tuangkan bumbu marinasi. Keluarkan udara sebanyak mungkin dan segel kantung plastik tersebut. Dengan lembut bolak-balikkan daging ikan salmon agar seluruh permukaannya terlapisi bumbu secara merata. Diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan wajan anti lengket pada suhu sedang dan tambahkan minyak sayur. Letakkan daging ikan salmon dengan kulit menghadap ke atas. Tutup dan masak selama 3 menit. Buka tutupnya dan masak kembali selama satu menit lagi. Kemudian balikkan ikan dan masak selama 3 menit.
  4. Sajikan dengan tumisan brokoli atau salad agar sajian menjadi lebih sehat lagi.

2. Resep ikan salmon onigiri

resep ikan salmon onigiri
Dibalik bentuknya yang imut-imut, onigiri ini enak dan mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Lupakan masa-masa memandangi masakan Jepang di TV namun tidak bisa mencobanya. Kini onigiri banyak tersedia dimana-mana dan tentunya, bisa juga dibuat di rumah!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, beras jepang, nori (lembaran rumput laut kering), katsuobushi (serutan ikan cakalang), acar buah plum, kecap asin, dan biji wijen.

Cara membuatnya:

  1. Marinasi ikan salmon dengan garam secukupnya secara merata dan diamkan selama 2 jam.
  2. Sementara itu, cuci beras dengan air dingin setidaknya 30 hingga 60 menit sebelum memasak. Masak nasi dengan rice cooker hingga matang dan pulen.
  3. Panggang lembaran nori di atas api dan potong melintang menjadi selebar 1 inci.
  4. Di dalam mangkuk berukuran sedang, campur katsuobushi dengan kecap asin secukupnya. Bilas garam berlebih dari salmon, sisihkan, dan masak di panci anti lengket selama 3 hingga 5 menit. Gunakan garpu untuk menghancurkan salmon menjadi potongan kecil.
  5. Sebelum membentuk onigiri, basahi tangan dengan air yang telah digarami sedikit agar beras tidak lengket di tangan. Ambil 1/4 cangkir nasi dan bentuk nasi menjadi segitiga kecil menggunakan tangan.
  6. Setelah berbentuk segitiga, gunakan jempol untuk membuat cekungan di bagian tengahnya. Letakkan sesendok penuh isian di cekungan tersebut lalu tutupi dengan nasi.
  7. Setelah onigiri siap, lapisi dengan lembaran nori.

3. Resep salmon curry

resep ikan salmon kari salmon
Paduan aneka bumbu yang kuat dan legit, pas dipadukan dengan daging salmon yang lembut. Sedap! (Foto: Shutterstock)

Ternyata ada cara untuk membuat hidangan kari hanya dalam kurang lebih 30 menit! Ayo simak caranya berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, santan, jahe, gula merah, saus ikan, pasta kari merah, air jeruk nipis, daun kemangi, daun ketumbar, cabai merah, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Potong salmon menjadi dadu berukuran sedang.
  2. Masukkan santan ke dalam panci dan tambahkan jahe, gula, saus ikan, pasta kari, dan air jeruk nipis.
  3. Aduk-aduk dan pastikan pasta kari larut dalam kuah. Masak hingga mendidih dan masukkan salmon.
  4. Masak ikan dengan lembut agar tidak hancur selama 5-7 menit. Sajikan bersama taburan daun ketumbar.

4. Resep salmon chowder

resep ikan salmon sup salmon chowder
Inilah hidangan yang cocok bagi yang kedinginan ataupun yang sedang dalam pemulihan. (Foto: Shutterstock)

Resep ikan salmon yang satu ini cocok untuk dimasak saat musim hujan. Nikmati selagi hangat!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, kentang, daun bawang, jagung, bawang putih, daun thyme, daun salam, cabe bubuk, susu, krim kental, garam, lada hitam, dan air perasan jeruk lemon.

Cara membuatnya:

  1. Potong kentang menjadi dadu kemudian masak hingga lunak. Tiriskan.
  2. Di panci berukuran sedang, tumis daun bawang, bawang putih, daun thyme, daun salam, dan bubuk cabai dengan mentega sekitar 5 menit. Kemudian tambahkan susu dan krim dan masak hingga mendidih.
  3. Kecilkan api lalu tambahkan kentang, salmon, garam, dan merica dan masak sambil aduk perlahan hingga salmon matang.
  4. Tambahkan air perasan lemon dan garam dan lada secukupnya. Buang daun salam sebelum disajikan.

5. Resep salmon spicy salad

resep ikan salmon salad salmon
Segarnya salmon salad, cocok untuk segala suasana! (Foto: Shutterstock)

Cobalah resep ikan salmon ini di hari yang panas atau ketika membutuhkan menu pembuka yang enak dan menyegarkan!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon sashimi grade atau salmon gravlax, bawang bombay, air perasan lemon, daun selada, mentimun, tomat ceri merah, garam, lada dan saus lemon (terbuat dari: air perasan lemon, cuka putih, minyak zaitun, bubuk cabai, parutan kulit lemon, garam dan lada).

Cara membuatnya :

  1. Iris bawang bombai dengan bentuk tipis dan memanjang. Rendam bawang dalam air dingin selama 15 menit. Tiriskan dan keringkan dengan kertas tisu. Sisihkan.
  2. Dalam mangkuk kecil, masukkan semua bahan untuk saus lemon dan aduk hingga rata. Sisihkan.
  3. Sebarkan daun selada di atas piring bersama irisan bawang, potongan mentimun, tomat ceri merah dan daging ikan salmon. Bumbui dengan bubuk cabai dan garam sesuai selera.
  4. Sajikan bersama saus lemon.

6. Resep grilled salmon with lemongrass

Bumbu yang satu ini mempunyai rasa dan aroma yang khas sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Olahan ikan salmon berikut cukup sederhana tapi tetap lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, kecap asin, minyak zaitun, cabai bubuk, parutan jahe, batang serai, dan gula aren bubuk.

Cara membuatnya:

  1. Kocok semua bahan marinasi dalam mangkuk kecuali daging ikan salmon.
  2. Tuang bahan marinasi di atas salmon, oleskan di kedua sisi. Diamkan di dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Sisihkan daging salmon dari bahan rendaman. Panggang selama 4-6 menit di setiap sisinya dan buang sisa bumbu.
  4. Sajikan dengan nasi atau sayur.

Semoga resep-resep mudah ini bisa menginspirasi sahabat MAHI sekalian yang tidak ingin berlama-lama di dapur namun ingin menghasilkan sesuatu yang istimewa! Jangan lupa untuk selalu cek bagian resep kami untuk berbagai variasi memasak ikan lainnya. Sekalian, cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Exit mobile version