4 Tips Masak Capcay Menggunakan 3 Bahan

Wina|Mei 12, 2018

Capcay adalah masakan yang mudah dibuat dan enak disantap sebagai makan siang atau makan malam. Untuk yang masih nge-kost, kamu bisa menyetok beberapa jenis sayuran di kulkas dan memasak capcay saat lapar. Mudah, murah, dan kaya serat. Berikut adalah 4 tips masak capcay yang hanya menggunakan 3 bahan.

Di akhir bulan, salah masalah anak kost biasanya berkutat antara keuangan dan juga makanan. Memang anak kost bisa makan atau jajan di luar semau mereka, tapi kebiasaan ini mengakibatkan defisit di akhir bulan. Kalau ingin masak sendiri, anak kost harus sangat kreatif dalam memaksimalkan bahan makanan dan fasilitas dapur yang sangat mungil.

Nah, capcay menjadi salah satu pilihan cepat dan menyehatkan. Berikut adalah beberapa tips masak capcay dengan kombinasi mudah yang wajib untuk dicoba.

Wortel, sawi, dan kembang kol

4 Tips Masak Capcay Menggunakan 3 Bahan
Saking mudahnya, kamu yang tidak pernah memasak pasti bisa masak Capcay. Foto: Shutterstock

Tiga trio sayuran ini mempunyai tekstur yang renyah dan nikmat disantap bersama nasi putih hangat. Untuk menu ini kamu hanya membutuhkan wortel, sawi, kembang kol, bawang putih, dan kaldu ayam.

Untuk cara memasaknya, pertama panaskan panci dan satu sendok minyak zaitun lalu tumis bawang putih hingga harum. Masukkan wortel terlebih dulu. Setelah layu baru masukkan sawi dan kembang kol. Masak hingga sayur matang dan sajikan.

Trio Hijau: kapri, buncis, dan brokoli

4 Tips Masak Capcay Menggunakan 3 Bahan
Untuk tampilan yang lebih cantik, hias dengan irisan wortel. Foto: Shutterstock

Kalian tahu tidak kalau kata ‘capcay’ menyimpan makna tersendiri? Capcay berasal dari bahasa Hokkien, “cap” bermakna sepuluh, sementara “cay” berarti sayur. Meski berarti sepuluh sayuran, pada kenyataannya jarang tempat makan atau restoran yang menyajikan capcay dengan 10 macam sayuran.

Nah kali ini mari kita berimprovisasi dengan menggunakan 3 bahan yaitu buncis, kacang kapri dan brokoli. Ketiga sayur berwarna hijau ini kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk tubuh kamu! Sebagai salah satu tips masak capcay, jika kamu menyisakan kacang kapri, keringkan dan simpan dalam kantung plastik yang tertutup rapat. Kacang kapri bisa awet hingga 5-7 hari. Selain itu memang ada cara-cara khusus dalam menyimpan sayuran.

Daging sapi, brokoli, dan wortel

4 Tips Masak Capcay Menggunakan 3 Bahan
Kalau kurang suka daging sapi, kamu bisa menggantinya dengan cumi atau udang. Foto: Shutterstock

Tanggal muda sering membuat kita lupa diri. Salah satu kebiasaan ‘tidak sehat’ anak kos adalah lapar mata saat awal bulan. Satu menu restoran yang kamu santap bisa menghabiskan hingga 100.000 rupiah, padahal kamu bisa menghemat setengahnya kalau masak sendiri!

Capcay yang satu ini lebih ‘mewah’ karena adanya daging. Untuk resep ini kamu memerlukan daging sapi, brokoli, wortel dan bawang putih. Kalau ingin tambah sedap, tambahkan sedikit saus tiram dan kaldu ayam.

Tahu + Buncis + Kapri

Sayur buncis dan kapri adalah sayuran yang tahan lama jika disimpan dengan cara yang benar. Simpan buncis dan kapri di dalam plastik dan letakkan di laci khusus buah dan sayuran. Untuk membuat capcay tahu, buncis, dan kapri, kamu cukup menumis ketiga sayur ini dengan bawang putih yang digeprek kasar dan tambahkan sedikit kaldu ayam bersama soy sauce.