Resep Chicken Katsu dengan Sambal Balado

Chicken katsu khas Jepang ternyata cocok dikreasikan dengan gaya yang berbeda. Salah satunya adalah dengan imbuhan kuliner khas Padang. Ayo kita coba resep chicken katsu sambal balado berikut ini!

35mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 4, 2018

Pasti semua orang mengenal masakan khas Jepang yang satu ini. Ya, chicken katsu memang selalu menyenangkan untuk disantap, apalagi bersama nasi Jepang yang khas dan pulen. Tapi kali ini aku akan mencoba gaya baru yang terinspirasi budaya kuliner Indonesia. Resep chicken katsu sambal balado adalah kombinasi yang bakal membuat kamu penasaran!

Kalau biasanya chicken katsu dibubuhi saus sambal botolan sampai saus khas Jepang yang dinamakan tonkotsu ataupun saus tempura, maka itu sudah tidak aneh lagi. Chicken katsu yang memang sudah enak adanya, penuh dengan jus, dan berkulit renyah itu ternyata cocok untuk dipadukan dengan bumbu-bumbu lainnya. Semua orang sepertinya punya ide sendiri agar chicken katsu lebih enak untuk disantap.

Bicara soal sambal, tentu Indonesia adalah rajanya. Tak kurang dari puluhan bahkan mungkin ratusan jenis sambal membentang dari Sabang sampai Merauke. Salah satu negeri yang terkenal akan macam-macam sambalnya adalah propinsi Sumatra Barat. Aku baru menyadari ini setelah makan kesekian kalinya di restoran Padang. Hampir setiap masakannya selalu dibumbui sambal yang berbeda jenis, tergantung peruntukannya masing-masing sesuai dengan jenis proteinnya.

Di antara semuanya, yang paling kusuka adalah dendeng balado. Daging sapi tipis yang sangat renyah ini tampil menggoda dengan bubuhan sambal balado merah yang berminyak, kaya rasa, dan sedikit pedas. Bayangkan hanya dengan ini saja sebetulnya satu piring nasi sudah cukup dan itulah hebatnya masakan Padang. Kita tidak perlu memenuhi piring dengan terlalu banyak daging ataupun sayuran. Cukup satu saja dan lengkap sudah makan siang kita!

Kali ini resep chicken katsu sambal balado dibuat hanya dengan mempersatukan kedua elemen ini. Dada ayam yang digoreng dengan tepung roti dan kemudian disajikan dengan bubuhan sambal balado. Seperti yang aku bilang tadi, cukup kok disantap bersama nasi hangat saja! Prosesnya cepat dan tidak memakan banyak waktu kamu. Pastikan untuk memperhatikan proses penggorengannya agar hasilnya prima.

Yuk, jangan ragu mencobanya. Pasti kamu bakalan suka. Kalau masih ingin masak yang lainnya, jangan lupa cek ke bagian resep-resep ya teman-teman!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 300 gram dada ayam
  • 5 cabai merah
  • 3 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ tomat, potong dadu
  • 2 telur, dikocok
  • 100 gram tepung roti
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 sdm minyak goreng

Cara membuat

1

Blender kasar bawang merah, bawang putih, cabai merah dan tomat.

 

 

2

Panaskan wajan, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan tambahkan Royco Kaldu Ayam. Sambal balado kini siap digunakan.

 

3

Dalam wadah-wadah terpisah, siapkan masing-masing berisikan telur ayam, tepung roti, dan tepung terigu. Dalam masing-masing wadah, masukkan masing masing ¼ sdt Royco Kaldu Ayam lalu aduk rata.

4

Balur dada ayam berturut-turut dalam tepung terigu, masukkan ke dalam telur, kemudian balur dengan tepung roti. Ulangi langkah ini sampai dada ayam habis.

 

5

Goreng ayam dalam minyak berapi panas sampai kuning kecoklatan. Sisihkan.

6

Sajikan di atas irisan kol putih dan timun. Santap dengan saus bubuhan sambal balado dan nasi putih panas.

Ternyata cocok kan chicken katsu dengan sambal balado? Ayo sekarang kamu coba dengan kreasi lainnya. Nanti bagi-bagi resepnya denganku ya!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/ayam-katsu-balado.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.