Resep Makaroni Keju Kesukaan Anak-Anak

Kalau ada hidangan yang terinspirasi kuliner Italia/Belanda yang paling pertama populer di Indonesia, pasti itu makaroni. Ingin tahu resep makaroni keju kesukaan keluarga? Yuk kita coba bersama!

25mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|Juni 1, 2018

Membuat makaroni keju sebetulnya bukan hal yang sulit. Kadang kita terlalu jauh membayangkan bahwa makaroni haruslah tebal dan berisi. Belum kalau bicara soal menyiapkan oven dan memanggangnya. Padahal tidak perlu sampai begitu juga sudah bisa dibuat enak kok. Aku bagi ya resep makaroni keju simpel tapi yang pasti sedap.

Cara membuat makaroni keju yang satu ini sangat mudah dan cocok untuk membuat anak-anak senang. Bagaimana tidak, generasiku dan penerusnya ini sudah sering menjumpai keju ataupun susu dimana-mana. Sekarang bahkan keju yang dijual sudah bukan jenis yang itu-itu saja. Sehingga lain waktu, makaroni keju juga bisa lebih lezat lagi kalau kita memasukkan dua sampai tiga jenis keju yang berbeda. Kapan-kapan kita coba bersama ya!

Membuat makaroni keju seperti ini memang diilhami dari resep peninggalan Belanda jaman dulu. Mereka-mereka yang datang ke Indonesia konon katanya rindu dengan makanan asalnya. Ya siapa sih yang tidak? Aku saja kalau sedang keluar kota pasti saja kangen dengan masakan rumah. Apalagi mereka ini yang bertualang begitu jauh ke Indonesia. “Macaroni schotel”, mereka namakan demikian dan isinya bermacam-macam apa yang bisa mereka gunakan di sini.

Makanan yang selalu hadir di acara-acara pesta sampai kegiatan pengajian ini memang sangat fleksibel. Orang dewasa apalagi anak-anak pasti menyukainya. Untuk yang masih muda-muda dan baru beberapa tahun punya si kecil, makaroni keju pasti jadi andalan kalau anak mulai rewel susah makan. Ya itu tadi, generasi sekarang ini memang sudah akrab dengan rasa yang memanjakan dari keju maupun susu.

Resep makaroni keju kali ini Wina tambahkan dengan hadirnya tepung roti atau tepung panko yang biasa digunakan di masakan Jepang. Teman-teman pasti pernah mencoba chicken katsu bukan? Nah bagian kulit kriuknya itu menggunakan tepung panko dan rasanya berbeda dengan tepung jenis lainnya. Dengan adanya tekstur renyah tambahan ini, pasti semua orang akan lebih betah menikmatinya. Saran dariku untuk kamu sih satu, jangan ragu untuk masak lebih ya. Selain untuk persediaan, bisa jadi untuk antisipasi agar tidak cepat habis disantap semua orang!

Bahan-bahan

Royco Sup Krim Ayam
Yang diperlukan:
Royco Sup Krim Ayam
Lihat produk
  • 200 gram Makaroni
  • 3 butir Kuning Telur
  • 150 gram Keju Parut
  • 50 gram Tepung Roti
  • 400 ml Air
  • 3 sdm Minyak Sayur

Cara membuat

1

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng tepung roti sampai ke coklatan, kemudian sisihkan.

2

Rebus macaroni sampai matang, tiriskan. Masukkan air dan Royco Sup Krim Ayam, masak sampai mendidih.

 

3

Dalam mangkuk terpisah, satukan keju beserta telur dan campurkan dengan macaroni. Aduk hingga rata.

 

4

Ratakan dalam panci, kukus sampai matang.

5

Angkat makaroni dan taburi atasnya dengan tepung roti goreng. Sajikan selagi panas.

Seru kan memasak makaroni kejunya? Isian makaroni keju bisa ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti daging asap, sosis, ataupun jenis keju lainnya. Selamat mencoba dengan variasi lainnya ya!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/makaroni-keju.html