Inilah 8 Rahasia Bakso Enak Versi Rumahan

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 12, 2018

Selain siomay, pempek, mi ayam, semua pasti setuju kalau bakso adalah makanan sekaligus jajanan favorit orang Indonesia. Sebagai jajanan yang cukup sering dinikmati, kamu pasti ingin sukses membuat bakso enak di dapur.

Persoalan seperti komposisi daging dan tepung yang pas, bagian daging sapi mana yang digunakan, hingga bagaimana memasak kuah bakso yang sedap kerap menjadi keraguan mengapa kamu harus membuat bakso di rumah.

skim kaldu sapi agar tak terlalu berlemak
Racik kaldu dari tulang sapi untuk kaldu yang kaya rasa. (Foto: Shutterstock)

Sebelum kamu meracik bakso dari resep Masak Apa Hari Ini, sebaiknya kamu memahami hal penting yang perlu diperhatikan agar kamu sukses membuat bakso enak.

  1. Pilih daging giling yang berasal dari sapi bagian pundak dengan kandungan sedikit lemak. Jika ingin lebih sehat, gunakan daging sapi bagian has dalam.
  2. Ada alasan mengapa adonan bakso tetap membutuhkan sedikit lemak, yakni agar tekstur bakso lebih lembut dan juga rasa adonannya lebih gurih.
  3. Gunakan tepung tapioka sekitar 20% dari total adonan untuk membuat adonan bakso lebih kenyal. Untuk menghasilkan adonan bakso yang halus dan rata, gunakan food processor.
  4. Panaskan air di atas api sedang sebelum mencetak bakso. Bentuk bakso dengan cara membasahi tangan dengan air, lalu sendokkan bakso ke tangan kiri, tekan dengan mengepal hingga bakso keluar dari kepalan, angkat menggunakan sendok. Masukkan ke dalam air rebusan, bakso yang sudah matang ditandai dengan bakso mengapung dalam air panas.
  5. Sesudah matang, keluarkan bakso dari dalam panci, celupkan ke dalam air untuk menghentikan proses pematangan dan bakso tidak lembek.
  6. Rebus kuah bakso dari tulang sapi selama berjam-jam di atas api kecil untuk menghasilkan kaldu yang gurih. Jangan lupa ganti air rebusan pertama untuk membuang aroma yang anyir, kotoran, maupun lemak berlebih.
  7. Masak kaldu bersama Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam (jika membuat bakso ayam). Tambahkan bawang putih goreng untuk menambah aroma pada bakso.
  8. Siapkan bahan pelengkap seperti mi, sambal, sawi hijau, taoge, bawang merah goreng, dan irisan seledri agar bakso kuahmu semakin mantap. Untuk membuat sambal, rebus cabai rawit merah hingga matang, lalu haluskan. Aduk rata bersama kuah kaldu atau air panas jika tak ingin terlalu pedas.

Inilah delapan langkah penting yang perlu kamu ketahui agar bakso yang dibuat sendiri di rumah hasilnya menjadi lebih istimewa. Namun langkah terpenting berikutnya adalah memantapkan langkah untuk mencoba membuatnya di dapur. Mari ikuti Chef untuk membuatnya bersama-sama!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.