Resep Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning untuk MPASI

Satu lagi ide segar untuk menu MPASI si kesayangan di rumah, yaitu resep pepes ikan kembung dengan bumbu kuning. Coba masak, yuk!
Resep Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning untuk MPASI
Rian Farisa |

Memangnya pepes ikan kembung cocok untuk menu MPASI? Tentu saja cocok! Berbeda dengan metode memasak lainnya, mengukus atau pepes lebih menjaga kandungan nutrisi pada makanan. Belum lagi kalau bicara soal proteinnya dari ikan kembung yang kaya gizi. Lalu, bumbu-bumbunya pun bersahabat sehingga cita rasanya disukai si kecil. Wah, banyak alasan untuk mengolahnya di rumah. Yuk, simak dulu yang berikut ini sebelum memasaknya!

Mengapa Resep Pepes Ikan Kembung?

Untuk penggiat makanan sehat, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik memasak yang satu ini. Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus adalah ciri khas makanan pepesan dibanding menu kukusan lainnya. Pada kebanyakan makanan kukusan, bahan pembungkusnya adalah aluminium foil. Hasilnya tentu berbeda karena daun pisang memunculkan aroma yang terasa segar dan menggugah selera.

Resep pepes ikan kembung umumnya menggunakan semacam bumbu halus yang dilumuri pada permukaan ikan, lalu ditutup rapat-rapat, dan dikukus. Tujuannya adalah membuat bumbunya meresap sehingga rasanya makin sedap. Karena ditujukan sebagai menu MPASI, maka Masak Apa Hari Ini memilih bumbu kuning yang terasa ringan dan menyegarkan, tetapi punya kedalaman rasa yang jadi kesukaan semua kalangan usia.

Lalu kalau bicara soal ikan kembung, wah, nggak kalah soal kandungan gizinya jika bersanding dengan ikan salmon. Selain menjadi sumber lemak tak jenuh omega-3, ikan kembung juga punya kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D. Lalu ada juga kandungan mineral yang kaya, seperti zat besi, tembaga, selenium, dan yodium.

Makin besar, deh, motivasinya untuk membuat hidangan yang satu ini, apalagi untuk kebaikan si junior dan tumbuh kembangnya! Lain waktu, kamu juga bisa mengolah resep serupa lainnya seperti resep pepes ayam bumbu kuning atau pepes tahu udang. Kalau ingin mencoba membuatnya untuk si kecil, perhatikan dahulu apakah ada bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi. Selain itu, jangan pakai cabai merah atau cabai rawit dulu, ya!

Untuk inspirasi dunia masak seru lainnya, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Pastikan untuk follow dan like, ya!

Bahan

4
 
Porsi
  • 2 ekor (300 g) ikan kembung
  • ½ sdm air jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
  • Daun pisang, untuk membungkus

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdm ketumbar
  • ½ sdt garam

Cara membuat

1

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis hingga ke bagian dalam rongga perut ikan. Diamkan selama 10 menit. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan Royco Kaldu Ayam Spesial, aduk rata. Angkat.

3

Panaskan daun pisang di atas api kecil selama 2 detik agar daunnya lentur. Sisihkan.

4

Lumuri ikan kembung dengan bumbu kuning tumis hingga bagian dalam rongga perutnya. Sisihkan.

5

Tumpuk 2 lembar daun pisang, beri 1 lembar daun salam dan 1 ekor ikan kembung ke atasnya. Lipat dan bungkus, lalu sematkan dengan tusuk gigi di kedua sisi ujungnya. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

6

Panaskan dandang, kukus ikan kembung hingga matang. Angkat dan sajikan.

Bahan

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial

Coba resep lainnya

Exit mobile version