Cara Membuat Bubur Nasi Lebih Mudah dan Praktis | MAHI

Cara Membuat Bubur Nasi Lebih Mudah Sekaligus Variasi Resepnya

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Oktober 27, 2022

Bosan dengan cara membuat bubur nasi dari beras yang ribet dan lama? Bukan cuma itu, kamu juga wajib berkali-kali mengaduk bubur secara berkala agar bubur tidak lengket dan gosong di bagian bawahnya. Nah, supaya bikin sarapan bubur nasi lebih mudah, Masak Apa Hari Ini punya beberapa tips yang bakal bikin kamu nggak malas bikin bubur.

Tips Cara Membuat Bubur Nasi Lebih Mudah

  1. Rendam beras terlebih dulu selama beberapa jam sebelum dimasak. Proses ini membantu beras menyerap air sehingga lebih cepat lunak dan teksturnya cepat menjadi bubur. Kemudian cuci bersih beras, dan masak bersama air banyak dalam rice cooker atau masak dalam panci di atas api sedang. Bila menggunakan kompor, saat beras sudah mencapai tekstur lunak seperti nasi, gunakan whisk untuk menghancurkan tekstur nasi sehingga lebih cepat menjadi bubur. Terus memasak kembali hingga didapat tekstur bubur. Tambahkan air panas secara bertahap bila belum mendapat tektur bubur yang diinginkan. Bagian paling penting, jangan lupa menambahkan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi ke dalam bubur agar terasa gurih dan lezat.
  2. Membuat bubur juga bisa diolah dari matang. Blender nasi bersama air selama beberapa detik hingga hancur, kemudian masak bersama air hingga mendidih. Kecilkan api dan masak hingga teksturnya lunak seperti bubur. Cara seperti ini pas banget buat kamu yang bingung mengolah nasi sisa semalam yang masih tersedia di rice cooker.
  3. Selain rice cooker, cara membuat bubur nasi juga dapat menggunakan slow cooker. Meski lebih lama, tapi memasak dalam slow cooker tak akan menyita waktu di dapur. Masukkan semua bahan bubur seperti beras, air, daun salam, dan daging ayam di malam hari sebelum tidur. Masak menggunakan temperatur rendah dan bumbui bubur dengan garam, merica, dan bumbu kaldu dari Royco. Bubur siap disantap di pagi hari. Nggak perlu ribet bolak balik aduk bubur selama proses memasak.

Buat kamu yang terbiasa menyediakan sarapan bubur nasi untuk seluruh anggota keluarga termasuk si kecil, pilih Royco Kaldu Ayam Spesial atau Royco Kaldu Jamur. Keduanya merupakan kaldu yang diracik dari alami dan bebas MSG, bebas pengawet, serta rendah natrium.

Variasi Resep Bubur Nasi Wajib Coba

Bukan cuma untuk sarapan, bubur nasi juga pas banget kamu yang sedang menu makan siang atau makan malam yang komplet dengan karbohidrat sekaligus protein (one dish meal) namun tak terlalu mengenyangkan. Buat kamu yang ingin mempraktikkan cara bubur cepat seperti tips di atas, aplikasikan untuk resep beberapa bubur di bawah ini, yuk!

Bubur ayam Cianjur

Yang ini wajib coba banget untuk dijadikan menu sarapan. Lengkapi santap bubur dengan kuah bumbu ini dengan Bango Kecap Manis Light yang dibuat dari pemanis alami rendah gula, yaitu daun stevia.

Bubur ayam kuning

Bubur ayam kuning tersaji di mangkuk putih bersama sendok bebek.
Bubur ayam, salah satu menu makan pagi favoritnya orang Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Bubur ayam kuning cocok banget buat kamu yang suka dengan cita rasa bubur yang medok atau kaya bumbu. Semangkuk bubur ayam kuning paling mantap ditemani kerupuk bawang berlimpah dengan bawang goreng, sambal, dan Bango Kecap Manis. Yummy!

Bubur ayam Hainan

Bila ingin membuat bubur ini dari nasi matang, masukkan nasi matang yang sudah diblender sesaat setelah memasukkan daging ayam. Kemudian rebus bersama daging ayam sambil sesekali diaduk perlahan agar daging tidak hancur. Bikin bubur jadi lebih kilat, kan?

Bubur ayam jamur tiram

Terinspirasi dari topping mi ayam dengan tambahan jamur, bubur ayam jamur tiram sangat sesuai dijadikan makanan kalau sedang kurang fit atau masa penyembuhan. Minim minyak dan sarat vitamin dari daging ayam dan jamur, bubur ayam jamur tiram cocok dijadikan untuk semua anggota keluarga.

Bubur pedas Kalimantan

Bubur pedas kalimantan di mangkuk biru
Coba bikin resep bubur pedas Kalimantan di rumah, yuk! (Foto: Shutterstock)

Sedang kedatangan keluarga besar dan ingin menyajikan sarapan komplet yang sehat dan enak? Bubur pedas khas Kalimantan Barat ini wajib coba banget. Kaya sayuran dengan tambahan daging dan bumbu yang medok. Mantap juga untuk pilihan makan siang.

Jadi tahu kan, cara membuat bubur nasi lebih mudah dan cepat? Yuk, jangan malas untuk membuat bubur ayam atau bubur nasi sendiri di rumah! Jangan lupa untuk selalu menyajikannya dengan Bango Kecap Manis agar lebih sedap!

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.