Inilah Cara Membuat Saus Tomat A la Restoran yang Sedap!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|September 16, 2018

Penyuka hidangan pasta bolognese yang merupakan perpaduan daging cincang bersaus tomat yang berlimpah pasti ingin tahu cara membuat saus tomat yang enak. Kamu patut bersyukur karena di Indonesia tomat sangat murah dan mudah ditemukan. Ini penting bagi kamu yang ingin membuat sendiri saus tomat a la restoran di rumah. Selain lebih sedap, saus tomat buatan sendiri tentunya lebih sehat, bukan?

Saus tomat ini bukan hanya cocok disajikan untuk pasta tumisan pada umumnya, tetapi juga sedap untuk pasta yang dipanggang. Selain itu, saus tomat juga sedap disandingkan bersama hidangan ikan (salmon atau tuna steak), sayuran panggang, ataupun steak ayam.
cara membuat saus tomat
Saus tomat bisa digunakan untuk banyak resep. (Foto: Shutterstock)

Kunci kelezatannya adalah tomat segar yang sudah matang. Selain warnanya yang menarik, tomat segar matang memiliki rasa yang lebih gurih dan tidak asam dibandingkan versi yang belum matang. Membuat saus tomat juga berguna bagi kamu yang punya stok lebih. Membuat saus adalah salah satu upaya menyelamatkan stok tomat kamu ketimbang keburu membusuk.

Cara membuat saus tomat

Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Cuci bersih tomat, lalu dikerat sedikit pada kulit bagian bawahnya untuk mempermudah proses mengupas saat tomat matang.
  2. Rebus air hingga mendidih, masukkan tomat segar. Masak hingga sebagian kulit tomat mengelupas.
  3. Keluarkan tomat, masukkan ke dalam air es, kupas tomat, dan buang kulitnya.
  4. Cincang atau haluskan daging buah tomat.
  5. Tumis bawang putih dan bawang bombay, lalu masukkan tomat. Masak hingga tomat matang dan hancur. Di tengah proses pemasakan, kamu bisa menambahkan daun basil atau oregano agar cita rasanya lebih tajam dan lebih sedap.
cara membuat saus tomat
Sebelum memberi topping, olesi pizza dengan saus tomat. (Foto: Shutterstock)

Penggunaannya dalam masakan

Kamu tak perlu bingung memasak saus tomat dalam jumlah banyak, karena saus tomat ini bisa digunakan pada beragam macam masakan. Misalnya saja sebagai berikut:

1. Pizza

Olesi pizza dengan saus tomat rumahan ini sebelum kamu menaruh topping ke atasnya. Gunakan ini untuk pizza jenis margherita, ataupun yang ber-topping jamur, daging cincang, dan pepperoni.

2. Pasta

Tambahkan saus tomat saat menumis bahan utama untuk saus pasta. Misalnya untuk pasta bolognese, tumis terlebih dahulu daging cincang, kemudian masukkan saus tomat. Masak bersama hingga daging matang. Gunakan saus tomat untuk pasta bergaya: Bolognese, Arrabbiata, Baked Pasta, jamur, atau pasta dengan saus potongan sayuran dan daging olahan.

3. Steak dan sebagai saus masakan daging atau ikan

Kucurkan saus tomat pada daging ataupun ikan. Jika ingin lebih sedap, campur saus tomat bersama tumisan jamur atau tomat ceri. Bisa juga tambahkan cabai atau merica kalau kamu suka rasa yang lebih pedas.

4. Nugget, Katsu, atau Sosis

Setelah matang, kucurkan saus tomat pada nugget, katsu, atau sosis. Dengan punya persediaan saus tomat, kamu juga bisa lebih menghemat waktu di dapur.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.