5 Resep Nasi Goreng Enak dan Kekinian Khas Negeri Sendiri

Simpan ke bagian favorit

Wina|Juli 21, 2018

Nasi goreng. Sulit untuk menampik suguhan khas Indonesia yang satu ini. Meskipun begitu umum, makanan ini justru tidak henti-hentinya mengejutkan kita semua dengan berbagai macam variasinya. Kali ini MAHI ingin berbagi beberapa resep nasi goreng enak khas Indonesia yang akan membuatmu segera bergegas ke dapur dan memasaknya!

1. Nasi Goreng Merah

resep nasi goreng enak

Nasi goreng khas Makassar ini kembali naik daun. Menu yang satu ini tidak kalah tenarnya dengan hidangan-hidangan legendaris lainnya seperti sop konro ataupun pallu basa. Keunikannya ada pada warna merah pada nasinya yang berasal dari penggunaan saus tomat. Seperti kecap yang terkenal dengan formula dan daerahnya masing-masing, begitupun untuk saus tomat pada nasi goreng ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: nasi putih, daging ayam, udang, telur, saus tomat, bawang putih, daun bawang, garam, lada putih, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan dan minyak. Tumis bawang putih hingga wangi dan tambahkan ayam yang telah diiris beserta udang yang telah dikupas.
  2. Masukkan telur yang telah dikocok, aduk dan tambahkan nasi.
  3. Tambahkan saus tomat, garam, dan lada. Aduk hingga merata dan tambahkan daun bawang. Sajikan.

2. Nasi Goreng Rendang

Rendang yang sangat populer ternyata bisa dikaryakan dengan berbagai cara. Nasi goreng bukanlah sebuah perkecualian bagi rendang. Bumbu rendang begitu cocok rasanya ketika bercampur dengan nasi dan menjadikannya satu hidangan nasi goreng yang begitu nikmat – apalagi ketika dilengkapi acar, kerupuk merah, dan potongan daging rendang sendiri. Bahkan elemen rendang ini dimanfaatkan juga untuk menu mie goreng. Sungguh luar biasa memang masakan kebanggaan Indonesia yang satu ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep nasi goreng enak ini: nasi putih, telur, potongan daging rendang, bawang putih, cabai merah, daun bawang, bumbu rendang, Royco Kaldu Sapi, dan margarin.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan dan margarin. Tumis daun bawang, cabai, dan bawang putih. Masukkan telur dan jadikan orak-arik. Aduk hingga merata.
  2. Tambahkan Royco dan bumbu rendang. Aduk merata, koreksi rasa, dan sajikan.

3. Nasi Goreng Cabai Hijau

Selain cabai merah, cabai hijau juga semakin naik daun karena rasanya yang berkarakter dan presentasinya yang terlihat lebih cerah. Itulah juga sebabnya penggemar sambal juga biasanya terbagi dua kubu – merah dan hijau. Biasanya perbedaan ini begitu jelas ketika kita menikmati masakan khas Minang dimana akan tersedia kedua pilihannya. Begitupun dengan nasi goreng, cabai hijau cocok dipadukan bersamanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: nasi putih, teri Medan atau ikan kakap fillet, cabai hijau keriting, daun bawang, bawang putih, bawang merah, Royco Kaldu Ayam, kecap asin, gula, dan margarin.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan dan margarin. Tumis bawang putih, cabai hijau, dan bawang merah hingga wangi.
  2. Masukkan nasi, ikan, Royco, kecap asin, dan gula secukupnya. Terakhir aduk rata bersama daun bawang, koreksi rasa, dan sajikan.

4. Nasi Goreng Seafood

Untuk nasi goreng seafood kali ini, aku menggunakan gaya kampung atau khas Jawa Timuran. Kuncinya ada di penggunaan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, tomat, dan tentunya – terasi! Masak bersama udang dan cumi hingga seluruh rasanya meresap dan membuatnya lebih nikmat. Nah bayangkan nasi goreng dengan bumbu seperti ini. Waduh, alamat nambah dua piring sepertinya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: nasi putih, cumi, udang, cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, tomat, terasi, Bango Kecap Manis, dan minyak sayur.

Cara membuat resep nasi goreng enak ini:

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan udang dan cumi. Aduk hingga berubah warna.
  2. Tambahkan nasi putihBango Kecap Manis, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga matang.
  3. Masukkan daun bawang dan aduk rata. Nasi goreng siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng dan acar timun.

5. Nasi Goreng Petai

Untuk resep nasi goreng enak berikutnya, aku tidak menggunakan kecap namun menambahkan racikan menarik dari Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng. Tapi ada kejutan lainnya nih untuk nasi goreng petai ini. Aku juga menambahkan tidak hanya petai saja kali ini! Ya, kali ini aku ingin tambahkan juga ampela yang selalu cocok dimasak bersama nasi goreng ataupun bubur ayam. Kombinasi kali ini dijamin bakal bikin nasi goreng menjadi lebih istimewa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: nasi putih, ampela, telur, petai, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, garam, lada putih, margarin, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak yang dicampur dengan margarin. Masukkan telur dan masak hingga matang.
  2. Masukkan ampela dan petai. Kembali masak hingga matang dan tambahkan nasi putih beserta Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng.
  3. Aduk hingga semua bahannya menyatu dengan baik. Hidangkan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.