5 Cara Masak Semur Jengkol Tanpa Bau

Chef Panji|Juni 1, 2018

Jengkol oh jengkol, makanan rakyat yang satu ini menimbulkan dilema tersendiri bagi yang ingin menyantapnya. Dibalik rasanya yang sedap, jengkol dikenal akan baunya yang menyengat. Jangan ciut dulu, Chef Panji punya 5 cara masak semur jengkol tanpa bau. Sekarang, tidak usah takut bau lagi!

1. Pilih jengkol yang tepat

cara masak semur jengkol
Semakin mulus, kualitas jengkol semakin baik. (Foto: Shutterstock)

Ada pepatah yang mengatakan, “Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja”. Nah, hal ini tidak berlaku saat kamu memilih jengkol. Justru tampilan luar menentukan segalanya!

Jengkol yang berkualitas memiliki kulit mulus bebas lubang. Selain itu, bentuk jengkol juga ikut mempengaruhi rasa. Di pasaran kamu akan menemukan dua bentuk — bulat dan gepeng. Saya sarankan pilih jengkol dengan bentuk bulat, karena biasanya jengkol jenis ini tidak pahit dan mudah dihilangkan baunya.

2. Rendam jengkol dalam air es

cara masak semur jengkol
Sebelum direndam, kuliti dan belah jengkol menjadi dua bagian. (Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan cara mengolah buah atau sayur kebanyakan, jengkol membutuhkan sedikit perhatian ekstra. Salah satu cara masak semur jengkol tanpa bau adalah dengan merendam jengkol dalam air sebelum dimasak.

Pertama, cuci bersih dan kupas jengkol kemudian belah menjadi dua bagian. Rendam jengkol di dalam mangkuk berisi air dan es semalam suntuk. Saat akan dimasak, tiriskan lalu cuci hingga bersih. Cara ini akan membantu memininalisir bau jengkol tanpa mengubah rasanya.

3. Rebus dengan daun jeruk purut

Kamu punya pohon jeruk purut di rumah? Ambil setidaknya tiga atau empat lembar, cuci bersih, dan rebus bersama jengkol yang sudah dibelah. Daun jeruk purut tidak hanya enak dijadikan campuran rempeyek, tapi juga cocok untuk menetralisir bau jengkol yang biasanya “betah” bersarang di mulut.

4. Gunakan air beras

cara masak semur jengkol
Rebus jengkol dalam jumlah yang banyak lalu masukkan ke dalam freezer agar bisa kamu pakai di kemudian hari. (Foto: Shutterstock)

Tidak punya daun jeruk purut? Jangan cemberut dulu, masih ada alternatif yang bisa kamu temukan di dapur. Selain cara yang tadi, kamu bisa merendam jengkol dengan air bekas cucian beras. Tapi dengan cara ini, kamu membutuhkan waktu setidaknya dua sampai tiga hari untuk menghilangkan bau jengkol. Oleh karena itu sekalian rendam jengkol dalam jumlah yang agak banyak. Setelahnya, persediaan lebihnya bisa kamu simpan dalam freezer untuk dimasak lain waktu.

5. Rebus dengan daun jambu

Cara lainnya untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan menggunakan daun jambu batu. Daun yang satu ini dikenal ampuh menghilangkan bau mulut yang kurang sedap, jadi tidak heran kalau bisa dipakai untuk mengurangi bau khas jengkol. Bersihkan dan belah jengkol lalu rebus bersama empat atau lima lembar daun jambu biji selama sekitar 1 jam atau hingga jengkol lunak.