Resep Ayam Suwir Kecap Pedas, Makanan Rumahan dengan Rasa Pedas Menantang

Simpan ke bagian favorit

Salah satu makanan rumuahan yang termudah adalah ayam suwir. Kali ini kita akan membuat yang berbeda dari biasanya. Yuk, coba resep ayam suwir kecap pedas berikut!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Agustus 22, 2018

Mungkin ada ribuan resep ayam yang bertebaran di seluruh Indonesia dari satu penjuru ke penjuru lainnya. Namun di antara semuanya, ada satu yang selalu melekat di hati. Inilah masakan rumahan terkenal – resep ayam suwir kecap pedas!

Nikmatnya resep ayam suwir

Bisa jadi kamu mulai mencari resep-resep baru. Maklum, sekarang ini banyak sekali olahan ayam pedas yang kekinian – contohnya ayam geprek dengan segala modifikasinya. Kembali ke selera asal, resep ayam pedas yang paling mudah dicoba di rumah dan cepat dimasaknya adalah resep ayam suwir. Namun berbeda dari biasanya, kita akan jadikan kali ini ekstra pedas namun tetap berbumbu dengan rasa manis yang menyenangkan.

Berkat kehadiran Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis, lebih mudah untuk membuat resep ini. Bermodalkan bahan-bahan yang selalu tersedia di dapur, pastikan untuk mencobanya hari ini ya teman-teman. Selebihnya cukup siapkan nasi hangat dan lengkap sudah makanan rumah kali ini.

Makanan rumahan enak lainnya

Ingin tahu tambahan olahan ayam lainnya yang tak kalah lezatnya? Nah. untuk makanan rumahan enak lainnya, kamu perlu tahu beberapa resep tambahan berikut ini!

1. Sate taichan

Mudah didapatnya daging ayam dan banyak ide olahan memberikan memotivasi bagi kita untuk memasak. Hanya berbekal Royco Kaldu Ayam, merica, bawang putih, dan jeruk maka sate taichan bisa kita buat sendiri di rumah. Rendam ayam sejenak bersama bumbu, bakar satenya, dan temani dengan sambal, maka selesai sudah!

Resep lengkap sate taichan.

2. Ayam rica pedas manis

Inilah masakan rumahan yang menggunakan bumbu rica khas Manado namun menjadi versi pedas manis khas Jawa. Tujuannya adalah agar bisa dinikmati siapa saja. Meskipun tidak terlalu pedas lagi, kuliner Manado adalah yang berjasa mengenalkannya.

Inilah pilihan tepat untuk nanti di saat Ramadan. Meskipun ada rasa pedas, tapi masih lebih bersahabat. Namun ada baiknya untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum bersentuhan dengan rasa pedas. Biasa kita menikmati yang manis saat berbuka puasa dan bisa berlanjut dengan sajian ini untuk makan besarnya.

Resep lengkap ayam rica pedas manis.

3. Ayam kurma

Inilah harmoni cita rasa Timur Tengah dan Nusantara yang bisa jadi ide bagus untuk kamu yang ingin menyajikan yang istimewa. Ayam kurma adalah potongan daging ayam yang dimasak dengan bumbu gulai dan ditambahkan kurma. Konon ayam kurma dipopulerkan di tanah Minang. Masakan serupa namun menggunakan daging bebek juga dikenal di dapur Melayu Aceh dan sekitarnya. Dengan gulai atau opor yang biasanya kental, resep kali ini ingin menyajikan yang lebih ringan demi mencegah rasa bersalah saat menyantapnya. Perpaduan santan dan susu rendah lemak menjadikan ayam kurma menjadi lebih ‘enteng’ dan lebih rendah kalori.

Resep lengkap ayam kurma.

Semakin lengkap khazanah resep ayam yang kamu miliki di rumah. Yuk, kita berbelanja sekaligus lebih banyak agar tidak terlalu banyak keluar rumah. Selebihnya, kita pakai untuk memasak sepuasnya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 350 g dada ayam filet tanpa kulit
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 7 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 3 cm jahe, memarkan
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 50 ml air
  • 4 sdm minyak goreng

Cara membuat

resep ayam suwir
1

Kukus dada ayam selama 20 menit. Angkat dan suwir-suwir dengan garpu.

resep ayam suwir
2

Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, jahe, dan cabai rawit merah. Tumis hingga harum.

resep ayam suwir
3

Masukkan ayam suwir, tambahkan gula, garam, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis. Aduk hingga tercampur dengan rata.

resep ayam suwir
4

Tambahkan air ke dalam wajan lalu masak hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Super cepat dan mudah. Resep ayam suwir kecap pedas ini masih terbilang sehat karena proses mengukus ayam serta penggunaan minyak yang minimal. Seru, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.