Resep Ayam Crispy a la Taiwan | Masak Apa Hari Ini

Resep Ayam Crispy XXL a la Taiwan yang Bikin Kamu Nggak Perlu Antre Lagi

Simpan ke bagian favorit

Ingin tahu resep Ayam Crispy XXL a la Taiwan yang populer sebagai jajanan di mall? Yuk, cari tahu cara bikinnya! Kamu jadi bisa bikin untuk sekeluarga.

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Agustus 27, 2021

Pencinta Ayam Crispy XXL A la Taiwan yang populer dan bikin rela mengantre kini boleh sumringah. Pasalnya Masak Apa Hari Ini menghadirkan resep ayam goreng ukuran ekstra besar ini untuk bisa kamu buat sendiri di rumah. Jadi, persiapkan waktu dan skill memasakmu! Ini dikarenakan proses pembuatannya membutuhkan perhatian khusus agar kamu bisa sukses menirunya di rumah.

Ciri khas dari street food populer asal Shilin atau salah satu distrik di Taipei, Taiwan ini adalah lapisan tepung mirip crumble yang menyelimuti daging ayam berbentuk pipih dan lebar. Lapisan tepung bertekstur seperti pasir inilah yang akan kita buat agar ayam crispy ini suskes seperti XXL Fried Chicken Taiwan favoritmu. Ditambah dengan bumbu tabur yang gurih dengan sensasi rempah menjadikan ayam goreng tipis ini laris manis.

Proses penting membuat ayam goreng crispy ini adalah membuat adonan tepung basah yang kemudian disangrai hingga membentuk gumpalan memasir. Kemudian sedikit diremas atau dihancurkan agar bentuknya lebih mungil. Selain itu pastikan kamu mengiris bagian dada ayam secara benar. Tujuannya agar daging ayam goreng ukuran lebar ini tebalnya merata dan tidak putus. Gunakan pisau dengan bilah panjang yang tajam agar kamu bisa dengan mudah memotongnya.

Yuk, siapkan bahan membuat Ayam Crispy XXL a la Taiwan ini. Pastikan kamu sudah menyiapkan Jawara Saus Sambal dan Hellmann’s Real Mayonnaise di rumah sebagai pelengkap yang bikin santap makin mantap. Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

Hellmann's Real Mayonnaise
Yang diperlukan:
Hellmann's Real Mayonnaise
saus sambal
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Extra Hot
Beli online
  • 4 filet dada ayam
  • Minyak, untuk menggoreng

Bumbu marinasi

  • 1 butir telur ayam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt bumbu ngohiong bubuk
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung terigu

Lapisan tepung:

  • 150 g tepung tapioka
  • 100 ml air

Bumbu tabur, aduk rata

Cara membuat

1

Ambil 1 filet dada ayam. Belah dua tidak putus, lalu pipihkan menggunakan alat pemukul daging hingga melebar. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

2

Lumuri daging ayam dengan bumbu marinasi secara merata. Simpan dan wadah tertutup, lalu diamkan dalam kulkas selama 1 jam atau hingga meresap. Sisihkan. 

3

Lapisan tepung: Untuk bahan pelapistuang air sedikit demi sedikit ke dalam wadah berisi tepung tapioka sambil diaduk hingga memasir. Sisihkan. Panaskan wajan antilengket di atas api kecil, sangrai adonan pelapis selama 2 menit hingga mengering. Angkat. 

 

4

Remas adonan menggunakan tangan hingga membentuk menjadi gumpalan pasir kecil.

5

Keluarkan daging ayam dari dalam kulkas. Lumuri dengan lapisan tepung secara merata.

6

Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga matang. Angkat.

7

Beri bumbu tabur ke seluruh permukaan ayam crispy XXL. Gunting atau potong sesuai selera. Sajikan dengan cocolan Jawara Saus Sambal Extra Hot dan Hellmann’s Real Mayonnaise.

Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.