Resep Sate Telur Gulung Sehat, Jajanan Sekolah untuk Semua Umur

Penasaran dengan cara membuat jajanan sekolah yang paling populer ini? Yuk ikuti resep sate telur gulung sehat berikut ini!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Juli 7, 2018

Tidak seperti waktu aku kecil dulu, jajanan anak sekolahan zaman now jauh lebih beragam. Salah satunya yang paling terkenal adalah sate telur gulung. Nah, aku akan berbagi satu resep yang lebih sehat dan bisa dicoba di rumah, apalagi selama libur sekolah ini!

Kebutuhan anak-anak di rumah selama liburan begitu bermacam-macam. Yang biasanya kita mencukupkan dengan membekali makanan sehat dan cepat selama mereka sekolah, sekarang sepertinya tiga kali sehari kita harus merancang menu yang bisa dinikmati tidak hanya mereka namun seluruh keluarga. Selain itu, anak-anak masih saja ingin makanan ringan selalu tersedia di meja.

Mengingat jajanan sekolah adalah ide yang menarik, tentu kita perlu merancang versi rumahannya yang lebih bersih serta lebih enak. Sate telur gulung adalah salah satu alternatif seru yang akan membuat mereka betah di rumah. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan paprika merah yang manis sebagai cara agar anak mau makan sayur, sekaligus menjadikan jajanan ini lebih sehat.

Persiapannya cukup mudah. Yang pertama adalah mengiris tipis paprika dan kemudian mempersiapkan adonan untuk telurnya. Selanjutnya siapkan minyak panas di atas wajan dan goreng sebentar paprika terlebih dahulu. Babak menentukannya adalah berlatih untuk menggulung telur menggunakan tusukan sate. Ada kepuasan sendiri melakukan dan menyaksikannya. Tapi jangan tersihir dulu, prosesnya harus dilakukan agak cepat dan lincah agar tidak keburu gosong.

Ngomong-ngomong, cara mudah untuk menuangkan telur ke atas minyak panas adalah dengan menggunakan botol saus atau kecap. Corongnya yang sempit memungkinkan adonan yang keluar lebih tipis sehingga mudah digulung. Aku bahkan ingin menyarankan menggunakan botol kecil Kecap Manis Bango bekas yang sudah dicuci bersih. Dengan ini proses memasak akan jauh lebih mudah!

Nah, selebihnya cukup siapkan Kecap Bango Manis Pedas Gurih sebagai saus cocolannya. Wah, dijamin deh anak-anak maupun orang tua bakal suka dan tersenyum lebar menikmatinya!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
Kecap Bango Manis Pedas
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Pedas
Lihat produk

Bahan utama

  • 4 butir telur ayam
  • 1 buah paprika merah, iris tipis memanjang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdt tepung tapioka
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • 90 ml air
  • 400 ml minyak sayur
  • 10 tusuk sate

Cara membuat

sate telur gulung
1

Tusukkan paprika yang telah diiris dengan tusukan sate.

sate telur gulung
2

Campurkan telur ayam, daun bawang, tepung tapioka, Royco Kaldu Ayam, bawang putih, dan lada dalam satu mangkuk. Aduk hingga tercampur dengan rata dan masukkan adonan ke dalam botol Kecap Bango yang sudah kosong.

sate telur gulung
3

Panaskan minyak di wajan, goreng sate paprika sejenak.

sate telur gulung
4

Dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuangkan kocokan telur secukupnya sambil diaduk-aduk dengan arah melingkar menggunakan tusuk sate. Gulung cepat ke pinggir penggorengan untuk membantu telur tergulung dengan rapi.

sate telur gulung
5

Angkat dan tiriskan setelah telur yang digoreng berwarna kuning keemasan. Lakukan hingga semua adonan habis.

sate telur gulung
6

Nikmati dengan Kecap Bango Manis Pedas Gurih sesuai selera.

Sekarang jajanan anak sudah bisa dipersiapkan dari rumah untuk bekal sekolah nanti. Lumayan bisa menghemat uang jajan mereka bukan? Selain itu, tentunya lebih sehat dan bersih!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.