Resep Chocolate Molten Telur Asin

Selalu seru ketika kita bisa memadukan dessert legendaris dengan rasa kekinian. Hasilnya adalah chocolate molten telur asin berikut ini. Yuk, kita coba bersama membuatnya!

1jam
1 Porsi
Cukup rumit
Dilla|Juli 9, 2018

Beberapa tahun ini Indonesia dikejutkan dengan betapa lezatnya berbagai hidangan dessert yang memanfaatkan lelehan cokelat. Contohnya adalah seperti chocolate molten telur asin ini. Inilah satu perpaduan unik antara Barat dan Timur yang bisa kamu buat di rumah.

Banyak dari kita yang membayangkan betapa nikmatnya dessert ini ketika disandingkan dengan es krim. Khususnya tentu yang rasa vanilla. Anyway, rasa cokelat selalu mudah dipadukan dengan rasa manis ataupun rasa asam. Begitupun kali ini aku akan memadukannya dengan satu rasa yang sedang sangat tenar yaitu telur asin yang aku buat juga dengan bantuan Royco.

Seperti yang kita ketahui, campuran telur asin tidak hanya cocok dipadukan dengan ikan atau ayam. Telur asin cocok juga dipakai sebagai dessert. Jelas chocolate molten ini adalah contoh yang sempurna. Dessert yang dikenal juga sebagai chocolate fondant ini memang tidak baru, namun rasa telur asin inilah yang menjadikannya unik sekaligus segar.

Cara pembuatan chocolate molten telur asin ini cukup mudah, hanya saja yang harus diperhatikan adalah lama waktu mengukusnya. Agar isian masih dalam kondisi meleleh, sebaiknya masa mengukus dibatasi hanya selama sekitar delapan menit saja. Oke, selanjutnya yang kamu butuhkan adalah mengikuti cara membuatnya berikut ini.

Selamat mencoba resep chocolate molten telur asin ini ya teman-teman!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • 125 g batang cokelat hitam
  • 80 g margarin
  • 2 butir telur, ambil kuningnya
  • 2 butir telur
  • 60 g tepung terigu

Bahan isi telur asin

  • ½ kaleng susu terevaporasi
  • 3 butir telur asin
  • 1 sdt tepung jagung
  • 1 sachet Royco Kaldu Ayam

Cara membuat

1

Kukus kuning telur bebek hingga matang lalu haluskan dengan garpu dan campur dengan Royco Kaldu Ayam hingga rata.

2

Hangatkan susu terevaporasi bersama tepung maizena hingga agak mengental.

3

Perlahan, tuangkan susu terevaporasi yang telah mengental ke dalam kuning telur bebek. Diamkan dan bentuk bulat-bulat kecil. Bekukan di freezer.

4

Lelehkan coklat dan margarin di atas uap panas. Setelahnya, tambahkan kuning telur dan telur yang telah di siapkan lalu aduk hingga rata.

5

Perlahan masukkan terigu dan aduk hingga rata. Setelah adonan jadi, masukkan adonan ke suatu wadah foil (foil cup).

6

Siapkan setengah adonan cokelat terlebih dahulu, lalu ambil isian bola kecil telur asin yang dimasak sebelumnya. Letakkan di atas adonan tersebut, dan tutup telur asin dengan sisa adonan cokelat.

7

Kukus chocolate molten telur asin selama 8 menit dan siap dihidangkan.

Bagaimana hasilnya? Semoga menyukainya ya!

Di lain kesempatan, chocolate molten ini bisa dipadukan dengan rasa buah asam lainnya seperti strawberry, daun mint, dan banyak kombinasi lainnya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.