5 Inspirasi Salad Buah dan Camilan Berbahan Buah untuk Akhir Pekan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Desember 8, 2018

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri dengan suasana santai dan tentunya ditemani dengan camilan yang enak dan sehat. Nah, kali ini aku ingin berbagi resep salad buah dan camilan dari buah segar yang jadi kesukaanku. Ingin tahu idenya apa saja? Ayo simak beberapa sajian buah yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah!

Salad buah yogurt

Untuk ini, kamu bisa menggunakan beberapa jenis buah kesukaanmu. Tak usah repot-repot berbelanja ke supermarket terdekat, karena kamu juga bisa menggunakan buah-buahan yang tersedia dalam kulkasmu.

Misalnya saja cukup dengan buah melon, pepaya, anggur, atau potongan buah apel. Caranya adalah potong-potong buah dengan ukuran hampir serupa lalu dinginkan dalam kulkas. Untuk dressingnya gunakan yogurt yang kamu bisa dicampur dengan sedikit pemanis seperti madu atau selai buah (stroberi, raspberry, blueberry, nanas). Lebih enak lagi kalau pakai kombinasi keduanya!

Salad dengan puree buah

Yang ini bertemakan fruits party! Kombinasikan aneka buah potong kesukaan seperti nanas, apel, melon, stroberi, dan lainnya. Buat fruit puree atau buah yang dihaluskan tanpa air. Kamu bisa membuatnya dengan bantuan hand blender atau food processor. Inspirasi buah untuk puree? Mangga, raspberry, pear, atau stroberi. Seru, kan?

Salad buah dengan jeli

Salad buah dalam jelly.
Buah dalam jelly jadi satu kekhasan sendiri yang sering ditemukan di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Padukan buah-buahan dengan jelly buah buatan sendiri. Kamu bisa membuat jelly yang diberi rasa buah leci, semangka, melon, jeruk, atau buah lain yang jadi kesukaanmu. Selain jelly buah, kamu juga bisa menggunakan buah-buah kalengan yang terdiri dari beberapa jenis untuk mempercantik salad buahmu.

Fruit cocktail

Yang ini cara membuatnya sangat mudah namun kamu perlu mempersiapkan semalam sebelumnya agar hasilnya memuaskan. Potongan buah direndam dalam jus buah tanpa ampas. Misalnya jus jeruk, jus apel, jus mangga, atau kombinasi dua buah. Rendam potongan buah dalam jus sekitar semalaman dalam kulkas. Buah potong akan memiliki cita rasa dari jus buah yang merendamnya dan tentunya akan lebih segar dan kaya rasa!

Fruit sorbet

Sorbet buah adalah bentuk lain dari salad buah.
Siapa bilang kamu tidak bisa membuat sorbet sendiri di rumah? (Foto: Shutterstock)

Kamu membutuhkan blender atau food processor untuk yang satu ini. Pertama, haluskan buah yang ingin kamu jadikan sorbet. Misalnya stroberi, mangga, semangka, nanas, dan jenis buah lain yang umum digunakan sebagai sorbet. Haluskan juga bersama buah dan perasan jeruk lemon untuk memberi rasa segar. Bekukan dalam freezer, lalu keluarkan setelah membeku. Haluskan kembali, kemudian bekukan kembali. Ulangi proses ini sebanyak tiga kali, dan kamu dapat menyantap sorbet buatan sendiri yang lebih segar dan terasa buahnya.

Tak sulit, kan menghasilkan camilan buah segar di dapur sendiri? Jangan lupa untuk memastikan pilihan buahmu segar dan berkualitas agar sajian buah yang kamu buat terasa lebih enak dengan warna yang menarik! Ada lho caranya agar buah bisa tetap segar dan tahan lama. Jadi bisa dipakai kapan saja untuk membuat salad buah.

Sedang mencari inspirasi berbagai makanan penutup lainnya? Kenali 5 jajanan lokal dan kue basah khas Indonesia yang kini menjadi tren kekinian. Siapa tahu kamu berminat membuatnya di rumah. Tapi tidak hanya itu, es kepal yang belakangan jadi tren juga ada resepnya di Masak Apa Hari ini. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.