Resep Ikan Dori Salted Egg, Sajian Kekinian yang Mudah Dibuat

Resep kenamaan ikan dori salted egg itu kini dapat dengan mudah kamu buat di rumah. Caranya adalah dengan mengikuti resep berikut ini!
Dilla |

Pastinya sudah tidak asing dengan beragam hidangan kekinian yang menggunakan salted egg, bukan? Berbagai jenis protein seakan cocok dipadukan dengan saus bercita rasa khas ini. Ikan dori salted egg jadi fokusku kali ini untuk dibagikan cara masaknya, khusus untuk teman-teman semua!

Resep ikan dori salted egg yang mudah

Begitu mudah mencari ikan dori sekarang ini. Selebihnya, kamu hanya perlu menggorengnya dengan salutan tepung. Gunakan paduan tepung terigu serta tepung panir untuk tekstur lebih renyah. Setelah digoreng, siapkan saus telur asinnya. Tumis bawang putih, cabai rawit, dan masukkan margarin. Setelah merata, gunakan bumbu Royco Ayam Saus Telur Asin. Ya, sesimpel itu!

Terakhir, matikan api dan aduk rata bersama ikan dori yang telah digoreng. Sajikan selagi hangat bersama nasi hangat. Dijamin deh akhir pekan kamu bersama keluarga tidak hanya lezat, tapi juga sarat dengan aksen kekinian!

Makanan rumahan dengan salted egg lainnya

Setelah mengetahui esensi membuat salted egg dan bagaimana mengaplikasikannya pada makanan, maka horizon baru akan terbuka. Aku jadinya menyadari kalau begitu banyak kombinasi lainnya yang bisa kita padukan dengan saus legendaris ini. Kalau yang saat ini paling populer adalah nasi dengan ikan dori ataupun ayam salted egg, maka mengapa tidak mencoba yang lainnya?

Nah, simak deh makanan rumahan lainnya yang bisa kamu coba ulik!

1. Kakap goreng telur asin

Siapkan filet ikan kakap segar, bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Celupkan ikan ke dalam pelapis berupa telur ayam, baluri dengan tepung, terakhir lapisi dengan tepung panir. Ulangi proses ini dua kali agar tepung panir melekat sempurna dan hasilnya renyah.

Goreng ikan dengan api sedang agar matang secara merata. Saat menggoreng, sebaiknya kamu tidak sering membolak-balikkannya agar tepung tetap melekat dengan baik. Usai menggoreng ikan, lanjutkan dengan menumis saus telur asin.

Berikut resep lengkap kakap goreng telur asin.

2. Risoles telur asin

Jadikan saus telur asin sebagai isian unik untuk risoles. Rasanya yang unik namun familiar tetap akan mengejutkan siapapun yang menikmatinya. Dengan adanya isian ayam telur asin yang kekinian ini, camilan yang telah lama kita kenal punya twist baru! Untuk kulitnya, kamu bisa coba beberapa langkah cara membuat risoles yang mudah.

Simak resep lengkap risoles telur asin.

3. Chocolate molten cake telur asin

Tidak hanya untuk masakan gurih, telur asin juga bisa dipakai untuk hidangan penutup. Chocolate molten cake adalah contoh paripurna. Dikenal juga sebagai chocolate fondant, sajian pencuci mulut klasik ini kita beri twist dengan isian telur asin.

Caranya cukup mudah, namun perhatikan waktu mengukusnya. Tujuannya adalah agar isiannya tetap leleh, sehingga batasi sekitar delapan menit saja untuk prosesnya. Sajikan bersama potongan buah untuk makan malam hari ini agar semakin meriah!

Berikut cara membuat chocolate molten cake telur asin.

Bahan

4
 
Porsi

Bahan

  • 600 g fillet ikan dori (4 x 150 g)
  • 150 g tepung panir
  • 150 g tepung terigu
  • 2 butir telur ayam, kocok ringan
  • 300 ml minyak, untuk menggoreng

Bahan saus telur asin

Cara membuat

Dori fillet sedang dilumuri garam dalam mangkok kaca
1

Lumuri fillet ikan dori dengan Royco Kaldu Ayam hingga merata.

Melumuri tepung pada ikan dori salted egg sebelum digoreng.
2

Selimuti secara merata dengan tepung terigu sambil ditepuk tepuk agar tepung menempel kemudian balur ke telur kocok. Lumuri kembali dengan tepung panir.

Ikan dori fillet diangkat setelah digoreng hingga warnanya keemasan dalam wajan.
3

Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Menumis bumbu untuk resep ikan dori salted egg.
4

Panaskan minyak tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum.

Memasak bumbu salted egg untuk resep ikan dori.
5

Masukkan margarin, aduk rata. Tambahkan Royco Ayam Saus Telur Asin aduk kembali hingga berbuih. Matikan kompor.

Seporsi ikan dori salted egg tersaji di atas napkin dan meja kayu.
6

Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Semakin banyak resep dengan salted egg yang bisa kamu coba. Pastikan untuk memasaknya dari waktu ke waktu!

Bahan

Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin
Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin

Coba resep lainnya

Exit mobile version