Resep Beef Steak Saus Lada Hitam Seperti di Restoran - MAHI

Resep Beef Steak Saus Lada Hitam Seperti di Restoran

Simpan ke bagian favorit

Inilah menu beef steak yang selalu jadi favorit di restoran. Daging has dalam dipanggang lalu dilumuri saus black pepper. Masak untuk weekend, yuk!

1jam
2 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 26, 2022

Selalu tergoda rasanya untuk memesan beef steak saat mampir ke restoran gaya Barat, apalagi kalau baru saja gajian. Dengan resep berikut dari Masak Apa Hari Ini, kamu bisa membuatnya kapan saja di rumah. Lebih ekonomis, mudah, dan tak kalah enak dengan restoran, simak apa saja tips dan triknya berikut ini, yuk!

Biarkan Daging pada Suhu Ruang Sebelum Diolah

Daging mentah tentu harus disimpan dalam kulkas agar tahan lama, tapi bukan berarti kamu langsung memasaknya ketika baru saja keluar dari kulkas. Diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang dan daging juga turut mencapai suhu ruang. Inilah momen yang ideal untuk membumbui dan kemudian memasaknya. Alasannya adalah karena sisaan es atau air akan mengganggu proses pemanggangan nantinya.

Bumbui Daging Terlebih Dahulu

Inilah tahapan paling penting saat ingin menggarap beef steak yang nikmat di rumah. Sempatkan untuk membumbui potongan daging terlebih dahulu sebelum memanggangnya. Cukup berbekal garam dan lada hitam saja, lumuri ke seluruh penjuru daging, dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Apabila kamu punya lebih banyak waktu, maka tidak ada salahnya menunggu hingga 30 menit agar lebih meresap. Tujuan dari membumbui ini tidak hanya soal menjadikannya lebih nikmat, tapi juga garam bertugas menyerap cairan yang tersisa dalam daging. Dengan demikian, hasil panggangan akan menjadi maksimal.

Siapa Bilang Tidak Bisa Memasak Beef Steak Pakai Wajan Antilengket?

Mungkin tidak semua dari kamu memiliki grill pan ataupun wajan besi tempa. Keduanya adalah jenis wajan yang ideal untuk memasak beef steak, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan wajan antilengket pada umumnya, lho. Perbedaan utamanya adalah tidak hadirnya grill marks atau garis-garis bekas bakaran yang biasa ditemukan dalam sebuah hidangan steak. Kalau itu bukan kendala bagimu, jangan malu-malu menggunakannya, ya!

Untuk cara memasaknya, panaskan dahulu mentega dalam wajan antilengket. Kemudian, masak daging sapi bersama bawang putih dan daun thyme hingga tingkat kematangannya sesuai selera. Angkat dan keluarkan daging sapi beserta bawang putih dan rosemary dari wajan. Istirahatkan terlebih dahulu setelah dimasak, sehingga daging akan lebih empuk dan mudah untuk dipotong-potong.

Tips Membuat Saus Lada Hitam

Sesuai dengan namanya, black pepper steak atau peppercorn steak membutuhkan kehadiran sausnya yang bercita rasa gurih dan sedikit pedas. Gunakan merica yang segar sehingga rasa merica lebih terasa dan menggelitikmu untuk terus menikmati suap demi suapnya. Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan sisa mentega memasak daging. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair dan Royco Kaldu Sapi lalu masak hingga mengental. Terakhir, sajikan steak bersama saus lada hitam dan sayuran pelengkap.

Ternyata memasak beef steak dan saus lada hitam tidak sesulit itu, bukan? Selamat mencoba! Lain kali kamu juga bisa membuat dengan versi saus jamur dan kentang tumbuk!

Bahan-bahan

  • 360 g daging sapi tenderloin (180g x 2)
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica hitam, gerus kasar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt thyme
  • 3 sdm mentega

Saus lada hitam

  • 4 sdm bawang bombay, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt tepung terigu
  • 175 ml susu cair
  • 2 sdt merica hitam, gerus kasar

Pelengkap

  • 100 g wortel, potong 5x0,5 cm, blansir
  • 150 g buncis, potong 5 cm, blansir

Cara membuat

1

Lumuri daging sapi dengan garam dan merica. Diamkan selama 5-10 menit.

2

Panaskan mentega dalam wajan antilengket, masak daging sapi bersama bawang putih dan thyme hingga tingkat kematangannya sesuai selera. Angkat. Keluarkan daging sapi beserta bawang putih dan rosemary dari wajan.

3

Saus lada hitam: Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan sisa mentega memasak daging. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair dan Royco Kaldu Sapi. Masak hingga mengental.

4

Tambahkan merica hitam, masak hingga tercampur rata. Angkat.

5

Sajikan steak bersama saus lada hitam dan sayuran pelengkap.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.