Resep Ayam Teriyaki a la Jepang - MAHI

Resep Ayam Teriyaki a la Restoran Jepang, Menu Praktis yang Dijamin Enak

Simpan ke bagian favorit

Ingin memasak ayam teriyaki sendiri di rumah? Jadikan resep mudah ini sebagai inspirasi bagi. Yuk, cari tahu cara membuatnya hari ini!

30mnt
2 Porsi
Mudah
Wina|Agustus 24, 2021

Tidak harus ke restoran lagi untuk menikmati sepiring ayam teriyaki ala restoran Jepang yang enak. Kamu bisa memasaknya sendiri dengan cepat dan mudah, lho! Bahkan bahan-bahan yang digunakan pun sederhana. Menarik, bukan?

Berkenalan dengan ayam teriyaki

Teriyaki adalah cara memasak makanan a la Jepang. Bahan-bahan makanan dipanaskan atau dipanggang lalu dilapisi kecap dan gula beraroma yang kemudian diberi nama saus teriyaki. Sehingga menghadirkan rasa manis dan legit.

Salah satu bahannya yang bisa diolah dengan cara ini adalah dada ayam fillet. Kamu bisa potong memanjang dada ayam ini kemudian balut tipis dengan tepung dan digoreng. Setelahnya diolah dengan saus teriyaki dan kecap hingga matang. Untuk tambahan, kamu bisa memasukkan potongan cabai, paprika, atau sayuran hijau.

Resep makanan rumahan khas Jepang lainnya

Tidak hanya ayam teriyaki, kamu juga bisa kok membuat makanan rumahan Jepang lainnya di rumah. Nah, berikut adalah beberapa ide di antaranya.

1. Gyudon

Gyuniku atau daging sapi, dipadukan dengan nasi dalam satu wadah. Hidangan nasi dalam satu wadah biasanya disebut sebagai donburi dan tidak harus melulu dengan daging sapi. Misalnya saja unadon, oyakodon, dan lain-lain.

Untuk resepnya, kita hanya perlu menyiapkan daging sapi iris yang biasa dipakai untuk sukiyaki. Tumis bersama bumbu dan Bango Kecap Manis serta Royco Kaldu Sapi. Siapkan telur orak arik secara terpisah, dan satukan semuanya dalam satu mangkuk. Seru, bukan?

Resep lengkap gyudon.

2. Nasi goreng omelet

Resep ini terinspirasi dari hidangan omurice yang populer sebagai menu sarapan di Jepang. Telur omelet tampil sedikit basah dan menutupi permukaan nasi goreng. Sajikan nasi goreng omelet yang satu ini sebagai menu sarapan yang praktis. Seperti biasa, siapkan pelengkapnya yang khas Indonesia seperti acar, kerupuk, bawang goreng, hingga abon.

Resep lengkap nasi goreng omelet.

3. Beef teriyaki

Gunakan daging sapi has dalam untuk hidangan ini. Pertama, panaskan minyak dan tumis bawang putih serta bawang bombay hingga wangi. Selanjutnya, masukkan potongan daging sapi dan masak bersama bumbu teriyaki. Sajikan dengan garnish berupa tomat.

Resep beef teriyaki lengkap.

Sajikan Ayam Teriyaki ala restoran Jepang ini bersama salad sayuran agar lebih mantap. Kalau kamu masih penasaran dengan menu-menu khas Jepang lainnya, cobain juga gyudon khas Jepang, nasi goreng omelette, atau daging bumbu teriyaki.

Bahan-bahan

Bahan

  • 400 g fillet daging ayam, potong dadu
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
  • 200 ml minyak, untuk menggoreng
  • 50 ml air

Bahan baluran

  • 80 g tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Dalam sebuah wadah, masukkan tepung, garam dan merica. Aduk rata. Lumuri fillet daging ayam dengan tepung.

2

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng ayam hingga matang. Sisihkan.

3

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Masukkan bawang bombay dan cabai rawit. Tumis hingga layu.

4

Masukkan air, saus teriyaki, Bango Kecap Manis, dan garam. Aduk rata.

5

Masukkan fillet daging ayam yang telah digoreng. Aduk rata hingga matang.

6

Angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep ini pernah dimuat di situs Bango.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.