Resep Tumis Buncis Telur Pelengkap Makan Siang - MAHI

Resep Tumis Buncis Telur, Sajian Penawar Rindu Masakan Rumahan

Simpan ke bagian favorit

Tumis buncis telur, sajian mudah dan lezat yang cocok dinikmati dari sarapan hingga makan malam. Itulah sebabnya wajib untuk bisa resep yang satu ini. Yuk, ikuti cara membuatnya berikut ini!

30mnt
3 Porsi
Mudah
Maddie|September 14, 2018

Untuk yang suka makanan rumahan atau yang hobi menikmati makanan khas warteg, maka tumis buncis telur pasti jadi satu menu yang tidak boleh ketinggalan untuk disantap. Bayangkan segala jenis protein yang bisa kamu padukan bersama sajian yang satu ini. Pasti rasa nikmatnya akan berlipat ganda!

Ada satu rasa nostalgia di sana yang akan membuat siapapun yang tengah jauh dari Indonesia sekalipun akan merindu dibuatnya. Apalagi serunya, tumisan semacam ini ternyata mudah juga untuk dibuat meskipun kamu tinggal di manapun di bumi ini!

Kesederhanaan menjadi kunci dalam masakan yang super sederhana ini. Bagaimana tidak? Buncis merupakan salah satu sayuran yang tidak perlu dikupas dan cepat matang. Sayuran hijau ini juga mudah didapat, baik di pasar tradisional, supermarket, atau toko sayur online. Harganya juga relatif terjangkau, karena termasuk sayuran lokal.

Kandungan Tumis Buncis Telur

Selain itu, buncis juga kaya nutrisi. Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram buncis terdapat 7 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 47 mg kalsium, dan 2.35 gram protein. Selain itu, buncis juga mengandung vitamin C dan vitamin A. Namun, kandungan gulanya cukup tinggi, yakni 3.53 gram dalam sajian 100 gram buncis.

Sedangkan dalam setiap 100 gram sajian telur goreng, terdapat 11.74 gram protein, 1.9 gram karbohidrat, 137 kcal energi, dan 80 mg kalsium. Telur juga kaya akan mineral, seperti magnesium, potassium, serta vitamin seperti vitamin B-6, vitamin A, dan vitamin D.

Agar lebih sehat, kamu bisa memilih minyak goreng dengan lemak tak jenuh seperti minyak canola atau minyak biji bunga matahari. Keduanya mengandung omega-6 dan omega-3 yang baik untuk tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

Menciptakan Makanan Rumahan yang Lezat

Dua bahan makanan bernutrisi dan mudah didapat ini bisa kita olah dengan cara yang cukup sederhana di rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasanya maksimal.

Pertama, adalah kesegarannya. Baik buncis maupun telur harus dipastikan terlebih dahulu kualitasnya. Menyimpan buncis terlalu lama di kulkas akan membuatnya layu atau mengandung air yang banyak sehingga tidak segar lagi.

Begitupun dengan telur. Telur tidak disarankan untuk dibekukan. Jika ingin menyimpannya di kulkas, simpan di bagian bawah. Hindari menyimpan telur di bagian pintu kulkas. Bagian pintu yang terbuka dan tertutup akan menyebabkan suhu bisa berubah drastis. Hal ini dapat memengaruhi kondisi telurmu.

Selanjutnya, untuk memperkaya rasa sebaiknya tidak pelit bumbu. Untuk sajian 3 porsi atau 250 gram buncis, kamu bisa siapkan dua suing bawang putih, tiga butir bawang merah, dan tiga cabai merah yang besar. Tambahkan juga Royco Kaldu Ayam yang akan menyempurnakan rasanya.

Nah, jika anggota keluarga di rumah lebih banyak, tambah juga ya porsinya. Seringkali rasa dari tumisan sayur kurang lezat karena bumbunya terlalu sedikit.

Selain membuat tumis buncis telur, kamu juga bisa membuat makanan rumahan lain yang tak kalah praktisnya. Tim MAHI sudah menyiapkan ragam resep yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah tumis terong ikan teri, semur ayam, dan tumis sawi hijau.

Tanpa menunggu lama, yuk, kita masak dulu hidangan sederhana yang istimewa ini. Pastikan keluarga tercinta mendapatkan yang terbaik untuk santap siang ataupun malam hari ini. Jangan lupa untuk mencoba beragam resep lainnya dari MAHI!

 

Bahan-bahan

  • 250 g buncis, siangi dan iris serong
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah besar, buang biji dan iris tipis
  • 100 ml air
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • minyak sayur

Cara membuat

tumis buncis telur
1

Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar sampai harum.

tumis buncis telur
2

Masukkan telur, masak orak arik. Tambahkan buncis, air dan tumis hingga setengah layu.

tumis buncis telur
3

Tuangkan Bango Kecap Manis Light, Royco Kaldu Ayam, dan merica. Aduk rata.

tumis buncis telur
4

Setelah matang, angkat dan sajikan.

Cepat, mudah, dan enak. Tidak ada yang pernah kurang rasanya dari sajian sederhana satu ini. Selamat menikmati santap siang dan malammu hari ini bersama keluarga!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.