Jenis Masakan


7 Makanan yang Boleh Dimasak Menggunakan Rice Cooker

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Juni 20, 2019

Makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker sesungguhnya tak hanya terbatas pada nasi. Rice cooker kini bisa digunakan untuk memasak banyak hidangan. Daya panasnya mampu untuk mematangkan nasi namun tidak hangus dan tidak perlu dicek secara berkala. Inilah yang membuat kemampuan rice cooker menjadi alat masak mumpuni untuk masakan lainnya. Selain itu, cara mengoperasikannya sangat mudah.

Nah, ini adalah solusi bagi kamu yang tak punya kompor di tempat kost atau ketika sedang kehabisan gas. Kamu tetap bisa memasak makanan enak dalam alat elektronik rumah tangga ini.  Makanan apa saja, ya, yang boleh dimasak menggunakan rice cooker? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Nasi Goreng

Memasak nasi goreng dengan rice cooker.
“Nasi goreng” bisa dimasak menggunakan rice cooker tanpa proses penggorengan! (Foto: Shutterstock)

Tumis Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng beserta bahan-bahan lainnya dalam rice cooker. Lalu masukkan nasi dan aduk hingga tercampur rata. Cara sebaliknya juga bisa kamu gunakan, yakni bumbu nasi goreng matang dimasukkan ke dalam nasi yang baru saja tanak. Selebihnya, aduk hingga nasi tercampur rata dengan bumbu.

2. Sup Ceker

Lezatnya sup kaki ayam hangat juga bisa dihasilkan dari rice cooker. Tumis bumbu sup dalam rice cooker, lalu tuangkan air dan masukkan kaki ayam. Rebus hingga matang dan empuk. Jika ingin memasukkan sayuran, masukkan di saat ceker sudah hampir empuk agar sayuran tak lantas jadi terlalu matang.

3. Spaghetti Bolognese

Masak spaghetti dan bumbu bolognese secara terpisah dalam alat penanak nasi elektrik ini. Sesudahnya, aduk rata pasta beserta sausnya dalam rice cooker. Panasnya panci rice cooker membantu saus pasta meresap ke dalam spaghetti.

4. Mac and cheese 

Mac and cheese sedap dimasak menggunakan rice cooker.
Mac and cheese, masakan beken dari Barat yang bisa kita masak menggunakan rice cooker. (Foto: Shutterstock)

Tentu kamu tak dapat mengharapkan tekstur pasta panggang yang serupa dengan apabila menggunakan oven. Namun, tentu saja rice cooker bisa membantumu menghidangkan macaroni and cheese. Unik bukan kalau mac and cheese termasuk sebagai makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker?

Masak makaroni seperti halnya menanak nasi hingga matang dalam rice cooker. Supaya lebih gurih dan creamy, kamu bisa menggunakan susu untuk merebus pasta. Gunakan perbandingan 1:2 atau 1:3 untuk perbandingan pasta dan susu. Masak hingga matang dan susu terserap. Lalu masukkan Royco Kaldu Ayam dan keju parut, aduk rata. Diamkan sebentar. Sajikan.

5. Soto Betawi 

Soto Betawi tersaji.
Soto Betawi adalah contoh seru untuk kamu coba masak menggunakan rice cooker. (Foto: Shutterstock)

Soto Betawi juga masuk daftar makanan yang boleh dimasak menggunakan alat penanak nasi ini. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Soto Betawi Khas JakartaMasak bersama daging yang sudah direbus hingga empuk beserta rempah dalam rice cooker. Sesudah matang, sajikan bersama pelengkap lainnya seperti irisan tomat, seledri, dan emping.

6. Brownies

Panganan manis seperti brownies juga bisa kamu dengan menggunakan rice cooker. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan membuat brownies kukus. Bedanya, kamu hanya perlu memasukkan bahan-bahannya ke dalam rice cooker lalu nyalakan selama ±40 menit.

7. Puding

Masak semua bahan puding dalam rice cooker sambil terus diaduk agar semua bahan larut secara merata. Khusus untuk puding, hindari membiarkannya terlalu lama dimasak dalam rice cooker tanpa diaduk. Ini berpotensi membuat sebagian bahan puding menggumpal dan tak akan mengeras saat dicetak.

Dari daftar makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker di atas, mana yang ingin kau coba lebih dulu? Yuk, berkreasi dengan alat rumah tangga yang satu ini! Lain kali, berkreasi juga dengan makanan yang bisa dimasak menggunakan slow cooker!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.