Resep Udang Bakar Kecap, Menu Boga Bahari Paling Istimewa

Simpan ke bagian favorit

Menu andalan saat makan malam tiba dan bertemakan seafood adalah Udang Bakar Kecap. Keistimewaannya sungguh tak diragukan lagi. Yuk, kita coba memasak hari ini!

45mnt
3 Porsi
Cukup rumit
Dilla|Januari 25, 2019

Santap malam bertema seafood kurang rasanya tanpa kehadiran Udang Bakar Kecap. Menu yang terbilang istimewa ini biasanya akan ludes tak bersisa hanya dalam sekejap. Maklum, siapa sih yang tidak menyukai rasa manis dan juicy dari udang windu? Apalagi ketika dibakar dengan sempurna dan dioles dengan bumbu yang istimewa!

Proses membuatnya juga ternyata cukup sederhana. Berbekal membersihkan udang dan membuat bumbu olesan yang mumpuni, satu hal yang sulit mungkin terkait soal nanti membersihkan pembakarannya. Inilah yang sebetulnya perlu dihindari para penggiat masak di rumah, yakni keinginan untuk membuat masakan enak tanpa berpikir terlalu jauh soal membersihkan alat masaknya. Yang penting kita nikmati dulu makanannya dan nanti keluarga yang senang dengan hasil jerih payah kita tinggal kita utus untuk bersih-bersih. Mudah, bukan?

Itulah mengapa aku senang memasak. Karena melihat senyum manis dikulum dari orang tuaku adalah rasa hangat dalam hati yang tidak ada gantinya. Terlebih di saat merayakan hari raya, seperti Imlek contohnya. Begitu menyenangkan!

Selain Udang Bakar Kecap, ada juga beberapa resep lain yang juga patut kamu coba. Misalnya saja ada Bola Tahu Goreng Udang ataupun Udang Asam Manis. Selamat memasak ya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 4 ekor udang windu ukuran besar
  • ½ sdm air jeruk nipis
  • ½ sdm margarin
  • ½ siung bawang putih
  • ½ sdt garam

Bumbu olesan

  • ½ sdm bawang merah goreng
  • ½ sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm saus sambal
  • ¼ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Gunting sungut udang windu, belah punggungnya dan cuci bersih.

2

Lumuri udang menggunakan bawang putih yang telah diparut, air jeruk nipis dan garam sampai rata. Biarkan sekitar 30 menit.

3

Aduk semua bahan bumbu olesan jadi satu yaitu Bango Kecap Manis, saus sambal botol, bawang merah goreng yang di haluskan, air jeruk nipis dan lada putih bubuk.

4

Lelehkan margarin kemudian aduk dengan bumbu olesan sampai menjadi rata.

5

Setelah 30 menit, maka olesi kembali udang menggunakan bumbu olesan yang telah dibuat.

6

Proses terakhir yaitu bakar udang dengan bara api sampai matang sambil diolesi dengan bumbu yang masih tersisa.

7

Setelah matang, maka segera angkat dan pindahkan ke piring saji.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.