Jenis Masakan


5 Cara Menghilangkan Aroma Tanah Pada Ikan Air Tawar

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 30, 2019

Olahan ikan tawar seperti bawal, mujair, dan lele sudah sangat umum kita santap. Meski tak segurih ikan laut, ikan air tawar bertekstur padat dan punya rasa yang khas. Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan ikan laut.

Namun sayangnya, ikan air tawar cenderung bau tanah atau bau lumpur. Untuk itu, proses pengolahannya mesti diperhatikan, agar saat disajikan sudah tak ada lagi bau yang mengganggu. Setidaknya ada lima cara sederhana untuk menghilangkan bau tanah pada ikan tawar. Berikut ulasannya.

1. Buang jeroan

Salah satu sumber bau pada ikan adalah jeroannya. Untuk itu, saat membersihkan ikan, pastikan untuk mengambil jeroan dari dalam perutnya. Jika membeli ikan di pasar tradisional, kita bisa meminta penjual ikan untuk membersihkan sisik sekaligus memisahkan jeroannya. Jika tidak ingin membuangnya, jeroan masih bisa diolah, kok. Kamu bisa menggorengnya hingga kering, atau dijadikan sebagai pepes.

2. Lumuri dengan air jeruk nipis

Popularitas jeruk nipis sebagai penetralisir bau sudah bukan rahasia lagi. Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada daging-dagingan, cumi, hingga ikan air tawar. Kekuatannya dalam menghilangkan bau anyir atau bau lumpur dinilai lebih ampuh dibandingkan jeruk lemon, karena jeruk nipis punya wangi yang lebih kuat.

Pertama, masukkan air perasan jeruk nipis bersama sedikit air dan garam dalam wadah. Kemudian masukkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam wadah tersebut. Diamkan kurang lebih selama 20 menit, setelah itu cuci kembali hingga bersih. Tekstur ikan akan lebih kesat, terlihat segar, dan tidak bau amis.

3. Lumuri ikan air tawar dengan garam

Bubuk garam pada sendok kayu dan tercecer hingga ke bawah.
Garam dapat digunakan untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan air tawar. (Foto: Shutterstock)

Jika sedang tidak ada stok jeruk nipis, kita bisa memanfaatkan garam untuk menghilangkan bau tanah pada ikan tawar. Langkahnya mirip dengan dua poin di atas. Bersihkan ikan terlebih dahulu, buang jeroannya, lalu lumuri dengan garam hingga merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian, bersihkan kembali ikan pada air mengalir. Bau anyirnya akan berkurang dan ikan siap dibumbui.

4. Lumuri dengan mentimun

Selain menggunakan jeruk nipis, kita juga bisa memanfaatkan mentimun untuk membersihkan ikan. Mentimun memiliki kandungan yang dapat menetralisir bau. Tak heran, jika mentimun sering digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Untuk mengenyahkan bau lumpur, kita bisa melumuri seluruh permukaan ikan yang telah dibersihkan dengan cacahan mentimun. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas kembali hingga bersih.

5. Rendam dalam susu

Air susu putih digunakan untuk merendam ikan air tawar.
Susu segar dapat menetralisir bau tanah pada ikan. (Foto: Shutterstock)

Bahan alami lainnya yang bisa kita pilih adalah susu cair atau UHT. Susu mengandung kasein yang dapat mengikat trimetilamin oksida, zat kimia yang menyebabkan bau pada ikan tawar. Kita bisa merendam ikan yang telah dibersihkan dengan susu terlebih dahulu sebelum kita bumbui. Rendam selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, bilas ikan hingga bersih. Tak hanya menghilangkan bau anyir, susu juga akan menyuntikkan rasa gurih pada ikan.

Sekarang, tak perlu ragu lagi untuk memasak ikan tawar di rumah. Dari ikan mujair hingga ikan bawal, mana yang kamu suka?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.